Selasa, 23 Juli 2024

Menuju Pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung Selatan

Menuju Pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung Selatan 

Pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung di mulai dengan adanya petualangan bersepeda di acara Jambore Sepeda Federal 6 Lampung.

Matahari mulai terbenam di sore hari sekitar jam empat sore saat empat orang bersepeda touring menyusul teman teman yang terlebih dulu gowes pada hari Jumat pagi tanggal 19 Juli 2024.

Kita ini ada empat orang di loading naik bus dari Jogja - terminal bus Merak itu untuk kembali bergabung bersama sama 4 orang yang berangkat hari Jumat kemaren.

Foto ; pemandangan di pantai tanjung selaki Tarahan Lampung.

Agar kami semua dalam barisan fedjo bisa kumpul bareng lagi dengan lainnya sebagai seorang penggemar sepeda federal dari Jogja.

Gass poll pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung.

Bersiap untuk memulai petualangan epik menuju Jambore Sepeda Federal 6 di Lampung dengan caranya masing masing itu dengan semangat yang meluap,kami menaiki bus Handoyo pada tanggal 21 Juli 2024 pukul 16.45 wib dari terminal Giwangan Jogja di hari Minggu yang cerah.

Saya meninggalkan hiruk-pikuk kota jogja  selama beberapa hari ke depan nya untuk pindah pulau menuju ketenangan alam Sumatera yang masih tanda tanya mau apa dan bagaimana caranya untuk mendapatkan ribuan kenangan indah itu. 
Dari perjalanan kami berempat bukan sekadar perjalanan fisik, tapi juga perjalanan jiwa yang penuh makna memaknai...!! 

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Setibanya di Terminal Merak....!! 
Saat itu kami segera menaiki kapal feri yang membawa kami melintasi Selat Sunda. Angin laut yang segar dan ombak yang berdebur menjadi teman setia sepanjang penyeberangan di atas kapal ada cerita dan tawa mengalir deras, membangun kebersamaan yang lebih erat.

Saat matahari pagi jam 9.00 waktu setempat, langit pulau Sumatra berubah menjadi kanvas berwarna cerah putih biru menciptakan pemandangan yang begitu indah hingga sulit untuk dilupakan bagi kami semua. 

Pagi berikutnya sekitar jam 10.00 -12,30 kita mulai pindah dari pelabuhan merak ke Bakaheuni Lampung , kami tiba di Pelabuhan Bakauheni, Sumatera dan di sini petualangan sejati dimulai. 
Dengan tiket kapal feri untuk beli di pinggir jalan seharga Rp 35.000 plus parkir sepeda rp 5000 padahal kalau harga aslinya Rp 26.000 setidaknya sisanya untuk membantu sebagai amal jariah kepada mereka ujar om dari federalis Purwakarta yang sempat ketemu di tepi pantai sore kemaren.

Bersepeda di lanjutkan.

Kami mulai mengayuh sepeda dan mulai meninggalkan pelabuhan menuju arah barat melewati Jalan Lintas Sumatera. Jalur yang kami lalui menawarkan pemandangan yang memukau: hamparan sawah pohon jagung hijau, perbukitan, dan desa-desa yang damai.


Tujuan pertama kami adalah Pantai Selaki Tarahan di Kabupaten Lampung Selatan. Dengan tiket masuk Rp10.000 per orang, kami menikmati keindahan pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Beberapa dari kami bahkan mencoba main air yang asin untuk mengagumi kehidupan pinggir pantai yang penuh warna warni eloknya.

Selanjutnya.... !?

Perjalanan berlanjut untuk merencanakan setelah jamnas menuju ke beberapa destinasi wisata lainnya di Lampung misalnya ada Pantai Mutun dan Sari Ringgung menawarkan pesona pantai yang tenang dan indah.
Sementara Pulau Pahawang, Tangkil, dan Tegal Mas memikat hati dengan keindahan alam bawah lautnya. Tidak ketinggalan, kami juga mengunjungi Pantai Gigi Hiu yang unik dengan formasi batu karangnya lalu ada Teluk Kiluan yang terkenal dengan lumba-lumbanya dan Pantai Krui yang eksotis.

Tidak hanya pantai, Lampung juga menawarkan keindahan budaya ...!!

Kami menyempatkan diri untuk mengunjungi Tugu Rayan Mas, ikon kota yang berbentuk tombak emas, senjata asli masyarakat Lampung. Tugu ini berdiri megah, menjadi simbol kebanggaan dan kekuatan masyarakat setempat.

Bermula dari Bakauheni.

Pada tanggal 22 Juli 2024, kami tiba di Bakauheni Harbor City (BHC) Menara Siger karena kami datang belum jadwal acara maka panitia belum memberi aba aba....!?

Rencana panitia Jambore Sepeda Federal 6 telah menyiapkan tempat baru tanggal 24 juli 2024 sampai dengan istirahat yang nyaman lengkap dengan parkir sepeda dan fasilitas isi ulang air minum. 

Di sini sekitar jam 13,00 -15,00 kami beristirahat  guna mempersiapkan diri untuk gowes berikutnya mulai menuju . ...!?.

Tanggal 22 Juli 2024 kita gowes sampai jam 19,00 karena hari menjadi gelap malam hari kita bersandar di sebuah hotel di jalan lintas Sumatra.

Kemudian pagi nya tanggal 23 Juli 2024 melanjutkan gowes sekitar jam 07.00 melewati jalan rolling yang tidak terlalu tinggi tetapi jalan langsam lalu turun panjang sekali sepanjang tangan mencengkeram tuas rem sampai persimpangan tugu simbol kota Lampung Selatan di area samping masjid Kalianda seperti foto tugu Kalianda.


Langkah sepeda.

Di mulai dari tanda rambu di depan balai pengolahan ikan Lampung selatan jalan menanjak sampai SMA angkasa jalan panjang turun sampai Kalianda dari jalan aspal ke jalan cor semen dari pertemuan pertigaan jalan alternatif dan jalan tol atau di sisi kanan kiri di bentangan persawahan pohon jagung jadi bau bahan daun kering menjadi pernafasan agak bau sengir.....duh cocok jadi jagung bakar pikirannya.
Lalu..... melewati gedung olah raga,tugu topeng dan ketemu tikungan terjal ada kantor polisi Tarahan di sini daerah rawan kecelakaan dengan jalan cor semen untuk berhati hati setelah beberapa meter ada kantor SPBE gas di kiri jalan ada tulisan menuju pantai tanjung Tarahan selaki Lampung Selatan kita melewati jalan tanah akan sampai.
Setelah masuk ada bentangan gubuk berjejer dengan sewa semalam Rp 50.000 sambil menunggu esok paginya acara jamnas baru di mulai.

Sebenarnya harapan yang dinanti-nanti akhirnya kita ini tidak tiba tiba untuk bersama ratusan federalis dari seluruh Indonesia agar berangkat menuju venue Jambore ....!! Tetapi kita berempat ini lebih dulu berangkat dari jadwal panitia pada hari Rabu 23 Juli 2024 untuk sampai di lokasi jamnas kita lebih dulu di tempat acara ..!?

Siaap Om.
Jika mau ikut Keberangkatan dengan rombongan yang sudah rest Star acara di BHC (SIGER) di sekitarnya pelabuhan Bakauheni sekitar Jam 08.00 tanggal 24 Juli 2024 para peserta gowes akan dilepas oleh Bupati Lampung Selatan atau yg mewakili beserta jajaran pimpinan dari BHC dan ASDP.

Rute yang kami lalui dihiasi pemandangan alam yang menakjubkan, dengan pepohonan kelapa yang menjulang tinggi,pohon jagung yang luas sana sini dan angin laut yang semilir dan langit biru yang cerah.
Setiap kayuhan pedal membawa kami semakin dekat dengan tujuan, membuat semangat kami semakin membara dengan terik matahari sekaligus beberapa kali beli air minum di kios indo m atau Al m yang tersebar di jalur ini.

Pantai Pasir Putih menjadi salah satu tujuan terakhir kami sebelum mencapai venue Jambore ini di Pantai ini terkenal dengan airnya yang jernih dan pasirnya putih yang halus, sempurna untuk mengakhiri perjalanan panjang kami.

Foto ; lokasi masuk pantai menuju acara jamnas 6 Lampung.

Kami tiba di lokasi acara... !!
Lalu beristirahat sejenak, menikmati keindahan alam sambil merenungkan perjalanan yang telah kami tempuh.

Jambore Sepeda Federal 6 di Lampung bukan hanya tentang bersepeda, tapi juga tentang menjalin persahabatan, menikmati keindahan alam, dan merayakan kebersamaan bersama teman teman federalist seluruh Indonesia.

Setiap momen dalam perjalanan ini adalah kenangan berharga yang akan selalu kami kenang. Perjalanan ini mengajarkan kami tentang kekuatan,semangat, keindahan alam dan arti sejati dari sebuah petualangan.

Aku, Jamnas dan Pantai Selatan Lampung. 

Judul dari tulisan ini adalah * Menuju Pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung *
ini adalah kisah yang menggambarkan pengalaman pribadi penulis dalam menjelajahi berbagai destinasi dengan sepedanya.

Tulisan ini disertai dengan cerita-cerita inspiratif dan tips tentang rute bersepeda yang menarik dan juga mengangkat berbagai hal menarik seperti cerita saat berangkat dan tantangan yang dihadapi di perjalanan apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih rencana gowes bersama dengan teman-teman terbaik saya ini.

Dengan gaya bahasa yang mengundang imajinasi, penulis berbagi pengalamannya untuk menginspirasi pembaca, baik yang hanya sekadar penggemar sepeda atau mereka yang benar-benar tergila-gila dengan petualangan sepeda federal dengan menggunakan metode di gowes atau di loading semua ada bahagia nya masingmasing.

Selesai.
Pagi hari ini jam 05.00 waktu bangun tidur di pantai Tanjung Tarahan selaki untuk mulai menulis kisah ini.
Di gubuk tepi pantai aku melihat malam dengan adanya suara ombak berdebur tenang dan lampu warna warni di tempel di depan gubug milik pak Morpi pemilik warung makan dan saya menerima ide menulis kali ini.

Lampung.
24 juli 2024.
Terima kasih kepada ;
1.Mbah kung Endi.
2.Harry Parker
3.Wiyono Sembung.

Yang sudah mem_bersamai hari ini telah memberi oleh oleh cerita di sini yang bisa membahagiakan para federalist dan pembaca blog ini bagaimana suka dukanya mencari bait kata dan gambar foto  perjalanan yang panjang sekaligus wisata sepeda karena adanya jamnas sebagai alasan penulis agar bisa Explorer pulau Sumatra Lampung dengan lebih dekat lagi.

Selesai.

Salam sepeda federal.
Wiwing *iyink*ws
Penulis blogger.
Judul tulisan ;
Menuju Pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung Selatan 

Rabu, 17 Juli 2024

Cara Fedjo Pamitan Budhal Jamnas 6 Lampung

Pesan sebelum berangkat beginilah
cara Fedjo Pamitan Budhal Jamnas 6 Lampung 

Pesan dari Pak Lurah sangat jelas untuk menjaga kekompakan tim Fedjo selama Jamnas, menjaga nama baik dan berdoa semoga perjalanan lancar dan selamat

Selain itu, perwakilan dari FEDJO ini juga mendapat dukungan berupa sumbangan sejumlah sangu sebesar 1 juta rupiah untuk tim 11 Fedjo Budhal yang mengikuti Jamnas 6 di Lampung. 


Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Cerita di mulai. 

Peserta perwakilan Fedjo nanti siang jam 12.00 wib tanggal 16 juli 2024 Fedjo Budhal Jamnas 6 Lampung akan melakukan kunjungan kehormatan ke pak Lurah Reno Sangaji sebelum berangkat ke Jamnas 6 MTBFI Lampung. 

Dan semoga kunjungan tersebut lancar dan memberikan semangat bagi mereka dalam menghadapi kompetisi saat di jalanan yang tidak saja dengan cara berbeda beda melalui nya agar sampai lokasi Jamnas dan kembali dengan membawa berkah bagi kita semua.  

Itu terdengar sebagai ucapan selamat dan semangat untuk teman-teman Federalist Condongcatur, Fedjo dan peserta Jamnas sendiri yang akan pergi ke Jambore Nasional di Lampung dan beliau ini sangat menghargai partisipasi dari FEDJO dalam acara tersebut.

Sepeda Federal, yang diciptakan pada 16 Januari 2009 kini telah menjadi icon dalam budaya sepeda di Indonesia khususnya mengenai dirinya dan sepeda nya. 

Semenjak sepeda di kenal  karena rangka frame yang kuat dan nilai simbolisnya yang klasikal, Sepeda Federal bukan hanya sekadar alat transportasi, tetapi juga sebuah simbol kenangan masa lalu bagi banyak orang.

Orang-orang yang memiliki hobi mengendarai Sepeda Federal sering kali memiliki cerita dan kenangan yang mendalam terkait dengan sepeda ini. Mereka sering terlihat memelihara Sepeda Federal mereka dengan penuh kasih sayang, menjaga agar tetap dalam kondisi terbaik dengan versi standar dan versi custom adalah pilihan terbaik bagi dirinya sendiri. 

Kelihatan nya Sepeda ini tidak hanya menjadi sarana untuk bersepeda, tetapi juga sebagai alat untuk menjelajahi tempat-tempat yang berbeda atau sekadar menikmati perjalanan santai di sekitar kota.

Perilaku orang-orang yang menggunakan Sepeda Federal sering kali mencerminkan rasa bangga akan warisan lokal dan kecintaan mereka terhadap sepeda ini yang memiliki sejarah Panjang  sepanjang harapan penulis yang akan menulis cerita di perjalanan kali ini. 

Para Federalist ini bisa ditemukan berkumpul di komunitas sepeda dari masing masing Brayat , berbagi pengalaman, dan bahkan mengadakan acara-acara untuk  memperingati keberadaan Sepeda Federal dalam kehidupan sehari-hari mereka juga memiliki banyak tempat seperti Jambore daerah,Ktf ataupun yang lebih besar lagi Jamnas 6 Lampung kali ini. 

Dengan historis yang unik dan penggemar yang setia, Sepeda Federal terus menjadi bagian legenda dari kehidupan sehari-hari banyak orang Indonesia, tidak hanya sebagai alat transportasi, tetapi juga sebagai bagian dari identitas budaya dan nostalgia pelakunya. 

Silahturahmi ke pak Lurah Condongcatur. 

Tentu! Bagaimana jika pak Lurah Condongcatur adalah sosok yang tidak hanya memimpin warga setempat dengan baik, tetapi juga aktif bersepeda sebagai hobi pribadinya?


 Mungkin saja pak Lurah ini sering mengajak warganya untuk bersepeda bersama sebagai cara untuk mempererat kebersamaan di lingkungan mereka. Di sela-sela kesibukannya sebagai pemimpin, pak Lurah Condongcatur juga sering mengambil waktu untuk menikmati keindahan alam dan menjaga kesehatan fisiknya dengan bersepeda dengan kegiatan setiap jumat pon dengan istilah gowes Pon. 

Fedjo dan pejabat setempat. 

Pak Lurah Condongcatur dan Federalist Condongcatur dengan tulus menerima silaturahmi dari FEDJO dan mengapresiasi partisipasi mereka dalam Jamnas 2024. Mereka menyampaikan selamat jalan kepada para teman dari Fedjo yang akan berangkat ke Jamnas keenam di Lampung, berharap perjalanan mereka dari Jogjakarta menuju Lampung lancar dan aman.

Selain itu, mengajak untuk membawa misi persahabatan, silaturahim, dan kampanye Tolak Narkoba melalui giatnya bersepeda di seluruh Nusantara.

Lek Supriyadi, yang menjabat sebagai Lurah/Ketua Fedjo, menjelaskan bahwa Komunitas Federal Jogja (Fedjo) lahir dari nostalgia masa lalu, terutama sejak 16 Januari 2009. Anggota Fedjo berasal dari latar belakang yang beragam, termasuk generasi 90-an yang ingin bernostalgia dengan masa keemasan sepeda Federal pada era tersebut.

Bersepeda tidak lagi hanya sekadar olahraga, tetapi juga menjadi gaya hidup yang diadopsi oleh banyak orang saat ini.

Meskipun  material sepeda Federal menggunakan baja yang kuat, berbeda dengan sepeda masa kini yang lebih ringan, namun kekuatannya tetap diakui pada jaman nya. 

Dalam komunitas, terdapat empat brayat yang mewadahi masing-masing wilayah, yaitu Brayat Lor, Brayat Kidul, Brayat Kulon, dan Brayat Wetan. Komunitas Fedjo diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya, serta memperkuat persaudaraan di antara anggotanya.

Selesai. 

Jambore Nasional (Jamnas) menjadi momen yang sangat dinantikan para pecinta sepeda Federal, sebagai ajang untuk mempererat persaudaraan dan menggalang semangat hidup sehat bersama.

Penulis :
Iyink ws

Judul : 
Cara Fedjo Pamitan Budhal Jamnas 6 Lampung 
17 juli 2024.

Selasa, 09 Juli 2024

Sejarah Jamnas Sepeda Federal

Salam sepeda federal beginilah sejarah Jamnas Sepeda Federal.

Hai salam kenal dari jiwa-jiwa yang bertahan sampai detik ini apakah kamu masih setia membaca cerita blog saya ini.
Ataukah bagi jiwa-jiwa yang masih tetap setia bersepeda untuk memilih sepeda sebagai alat transportasi apalagi saat ini sudah akan tiba waktunya untuk mulai membuat cerita panjang lagi tentang kegiatan Jambore sepeda Federal 6 Lampung yang akan di ikuti oleh beberapa peserta ..!?

Setidaknya bagi penulis tidak asing lagi untuk menjadi pelaku touring atau sebagai penulis cerita-cerita soal event seperti ini.
Banyak cerita event seperti ini yang sudah ku lalui dengan begitu keras menjalani dari niatnya dengan ditempa oleh banyak cerita dan detak waktu saat berada di jalanan toh itu berkali kali di lalui bisa berjalan dengan lancar.

Foto ; slayer fedjo budhal jamnas Lampung .
Budhal Jamnas Mtbfi 6 Lampung

Lalu apalagi yang akan saya ceritakan dari rencana di akhir bulan Juli 2024 ini yang akan selalu memberikan tantangan dan cerita baru lagi.
Sedangkan tulisan kali ini sebagai gambaran sebuah rencana dan kalau perjalanan kali ini sukses dan selamat kembali lagi ke Jogja aku akan semakin bisa hebat ....itu katanya sih !?.

Seperti halnya berputarnya sebuah roda sepeda akan selalu berputar dengan caranya masing-masing untuk sekedar bisa bertahan terus lalu berjalan sampai jauh sampai seseorang tidak bisa menahan niat itu.

Walaupun menahan dengan ......!?
Nantinya perjalanan ini tidak hanya tentang mencapai tujuan sekedar ikut jamnas tetapi apa yang akan di dapat para peserta ......!?

Iyinkws.blogspot.com
Foto ; Jersey kebangsaan federal Jogja yang di kenakan di perjalanan.

Atau mereka ini seperti membeli mimpi baru lagi ...!!?
Bahkan yang selau bisa setia oleh perubahan setiap ada event sebelumnya dan berusaha mengalir seperti air agar bisa bertahan dari jamnas to jamnas berikut nya.
Saat siklus mulai adaptasi dari pegunungan di episode jamnas Jamnas sebelumnya kini mengalir ke bawah dengan cerita turun gunung untuk bisa mengalir ke bawah guna mengikis bebatuan,kerikil sungai, tanah pasir lalu menuju ke pantai pada akhirnya.

Itulah simbolik dari cerita-cerita ini dari rencana dan cerita perjalanan saat kita semua nantinya sampai bisa berkunjung ke acara kali ini adalah situasi seperti mengikuti aliran air dengan pelan pelan tapi pasti guna mengikis harapan baru,menerpa prasangka dan menuju harapan terbaik saat tiba ke ujung melewati sungai ke pantai.....!

Iyinkws.blogspot.com

Mungkin saja saya bisa bohong kalau berani beraninya gowes dari Jogja ke Kota Lampung itu sudah tidak mungkin lagi.
Itu kabar bohong jika aku bilang selalu bisa kuat seperti dulu bisa saja gowes touring berjarak jauh karena adanya Jambore Nasional sepeda Federal ysng pernah di alami untuk gowes Jogja Jakarta.... Itu dulu !?.

Saat ini aku sudah menjadi seorang yang lemah yang datang menghantui Niatku tepat seperti hari ini.
Toh aku sangat lemah ini masih saja disebut teman gowes lainnya ini masih juga bisa beruntung karena masih ada teman-teman sepeda Federal Jogja yang juga masih menarik erat dengan syarat bahwa tidak ada dosa diantara persaudaraan kita selama ini dan dia juga semakin dekat karena adanya event seperti ini walau harus sepedanya di tumpang tindih di dalam kendaraan roda empat.

Roda sepeda akan terus berputar membuat kebersamaan kita untuk menuju ke sana hanya bertahan menunggu waktu tiba dan  akan terus berjalan lalu mengalir seperti air dari gambaran kisah-kisah Jamnas masih teringat waktu itu ada cerita-cerita konyol,sedih dan tawa canda dalam keadaan menyedihkan untuk di kenang bersama teman federalist guna menjelajahi berbagai wisata alam yang indah di Indonesia dan elok rupawan ini.

Walaupun ada saja teman Federal Jogja yang bersepeda ke Kota Lampung dan ada juga di loading naik bus itu sebagai pilihan para peserta dari Jogja.
Hai kawan tetaplah bisa kayuh saja sepedamu walau ada tangis ada keringat bercucuran tapi itulah sebuah pilihan dengan niat masing-masing untuk bisa ikut acara ini.

Seperti halnya .....!?
Saat saya akan berangkat nanti menjelang acara dan tak lupa saya akan selalu ingat kalian semua yang aku tinggalkan ....yang tidak bisa hadir di kota Lampung  akan kupeluk semua dengan salam bahagia dan mereka ku hadiahi kado terindah yang di dalamnya berisi "cerita perjalanan " plus perjalanan wisata karena adanya jamnas kepada para pembaca blog ini.


Budhal Jamnas Mtbfi 6 Lampung


Foto; Stiker fedjo yang akan di bagikan di acara jamnas besok.

Setelah kamu membaca tulisan ini nantinya kok bisa bisanya merenung dari mana kehidupan para pesepeda itu bisa mem_beli mimpi dan cita-cita bertemu teman teman jauh yang di saudara kandung_kan karena mempunyai sepeda merk federal yang sama yang asal daerahnya dari seluruh kota di Indonesia dan bagi penyuka komunitas sepeda merk Federal Indonesia untuk datang ke kota yang di pisahkan lautan yang dalam dan menyeberang antar pulau Jawa dan Sumatera itu.

Toh kamu memang sulit di jelaskan dengan sekedar kata-kata untuk  bisa bisanya sampai ke.....!!?
Bahkan tulisan cerita perjalanan dan siklus yang akan terjadi dengan beragam persoalan nantinya tentunya tak pernah berhenti dan harus tetap dihadapi dengan kebersamaan,komunikasi yang tepat antar koordinator chapter ketua regu masing-masing kota yang ikut serta di acara ini agar cerita jamnas 6 Lampung ini akan berkesan bagi para peserta saat mereka pulang lagi ke kampung halaman mereka nantinya.

Walau .... !?
Perjalanan nantinya pastinya penuh drama karena ada orang-orang yang terpaksa jadi kuat bersepeda berjarak jauh tetap bisa dilakoninya itu istilahnya bersepeda touring..... istilahnya yang penulis sebut para stutman jalanan guna bisa memeriahkan acara kali ini.

Atau sekedar bisa terlihat kuat tapi lemah untuk mengandalkan sepedanya di naikkan bus sambil nyetop di pinggir jalan,maka itulah Sisi lemah dari penulis ini yang jarang diketahui orang ....lho kok,Saiki loading nggak touring to,mas ujar teman lainnya ujarnya saat bertemu di tugu Jogja.

Jambore sepeda federal 6 Lampung.

Maka pada akhirnya event ini nantinya akan membentuk orang orang itu bagaimana caranya agar bisa sampai ke tujuan untuk bisa berharap menikmati acara dengan baik.
Sebaik apapun itu pada akhirnya akan menjadi istilah seperti sisi chapter ini ; pada akhirnya akan menjadi cah Brayat federal Jogja pada waktunya.

Saat waktunya tiba cerita itu akan beralih fungsi menjadi sejarah dan akan diceritakan ulang oleh generasi lainnya bahwa seseorang itu telah menjadi bagian cerita anak sepeda touring dan anak sepeda Federal Jogja yang akan membuat sejarah baru dengan cara berbeda guna melestarikan sepeda ciptaan anak bangsa yang bermerk sepeda Federal untuk di kenang serta di lestarikan dari hasil cipta kreasinya anak bangsa itu.....aku cinta kamu cinta buatan Indonesia, merdeka' !!.

Dan event Jambore sepeda Federal kali ini yang bisa datang adalah orang orang yang saya katakan manusia hebat karena biaya yang mereka dapat dari hasil menabung nya, keberanian untuk menyatakan ikut serta dan yang terpenting jiwa korsa ada di komunitas itu sebagai pelaku baru di jamnas 6 Lampung ini.
Atau sebagai pelaku baru penyebutan penulis sebuah kata manusia penggiat sepeda federal baru serta bagaimana bisa melestarikan budaya bersepeda khususnya di lingkup Indonesia yang lebih luas lagi bagi para pelaku Stutman jalanan itu....harus di hargai keberadaannya itu,salam federalist buat mereka semua.

Karena siklus dua tahunan jamnas akan terus ada setelah di kota Lampung ke kota lainnya maka bagi kita teman teman chapter kota Jogja juga bisa turut hadir dalam kegiatan ini yang di ikuti lima belas orang dari awalnya.

Pada akhirnya cerita penulis ini akan berakhir di sini dulu maka mohon bantuannya untuk bisa mendoakan niat baik kita semua untuk bisa hadir,datang dengan lancar,aman dan kembali lagi ke Jogja bersama teman hebat dengan cerita serta kenangan baru lagi.

Terima kasih telah sampai sini membaca dan mari kita sambut dengan antusias kegiatan jamnas 6 Lampung ini sebagai bagian para federalist bersatu padu di satu tempat sambil ngopi bareng,suka cita hokya hokya bersama agar alur cerita serta pesan yang ingin di sampaikan secara menyeluruh dan inspiratif itu bisa terjaga .... !? Atau menutup cerita kali ini dengan harapan terbaik saat ini.



up,s..... salam untuk semua yang pernah ketemu untuk bercanda teng teng crit dan pernah jabat tangan di setiap jamnas to jamnas sepeda federal saya mengucapkan Terima Kasih atas " Bahagia dan sedihnya " saat bertemu kala itu di ;

Jamnas #1 _ Jogja _2012
Jamnas #2 _ Bandung _ 2014
Jamnas #3 _ Kediri _ 2016
Jamnas #4 _ jakarta _ 2018
Jamnas #5 _ Tasikmalaya _ 2020
Jamnas #6_ Lampung _2024

Lalu timbul pertanyaan baru lagi seperti ini ..... Jamnas #7_ 2026 kira kira akan ke arah mana,ya om,nte sekalian !?

Jabat erat salam sepeda federal penulis ucapkan menjadi akhir ketemuan kita melalui tulisan ini dan inilah tulisan bagaimana cara pandang dan gaya bahasa penulisnya yang terkadang apa sih pelaku ini dan penulis ini yang tidak begitu penting tapi selalu ada ....ya,ada di manapun yang ia bisa.
Masak sih ....!?

Lalu misalnya.... Misalnya perjalanan jamnas 6 kali ini di jadikan dan sebaiknya di bukukan kira kira apa judulnya yang tepat silahkan komentar   !?

Selesai
9 Juli 2024.
Penulis 
Iyink ws
Judul ; Sejarah Jamnas Sepeda Federal

Minggu, 02 Juni 2024

Word bicycle day

Word bicycle day.

Hari itu ada obrolan kecil sebelum gowes dan saya akan mulai bercerita mengenai soal terinspirasi nya saya dari  obrolan kecil itu setelah saya bisa menerima gambar pamflet acara gowes seperti di bawah ini .

Hati sepeda sedunia

Dengan tujuan saya agar bisa membuat acara gowes ini terlihat berbeda dan menemukan sisi klasik yang bisa dinikmati oleh para pembacanya.

Saat pembicaraan ngobrol berlangsung itu dengan teman teman gowes terlontar kata-kata seperti ini:

"Kui acara ngepit opo ngobrol!? Nek ngepit kok ora ono rutenya.
Kalau ngobrol, pembicara nya itu sopo!?"
Lalu ada yang menjawab, Kok "Ngobrol ro wong angel anak,e."
"Apa? Angel anak,e sopo?" seloroh yang lain.

"Itu lho, Kak Angel anak,e setiawan goweser atlet itu," jawab yang lain lagi..,karena merasa ia kenal dan juga satu komunitas sepeda road bike Jogja.

Suasana menjadi nyaman kembali saat mereka bisa memahami siapa pembicaranya dan kita sekelompok pencari tujuan gowes mulai berbicara tentang keinginan untuk bisa ikut serta dalam kegiatan gowes pada hari Minggu besok yang bertepatan dengan Hari Sepeda Sedunia sekaligus menikmati acara ngobrol bareng nantinya.

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Hari sepeda sedunia

Awal mula cerita gowes Hari ini.

Untuk mengikuti acara Gowes Sepeda Sedunia ini bermula dari obrolan kecil telah menjadi cerita blog di bulan Juni 2024 ini yang nantinya harapan nya semakin banyak pula orang yang akan membaca kisah di halaman ini.

Walau cerita ini menjadi lebih teratur tujuannya dan semoga mudah dipahami karena setiap dialog dan komentar diberi ruang yang cukup, sehingga pembaca dapat mengikuti alur percakapan dengan lebih mudah itulah harapan penulis blog ini.

Gowes Hari Bersepeda sedunia 2024.

Dengan adanya kesadaran untuk bersepeda juga harus terus dikuatkan dengan sebuah *Perayaan* besar guna meningkatkan kesadaran dalam bentuk pilihan moda transportasi yang mudah,ramah lingkungan dan menyehatkan jiwa raga.

Dalam memulai bersepeda bukan apa jenis sepedanya tetapi mulai kapan saat bisa bersepeda !??

Ya.... mulai besok tanggal 3 Juni 2024 orang orang yang suka bersepeda di seluruh dunia akan merayakan perayaan hari bersepeda tetapi bukan hari libur dan di alihkan hari minggunya.

Adapun kegiatan ini dirayakan secara bersama-sama untuk menyuarakan bagaimana manfaat bersepeda itu sendiri bisa dilakukan secara sadar dan berkelanjutan oleh pelaku nya.

Sedangkan Gowes kali ini diberi tajuk : 
*Word bicycle day,pedal to the Greener future*
Yang dimaksud  arti di atas adalah ; Hari sepeda kayuh menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan.

Lalu, yang lebih Ramah lingkungan yang bagaimana !?.
Yaitu dengan cara bersikap pada keberlanjutan di lingkungan kita terlebih dahulu yaitu dengan memastikan bahwa sumber daya alam yang ada saat ini dapat dipertahankan dan dilestarikan untuk generasi mendatang.

Seperti hari ini adalah tindakan kita dalam menggunakan moda transportasi adalah ramah lingkungan seperti halnya sepeda karena sepeda bisa lebih ramah lingkungan karena tidak mengakibat adanya polusi udara polusi suara dan bersepeda dapat meningkatkan kesehatan tubuh serta dapat mengurangi kemacetan di Jalan Raya di tingkat yang lebih luas.

Acara hari ini akan ada ngobrol bareng bersama angel anak,e setiawan dengan sponsor utama Roda Link Jogja plus dengan menerapkan Gowes gerakan 4R  yaitu ; Rich reduce replace and refill.


Setelah acara selesai kita foto bersama dulu untuk update kenangan acara ngobrol bareng bersama kak angel anak,e setiawan kali ini dan telah di uraikan oleh penulis di bawah ini sehingga lebih baku dan bisa membuat kita menjadi mengerti apa saja yang di obrolkan hari ini ;

1.Makna Hari Sepeda Sedunia menurut Angel :
   Hari Sepeda Sedunia menarik perhatian pada manfaat penggunaan sepeda — alat transportasi berkelanjutan yang sederhana, terjangkau, bebas polusi, ramah lingkungan, dan tentunya, menyehatkan.

2.Pendapat Angel tentang aktivitas bersepeda untuk masa depan yang lebih hijau :
Dengan memilih bersepeda sebagai alternatif pengganti kendaraan bermotor, kita secara tidak langsung mengurangi polusi udara. Selain itu, bersepeda juga membantu menghindari kemacetan di jalan.

3.Alasan Angel suka bersepeda :
Awalnya, saya adalah atlet lari. Dari kelas 4 SD hingga kelas 2 SMA, saya mulai ingin mencoba hal baru dan tertarik pada dunia bersepeda. Bersepeda memungkinkan saya untuk menjelajahi alam dan menikmati pemandangan yang indah.

4.Pertama kali bersepeda :
Saya mulai bersepeda pada usia 16 tahun, menjelang 17 tahun. Hingga sekarang, saya masih bersepeda.

5.Tipe-tipe sepeda yang pernah dicoba Angel ;
Saya pernah mencoba beberapa jenis sepeda seperti MTB, sepeda lipat (Seli), sepeda Gravel, dan Road Bike. Dari beberapa tipe tersebut, saya paling cocok dengan sepeda Road Bike (RB) karena sepeda ini simpel, mudah dimasukkan ke dalam mobil dengan melepas rodanya, dan bahannya terbuat dari karbon.

6.Pengalaman Angel dengan hobi bersepeda :
Bersepeda memberikan saya banyak relasi dan teman baru.

7.Gowes terjauh :
   - Jogja - Cilacap: 175 km
   - Jogja - Pangandaran: 243 km
   - Jogja - Banyuwangi: 600 km (ditempuh dalam 4 hari 3 malam)

8.Prestasi yang pernah diraih dari bersepeda :
   - Bali Open Criterium 2018: Juara 2
   - Tour De Linggar Jati (Jawa Barat) 2021:
     - ITT (Individual Time Trial): Juara 3
     - TT (Road Race): Juara 2
   - Bromo Kram 2022: Juara 2

9.Suka duka Angel dalam bersepeda :
_Suka nya ; saya bisa memiliki banyak teman, mendapatkan pengalaman baru, banyak cerita, dan bisa gowes jauh sambil menikmati pemandangan alam.
_Duka: Kulit menjadi hitam, kusam, dan belang.

10.Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bersepeda yang aman, nyaman, dan mengutamakan keselamatan:
    - Pertama: Pastikan komponen-komponen sepeda berfungsi dengan baik sebelum digunakan.
    - Kedua: Kenali tingkat kebugaran diri. Setiap orang memiliki tingkat kebugaran yang berbeda, sehingga penting untuk mengetahui batasan kemampuan masing-masing.
    - Ketiga: Kenali lingkungan seperti kondisi daerah dan rute perjalanan yang akan dilalui.

11.Pesan dan kesan Angel untuk memaknai Hari Bersepeda Sedunia :
    Bersepeda membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme. Bersepeda termasuk jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah.

Menjadi akhir ngobrol bareng hari ini versi pembicara dalam acara memperingati hari sepeda seluruh dunia termasuk sebagian kecil kami di kota Jogja ini di laksanakan dengan menggunakan cara sederhana tapi bermakna untuk semua yang ikut serta .

2 Juni 2024.

Pas acara gowes di hari Minggu tanggal 2 Juni 2024 di mulai dari garis start jam 06.30 WIB dari Roda link Adisucipto lalu finish di Roda link Jogja Barat.

Kegiatan hari ini tidak sekedar Gowes saja tetapi untuk mewujudkan lingkungan yang ramah terhadap masalah alam yang mengotorinya.

Selama acara ini berlangsung  kegiatan ini peserta diharapkan membawa botol minuman non plastik atau bidan yang nantinya bisa untuk isi ulang dengan air minum yang sudah disediakan di Roda link Barat.

Saat mulai start di awal kita gowes bersama-sama melewati rute Roda link Adisucipto,Tugu Jogja,jalan Wates blusukan kampung tembus depan Roda link Barat jalan Wates yang telah ditentukan agar para pesepeda semakin erat hubungan secara sosial antar pesepeda dan komunitas sepeda lainnya.

4 R.

Gua sekali ini tidak sekedar bersepeda tetapi acara ini mengedepankan gerakan 4 yang disebut ;

1.Ride ; yaitu Bagaimana menikmati Gowes itu itu sendiri dalam menikmati kesehatan kebahagiaan yang akan didapat dari aktivitas fisik bersepeda.
2.Reduce; karena bersepeda tidak akan menghasilkan jejak karbon yang akan menghasilkan polusi udara.
3.Replace ; Pilihlah Bahan yang tahan lama yang sekali pakai yang ramah lingkungan seperti botol minuman non plastik.
4.Refil : mengisi ulang pada botol minuman mengurangi Banyak sampah plastik dan air yang digunakan dapat menjaga tubuh tetap terjaga terhindar dari terhidrasi di sepanjang perjalanan Gowes.

Dengan adanya gerakan 4R ini kegiatan Gowes kali ini makin mantap saja bersama teman-teman menghijaukan masa depan yang berkelanjutan guna menjaga bumi kita tercinta ini.

Akhirnya cerita.

Pada kesempatan nantinya di tanggal 3 Juni 2024 yang dialih kegiatan itu di percepat menjadi 2 Juni 2024 hari Minggu hal itu tidak  mengurangi niat untuk tetap merayakan hari bersepeda sedunia ini dengan semangat gowes dan untuk mengingatkan kita bahwa sepeda tetap menjadi pilihan utama sebagai moda transportasi yang baik bagi kehidupan menuju tempat sekitar kita.

Tak lupa dalam kesempatan ini saya sebagai pembuat cerita ingin memperkenalkan diri bahwa saya masih tetap bersepeda dan mengenal tentang Siapa saya serta bagaimana saya bisa saling menyapa dengan pesepeda lain apapun jenis sepedanya itu sebagai kebiasaan baik yang ter_bike kan dan itu penting bagi saya.

Bahkan saya juga seorang penulis blog yang gemar bersepeda untuk melepaskan Open stress dalam kehidupan normal dan bagaimana saya bisa menikmati keindahan alam sekitar untuk saya dalam menikmati momen itu ada bentuk kebebasan dalam berekspresi dan kesempatan untuk melihat sisi dua Dunia kecil saya dengan cara berbeda dari atas sadel sepeda.

Hal lain dengan adanya teman-teman saya yang saya temani dan ter_temani di setiap kayuhan perjalanan sepeda mereka itu, juga punya banyak ide yang bisa saling menguatkan satu sama lainnya walau terkadang masih saja adanya tanda pagar dari strata sepeda yang berbeda dari tujuan masing masing.

Hari sepeda sedunia

Tetapi bagaimana semangat itu tetap menyala terus walau terkadang ada kata-kata lucu untuk di bagikan dalam menemani  di setiap perjalanan bersepeda.

Alhamdulillah akhirnya bisa selesai mengikuti acara gowes kali ini semoga dengan adanya kegiatan ini kita para pesepeda bisa memperjuangkan masa depan guna melestarikan alam bagi bumi kita ini menjadi lebih baik lagi.
Amin.

Selesai.

Terima kasih.
Penulis.
Word bicycle day
2 Juni 2024.

Selasa, 28 Mei 2024

Marshal Bike JPR Road to Mair 2024.

Marshal Bike JPR Road to Mair 2024.

Pada hari Minggu 26 Mei 2024 suasana kota Jogja dipenuhi dengan semangat dan kegembiraan saat ribuan pelari berkumpul di Jogja Expo Center Bantul Jogjakarta.

Untuk acara Milo Fun Run 2024  Jogja di selenggarakan dalam rangka memperingati acara 50 tahun kehadiran produk Milo di Indonesia ini menjadi acara olahraga yang spesial bagi para peserta kali ini.

https://www.instagram.com/reel/C7dyFgEJPfn/?igsh=NjZiM2M3MzIxNA==

Dengan jalur lomba yang mengarungi seputar lingkungan Jogja Expo Center ini maka peserta siap untuk mencoba lintasan jalanan datar di lintasan jalanan umum dan sedikit masuk ke gang kecil kampung untuk dikagetkan dengan hiburan penari lokal yang menghibur sesaat sehingga tantangan yang ada hari ini terasa berkesan *Jogja banget *.

Marshal Bike JPR Road to Mair 2024.
Foto ; Duduk bareng 46 marshal bike jpr road to mair 2024.

Sedangkan bagi barisan Marcel JPR hadir untuk memastikan sebagai penjaga jalur lari untuk siap membantu dalam kelancaran race kali ini dan menjaga keselamatan Para pelari Hal ini dilakukan bekerja sama dengan panitia Milo dan petugas keamanan setempat.

Semua ini tidak hanya tentang persaingan tetapi juga tentang merayakan kebugaran di hari untuk pencapaian bersama yang terbaik dalam semangat olahraga dan kebersamaan untuk menyatukan ribuan orang dalam satu titik momen bersejarah kali ini .

Mengenal acara Milo fun run 2024.

Para peserta yang mengikuti acara Fun Run sekedar untuk bersenang-senang dalam berolahraga pagi atau suatu pesta ataupun sekedar menjalin hubungan secara sosial sebagai manusia yang suka berkomunikasi dan ber komunitas dalam olahraga melahirkan kerjasama event ; Marshal Bike JPR Road to Mair 2024.

Yang dibutuhkan untuk bisa lari sejauh 2,5 km famili run dan 5 km peserta biasanya sesuai ukuran kakinya kaos kaki untuk menghindari rasa sakit di kaki ternyaman atau pakaian yang dipakai tak lupa yang penting melakukan pemanasan sebelum dan sudah acara lari.

Dari sisi persiapan teman Marshal bike JPR ( Jogja pit ringkes  adalah komunitas sepeda lipat Jogja berkesempatan untuk di beri tanggung jawab mengelola para pesepeda kali ini ) tim Marshal ini juga telah melakukan survei lokasi di hari Sabtu 25 mei 2024  untuk koordinasi titik poin jaga.

Semua sudah direncanakan untuk menghadapi hari Minggu besok bisa melihat bentuk jalanan dan situasi yang ada.
Hari Minggu 26 Mei 2024 di sisi barat gedung Jogja Expo Center kumpul sekitar jam 04.15 pagi hari kondisi masih gelap gulita hanya lampu ja yang bisa menerangi kita ini menuju titik poin kumpul di Jogja expo center Bantul Yogyakarta.

Link Instragram marshal fun run 2024.

Setelah adanya pengarahan tentang rute lalu memakai baju rompi merah pembawa tanda bendera atau alat bantu P3K apalagi saat memakai topi khas jawa yaitu topi Blangkon menjadi cerita kali ini bisa menyemangati dalam membantu peserta menyelesaikan lomba lari.

Berbagai hal Pelajaran apa yang didapat dari event seperti ini akan penulis bagikan kepada pembaca blog mata kayuhanku maka seperti inilah adanya.

Marshal Bike JPR Road to Mair 2024.
Foto : cuplikan kerangka dasar rencana cerita.

Kemudian setelah pengarahan selesai kita menuju titik jaga sesuai nomor yang telah ditentukan dengan mudah sepeda lipat 41 titik yang berarti ada 41 orang penjaga yang siap mengamankan laju jalan dari lalulintas.

Mereka ada di lapangan sesuai tujuan titik masing-masing lalu mereka itu menemukan momen yang menarik ...!?
Seperti harus duduk bengong di depan gang melihat kondisi teman-teman gowes yang sudah mulai bergerak maju sana kemari untuk Gowes di Minggu pagi hari.

Padahal acara kali ini diikuti 3000 peserta yang akan lari dari titik start menuju titik penjagaan. 29,30 jauh di sana terlihat melesat pelari urutan 1 2 3 4 mulai terlihat pelari cowok lalu lalu satu dua pelari cewek langkah selanjutnya Jalan mulai meruah Mang hijau oleh barisan pelari berkaos hijau seakan memadatkan jalanan utama menuju jalur ring road barat Jogja.

Bahkan adanya juru foto yang cari fokus objek foto dengan posisi yang salah dia mulai meletakkan Fisikanya di tengah jalan sehingga para peserta mulai menutupi setengah jalan utama Para pelari mengurangi kecepatan untuk sekedar macak cantik dan macak ganteng agar menarik saat di cekrek foto.... Nah !!?

Marshal Bike JPR Road to Mair 2024.

Bagi kita para Marshall ini kegiatan seperti ini adalah sekedar hiburan alasan agar tidak Gowes jauh di hari Minggu dan Sisi Lainnya sebagai saling silaturahmi sepeda lainnya agar bisa saling mengenal menjalin kerjasama yang semakin akrab saja.

Mempunyai deskripsi tentang sebuah kegiatan Gowes bukan sekedar faktor u_fee saja lalu pulang Tetapi berusaha menjadikan mau main itu menjadi sebuah kenangan untuk asik diceritakan ulang ya mungkin saja akan berguna dengan berbagai pengalaman baru itu menjadikan kisah-kisah Marshal sepeda saya sebelumnya semakin lengkap saja.
Seperti halnya judul blog sebelumnya yang pernah saya tulis tentang event lari Run to care ;




Selamat pagi mohon maaf atas ketidaknyamanan anda untuk membaca cerita klasik kali ini dan semoga cerita-cerita ini akan terus menjadi kriteria anda semua.
Saya ucapkan terimakasih .
Pesan penulis.

Peran serta Milo dan olahraga.

Guna menjaga lingkungan dengan bijaksana dan hidup secara aktif merupakan cara menjaga kehidupan diri sendiri serta orang yang ada di sekitarnya agar tetap merupakan jalan pilihan terbaik.

... Adalah peran truk Milo aktif Indonesia race 2024 seri Jogjakarta produk ini sebagai sponsor utama olahraga lari.
Di saat terpilih dari 10 kota di seluruh Indonesia sebagai tempat road to Mair 2024  dan adanya Evan seperti ini akan didapat atlet lari yang tikus dapat menghibur warga Jogja untuk ikut serta meramaikan atas kesadaran masyarakat sendiri penjaga pola hidup sehat melalui olahraga salah satunya lari.

Oh bagi penulis bisa membuat tulisan ini tidak lepas karena ikut aktif selama 2 hari yang lalu mengawal dan berbagai informasi didapat mungkin saja kurang ini itu menjadi hal yang perlu diperbaharui selanjutnya.

Saya tidak hanya menulis blog tetapi juga aktif di Instagram dan Facebook media hiburan untuk merefleksikan opini pribadi yang menarik dari informasi pikiran penulis untuk bisa mengapresiasikan produk Milo pernah mampir di Jogja mengadakan event lari dan hal ini menjadi ledakan dalam melewati persaingan produk minuman yang sejenis yang sudah beredar yang ada di Jogjakarta diharapkan di 50 tahun Milo ini semakin sukses dan terus berkarya buat Republik Indonesia tercinta ini.

Untuk mengkoordinir dari event ini melewati 10 kota yang ada di Indonesia hanya untuk mencari seorang pemenang dan setelah didapat 10 pemenang per kota lalu dipertandingkan lagi di kota Jakarta untuk mencari * sang juara utama Run Milo 2024 *.

Sedangkan penulis hanyalah debu jalanan yang mengotori kisah-kisah ini dalam memajukan seninya olahraga lari peserta yang tidak juara ini telah menjadi juara di hati teman-temannya istrinya anak-anaknya dan lingkungan Jogja Expo center ini menjadi tontonan hiburan yang menarik bagi warga Jogja dan sekitarnya.

......... ... Semenarik para peserta yang suka hog ya-hok ya sebagai penikmat acara kali ini guna memperpanjang durasi status media sosial nya itu adalah harapan terbaik di generasi saat ini.

Marshal Bike JPR Road to Mair 2024.
Foto : suasana Jogja Expo center pagi hari.

Akhir sebuah cerita.

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Setidaknya tim marshal sudah berusaha keras dan mampu berperan aktif dalam menjaga keselamatan para peserta sepanjang jalur lomba.
Ini menjadi momen menarik dan pengalaman berharga serta unik bagi semua peserta lari baik itu yang sudah ada maupun non atlet termasuk mereka yang mengikuti family Ran juga merasa dimuliakan kebahagiaannya dengan bergembira Ria pagi ini.

Pelaksanaan acara ini juga memberi dampak positif di bidang olahraga dengan memberikan kesempatan kepada para pelari lokal bisa bersaing langsung dengan pelari lainnya.

Ini menjadi motivasi penyemangat yang baik memberi kebanggaan secara pribadi dan mendorong gaya hidup yang sehat melalui olahraga lari yang dijalankan dengan sungguh-sungguh.
Penulis ingin menekankan betapa pentingnya menjaga gaya hidup sehat melalui olahraga dan Advan ini bisa menginspirasi pada perubahan pola dan gaya hidup selanjutnya.
Bahkan mendorong orang untuk menikmati olahraga lari secara rutin baik yang terjadwal maupun tidak.
Olahraga ini tidak lepas dari dukungan dari bagaimana menciptakan pola makan yang teratur, secara seimbang isinya dan adanya pola tidur yang cukup yang semuanya berkontribusi pada kehidupan yang lebih aktif dan sehat kembali.

Sedangkan tulisan blog ini adalah sebagai pemicu ledakan awal saja dan selanjutnya para pembaca dapat terinspirasi untuk ikut mengikuti pola lari yang benar dan sehat.

Tak lepas penulis juga menghormati para pelari-pare itu mesti merasa berbeda jalur kasta dan aliran olahraga tetapi penulis juga suka olahraga bersepeda hanya untuk mampir ke warung sekedar untuk mampir ke angkringan Sego kucing terdekat.

Misalkan disuruh lari sejauh 2,5 km mungkin penulis akan mampus di jalan dan mudah lelah terengah-engah untuk segera cari tumpangan sepeda motor.
Namun melihat pergerakan Para pelari dengan tipe orang yang kurus maupun gendut suka berlari dengan gayanya masing-masing tetapi mereka mampu sampai finish menjadi pengalaman baru bagi penulis untuk secara sadar menghargai niat mereka atas ketangguhan Para pelari sejati memang seperti itu adanya.

Marshal Bike JPR Road to Mair 2024.

Jadi, kapan kita bisa berlari lag,i Bro !!?
Setelah mengikuti event acara ini menambah pengalaman dan mengajarkan saya kepada kepribadian seorang pelari yang sesungguhnya bahwa menjadi hidup sehat itu perlu niat,tekad Dan keberanian untuk berubah.
Karena kalian semua adalah sekelompok pelari yang hebat ..... Menghebatkan produk Milo yang sudah lebih dari 50 tahun di Indonesia dalam memasarkan produk minuman berenergi.

Dan.....Kamu semua adalah Runner sejati .
Salut... !??

Selesai.
Jogja 28 mei 2024.
Penulis.
Judul tulisan blog 
Marshal Bike JPR Road to Mair 2024.

Rabu, 15 Mei 2024

Erroll Gunung Wangi

Erroll atau Error di Gunung Wangi.

Bukan gitu..... Tidurkan angkat kaki agak tinggi agar darah sampai ke kepala hingga oksigen tercukupi.
..... Lalu buka semua pakaian yang ketat bebaskan jalan nafas ,telepon dokter atau bawa ke fasilitas terdekat.

Ungkapan komentar ini disampaikan dan perlu dipahami agar kita semua nantinya tidak error saat bersepeda sesuai anjuran_ Pak dokter Dadang_erianto yang turut serta memberi saran dan komentar di Instagram iyink_ws.

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Kesehatan bersepeda

Cerita di mulai Erroll Gunung Wangi.

Pagi ini saya menyaksikan seorang goweser melintasi jalan yang menanjak di daerah Bukit Gunung Wangi Berbah Jogjakarta.

Sedangkan menurut konter tanah jalan di sana Jalan berundak 6 kelok dengan estimasi tajam dan sedikit landai hal ini menjadi hal menantang bagi para pesepeda untuk menikmati suasana Gunung Wangi sebagai tujuan gowes mereka atau sebagai penunjukan diri.

Membuat orang-orang yang baru bersepeda ataupun orang-orang yang berburu tantangan Jalan tanjakan dengan tujuan masing masing termasuk sebagai pemeran utama kali ini seorang bapak mulai menanjak .. .. lalu kelelahan kemudian jatuh tidak sadarkan diri.

Foto komentar Om dokter dadang_erianto di Instagram penulis .
Sehat bersepeda
Pesan untuk generasi kaum Tua.

Hal ini mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan alat pendukung yang lainnya dalam aktivitas tersebut.
Selain bersepeda yang aman dan nyaman adalah soal emosi dalam kita menempatkan diri dari siapa kita dan mau ke mana !?.

Bahkan hanya untuk sekedar bersepeda itu katanya untuk mencari keringat dan sehat saja pada awalnya tapi setelah di jalanan itu bisa jadi menjadi bias warna abu-abu dengan tujuan utamanya yang menentukan gowes dengan siapa saja !!.
Karena mungkin terpengaruh oleh lingkungan ataupun ajakan teman-temannya yang tidak sadar akan mempengaruhi emosi atas kemampuan diri sendiri.

Di lihat dari peta umur akan menjadikan beban pada akhirnya kepada orang-orang yang ada di sekitar Bapak ini walaupun dengan cara apapun dengan pertolongan pertama pada kecelakaan sudah di usahakan sebisa nya.

Akan tetapi itulah yang terjadi saat itu dan kita bisa belajar banyak hal di akhir Kejadian ini dan begitu banyak orang-orang yang lebih pandai dan lebih pintar dalam bidangnya memberikan informasi dan ada masukan pendapat di postingan komentar Instragram dan Facebook penulis.

Berbagai masukkan kepada kita semua bahwa inilah yang terbaik di lakukan saat itu walau dengan ilmu seadanya dan selanjutnya inilah cerita-cerita yang penulis rangkum dalam sebuah blog pribadi agar dapat dibaca sebagai literasi kepada sesama pesepeda ataupun yang ingin sehat dalam menjalani aktivitas berolahraga dengan hobinya masing-masing.

Sepertinya Bapak ini ada beberapa kriteria mengapa bapak itu bisa menjadi jatuh kelelahan !? Terpenting dari semua itu adalah keseimbangan emosi juga sangat berpengaruh.

Atau cerita lainnya yang penulis dapatkan...!?

Status Instragram penulis seperti ini ;
Sekedar untuk mengingatkan kita untuk menjaga kestabilan tubuh karena penyakit dalam tubuh yang tau diri sendiri dan hanya kita sendiri atas kemampuan gowes dalam menjaga kesehatan badan.

Selain sepeda yang aman nyaman dan stabil juga faktor emosi harus di seimbangkan seperti hari ini di gunung wangi Jogja ada seorang bapak kelelahan saat melewati tanjakan tinggi di sebagian dari 6 kelok undakan yang begitu menantang .

Di sudut meja warung itu.

Ada sekelompok lagi istirahat bapak-bapak yang suka Gowes katanya sudah berumur dan tidak lagi memikirkan alat sepeda ataupun Soal jarak sepeda tapi muncul untuk berkomentar seperti ini.
Loh ..... Sekarang bapak-bapak itu gowes nya semakin menakutkan loh dia tidak saja lupa umur ataupun bercerita bahwa dulu dia tidak sempat bersepeda waktu mudanya karena bersepeda adalah sesuatu yang tidak baik alias Gengsi pada jaman nya.

Tapi kini sudah berubah 90 derajat jadi balik suka bersepeda akhirnya perjalanan itu lebih parah dan setiap tindakan gowes nya melebihi generasi covid saat ini.
Bahkan mereka itu seorang yang di katakan seorang labil menjadi lebih kuat di depan sana sedangkan aku masih di belakang sana seperti atlet kuat naik sepeda saat mengendarai sepeda dengan push tenaganya.

Toh semua itu kembali kepada orang masing-masing dari emosi yang harus diseimbangkan karena kita sendiri tahu batas kemampuan dalam menyembunyikan rasa sakit dari cara menjaga kesehatannya bagi diri sendiri.

Hal ini banyak orang yang perlu diingatkan kembali karena sebenarnya kita adalah sekelompok orang-orang sebagai penikmat jalanan bukan seorang atlet kebugaran yang pada akhirnya harus menerima resiko yang akan menyusahkan teman sepeda ataupun keluarga yang ada di rumah nantinya.

Cerita selanjutnya...!

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Lalu inilah alasan mengapa bersepeda itu juga perlu membaca dan mendengarkan cerita dari orang lain dan penulis mencoba merangkum pendapat mereka dari Instragram dan Facebook penulis menjadi ceritaku di blog ini ;

A... [11.05 13:51] Kita harus bisa menakar kemampuan kita jika lelah harus beristirahat, jika g mampu jangan memaksakan diri hanya demi gengsi karena diejek kawan. Jika merasa badan tidak enak ya tidak usah ikut gowes, pengalaman saya 5 th yll pernah pingsan selama 6 jam tapi karena jatuh kesenggol motor untungnya rumah sakit hanya berjarak 500 m dari saya kecelakaan sehingga cepat tertangani tim medis. Alhamdulillah sampai sekarang sehat. Mungkin bapak itu kurang pasokan oksigen ke otak jadi rasanya ngantuk pingin tidur, harusnya dibaringkan biar darah mengalir rata ke seluruh tubuh tapi dijaga jangan sampai tertidur jika ada oksigen bisa dikasih oksigen. 🙏

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

B... [11.05 13:52]Kuntoro Nda Sundaru sampe turu....bablas...wis pernah ngalami, untunge sama temen dikeplaki ben ndak tidur...wis halusinasi.

C... [11.05 13:52] Kuntoro Nda Sundaru Kawan2 satu Tim lain yang kuat2 Jangan main Tinggal saja.. karena ini memicu kawan yang lemah dan sudah berumur jadi memaksakan diri.. karena Segan, Malu
Dianggap lemah dsb.. Salam Dua Pedal.. 🙏

Baca juga ;

D.... [11.05 13:53] Iyink W S itu biasanya fisik lemah, kurang tidur ,HB RENDAH,TENSI RENDAH ,/ punya riwat lambung jantung. 
Jari jari kaki pijit yg kuat terutama jempol kaki .. 
Kalo ada kayu putih semua badan sampai muka Balur semua.

E... [11.05 13:54] Kuntoro Nda Sundaru harusnya jarak tempuh prosesnya bertahap.. juga kalo mau gowes malamnya jgn bergadang
Kalo punya Riwayat lambang /jantung HB RENDAH/TENSI RENDAH juga memaksakan diri.

F... [11.05 13:54] Iyink W S betul, saya tiga kali seperti ini. Memang harus dibawa rebahan kaki dinaikkan, syukur2 sambil minum dikit2, lebih cepet buat recovery.

G... [11.05 13:56] olahraga pengen sehat, malah kebalikannya. sesuaikan olahraga dengan umur. iya ad bbrp org yg bisa fit di umur 50, bs ikut triathlon, ok tp kan ga byk. yg pasti ga termasuk gw. 😂😂😂 its ok. gada yg perlu dibuktikan jg.

H... [11.05 13:56) Pengalaman tmn dlu waktu offroad..
Penyebab kelelahan, dehidrasi..
Baju celana sepatu semua di buka, cm pakai celana dalam doang..
Di tidur in tp kaki di angkat ke atas senderin ke pohon atau tembok kaki nya sambil di pijit2 terus kasih gula merah sama kasih minum..
Alhamdulillaaah sehat seger lagi.

I... [11.05 13:57] Ampe segitunya bersepeda...jangan ngoyolah pak..semampunya saja..kita ini hanya cari sehat bukan cari prestasi..ingat kawan kita hanya gowes jajan bukan atlet yg sedang mengejar lawan.

J... [11.05 13:58] pengalaman dulu  pernah pingsan 2 kali... 
pertama pas lgi berkendara langsung terjatuh, ketika tersadar sudah dikerumini orang2.
Kedua kali pas adu kuat ditanjakan.. untungnya di dekat markas TNI, cepat ditolong sama anggota TNI... 
Sebaiknya memang harus ada instruktunya yg berpengalaman.

Baca juga mitos dan tkp jatuhnya peserta sepeda.

K.. [11.05 13:58] Ada 2 kemungkinan. Kehabisan energi karena cadangan glukosa habis. Mengubah penyimpanan protein di otot untuk dijadikan glukosa Baiknya diberi minum manis. Setiap olahragawan baiknya punya stok glukosa sebelum bermain. Kemungkinan lain punya masalah jantung. Denyut jantung tidak boleh melebihi 120-usia dalam keadaan apapun.

L... [11.05 13:59] Tips nih buat goweser kalo punya anggota punya riwayat penyakit lemah fisik dan jantung. Kalo kejadian kek di video pastiin dudukin dulu lepas semua aksesoris pastiin bawa minyak kayu putih tempelkan ke hidung lalu pencet keras bagian jari kaki. Kalo seperti di video cukup salah karna kondisi lemas kepaksa berdiri.

M... [11.05 13:59] Itu kecapean,sya suka sprti itu,makanya saya ga prnh jalan trllu jauh,atau jalan trlalu nanjak,memang KL dah kebangetan cape,sprti mau pingsan ngantuk jga,tp AQ suka di biarkan TDR ,KL di kampung di jampe ,itu masuk angin jga biasanya,KL d tempat saya namanya KASIBAT pak,badan lemes kringat dingin pasti.

N... [11.05 14:00] Girinanda Priyadi kl ditidurkan akan sesak, itu denyut jantung terlalu kencang, paru paru gk ngimbangi, sehingga otak kurang oksigen, kl ditidurkan ya bisa meninggal. ciri ciri otak kurang oksigen, dimulai dari bibir pucat lama lama membiru trus menyebar seluruh wajah.

O... [11.05 14:01] Sepedaan yg jauh terakhir 
Berjarak 30km ,
Gowesnya santai 
Tapi lumayan NGAP juga.
Setelah  beberapa Minggu
dari gowes tsb,
Cex kesehatan dengan hasil => ada 4 titik penyumbatan di jantung:
90%
80%
70%
70% 
Dan dilakukan tindakan 
Pemasangan ring sebanyak 4 stent (ring) 
Di jantung.

Foto dari Instragram iyinkws.





P.... [11.05 14:01] Kings Stone gue 102km rehat 10 menit doang ,,, ngabisin air 4 botol ,2 buat minum ,2 buat guyur kepala ,,, Taukan rasanya kepala kepanasan 
Sampe rumah berendam.

Q... [11.05 14:02] itu heart attack, serangan jantung. byk goweser gak sadar kalau punya penyempitan koroner. merasa sehat, tp kemudian kolaps.
harusnya itu ditidurkan, lalu di PCR.
yg lainnya panggil ambulan.
lah kalau tangannya dinaikkan gitu, kerja jantung malah kian berat.

R... [11.05 14:02) Hanya sharing sebagai pembelajaran :
Seharusnya dibaringkan di tempat datar, dengan kaki sedikit diangkat keatas, rasionalnya adalah ketika posisi berbaring maka akan lebih mudah asupan nutrisi/ oksigen menyebar keseluruh tubuh dari jantung ke otak. Kalau posisi berdiri tersebut terkena pengaruh gaya gravitasi, asupan nutrisi/oksigen akan sulit mencapai otak dan seluruh tubuh.

Setelah dibaringkan sambil terus dirangsang nyeri dan kaki sedikit diangkat keatas.
Terus observasi denyut jantung dengan menempelkan pendengaran kita di dada pasien, ketika denyut masih aktif yang hanya dilakukan hanyalah melakukan rangsangan nyeri, sampai pasien terbangun.

Tapi ketika denyut jantung tidak terdengar segera lakukan pompa jantung dengan menghentakkan kedua tangan kita tepat di dada tengah pasien, sambil minta tolong rekan untuk telpon/minta bantuan paramedis, sampai paramedis datang terus lakukan pompa jantung bergantian dengan teman disekitar. Hanya pompa jantung saja tanpa bantuan nafas.

Dengan cara itu akan membantu jantung terus memompa, dan suplai nutrisi/oksigen ke otak tidak terputus, akan memperbesar peluang kehidupan.
Semoga sedikit bermanfaat!

S.... [11.05 14:03] Aviv Nurhidayat Khitaner Betul ini.
Yg penting dlm kasus spt ini adalah oksigen ke otak.
Uraian kakak lengkap banget, sampai denyut jantung tak terdengar (maksudnya mungkin tak teraba). Pompa jantung tidak semua orang boleh melakukan,ada pelatihannya.

Kalau tidak terlatih, bisa berakibat rusuk patah. Rusuk patah, ujung tulang yg patah bisa merobek paru, dst..dst... hati-hati.

Foto screenshot Instragram iyink ws.


T.... [11.05 14:04] Aviv Nurhidayat Khitaner 
Aviv Nurhidayat Khitaner setelah kejadian tersebut, 
Sebaiknya bapak yg sakit
Cex kondisi jantung , 
Kalo saya dulu setelah di cex ada 4 titik penyumbatan:

90% dipasang 2 stent
Karena penyumbatan nya panjang.
80% dipasang 1 stent 
70% dipasang 1 stent 
70%  tidak dipasang karena bukan plug yg berbahaya yg bisa mengakibatkan pecah pembuluh darah.

W.... [11.05 14:04] Kalau gowes berkelompok seperti ini alangkah baiknya mencontoh formasi Serigala. Yg paling depan adalah yg paling depan adalah yg tua dan yg lemah, kemudian dibelakangnya terdiri dari yg sudah punya kemampuan / yg kuat dan yg paling belakang adalah pemimpin kelompok karna untuk memastikan tidak ada yg tertinggal.

Z.... [11.05 14:05] aku pernah kaya gini mas ...., untung ada bapak bapk berpengalaman , aku udah tiduran terus di suruh bangun , rasane udah gelap banget ,  untung langsung di cariin teh panas manis , langsung padang.

Komentar lainya dari Facebook iyinkws ;

1.... [11.05 14:06) Zaenal Muclizz  nek minum buat kumur dulu jangan langsung di telan ....kontraksi mulut menyesuaikan tubuh dulu.

2.. [11.05 14:06] Iyink W S aku belum paham om , yang jelas enak banget buat geletakan , terua suruh berdiri , terus kunang kunang , hampir mau pingsan , yang saya ingat saya semende di tiang om , terus bapak e yang nolong nyariin teh panas ....saya ngga tau kalo itu hampir babals ...😅😅😅

3... [11.05 14:07] Orang lain pun harus bisa mengerti kondisi kita, mungkin bapak itu tadinya sudah mau berhenti, tapi teman2 terus menyemangati untuk terus jalan..

4... [11.05 14:07] Mungkin Kehabisan energi dia, defisit kalori. Bisa jg kekurangan o2 yg diantar darah ke otak.

Saran klw dah tuaw klw olahraga kardio yg lumayan berat wajib sedia oksigen portabel. Klw semisal kejadian begini bisa langsung dikasih pertolongan pertama.

4... [11.05 14:08]Makanya kenapa saya gak pernah ikut goes rombongan dan lebih memilih goes sendiri, takutnya kalau ikut rombongan itu terlalu di paksakan, mau berhenti tp gengsi, akhirnya maksa dan kejadian seperti ini..

5.... [11.05 14:09]Harus klo kondisi spt itu, kurban posisikan dgn recovery position, bisa didudukkan, kendor i semua pakaian, lepas sepatu, terus ajak bicara, yg nolong cukup 2-3 orang, yg lain bisa minta pertolongan... 
Itu kurban malah dipaksa terus berdiri 😇😇

6... [11.05 14:09]Irawan Bayu beda di kasus dgn heart rate tinggi.riding atau lari jika HR tinggi tidak boleh lsg berhenti atau bahkan duduk.harus diturunkan pelan2 dgn tetap bergerak.jika lsg duduk atau bahkan ditidurkan efeknya akan serangan jantung.banyak kasus goweser meninggal karena hal tersebut.sudah mengalami sendiri rekan gowes meninggal hanya karena ingin duduk dan tiduran dlm kondisi HR tinggi.

7... [11.05 14:10]Kings Stone sebenarnya bukan penyumbatan.itu detak jantung terlalu tinggi.org yg tidak terbiasa dgn heart rate yg tinggi jika dipaksakan akan mengalami serangan jantung.

8... [11.05 14:11]Satu minggu yg lalu, saya ngalamin hal yg hampir serupa tapi keburu ke recovery..bukan gowes tapi karena lari siang hari di tanjakan.

Ini disebabkan karena saya sudah lama ga olahraga..ditanjakan berasa biasa-biasa aja, tp selepas tanjakan jantung mengalami hentakan , mata mulai ada bintang bintang dan akhirnya cahaya putih..

Kalau tiba-tiba saya duduk..pasti kondisi bermasalah.. akhirnya saya coolingdown..dengan cara berjalan cepat..setelah detak jantung rada stabil..langsung cooling down gerakan seperti pemanasan diawal saat mau olahraga.. lalu minum sedikit air.

Sekitar 10 menit, mata kunang-kunang mulai jelas lagi,, tp 10 menit kemudian keram tangan dan kaki 😄, dan diusahakan jangan duduk jongkok yg memicu keram perut.

Jadi berhati-hati dan mawas diri..kalau sudah lama ga olahraga, apapun olahraganya, jangan pernah sekaligus olahraga berat..bertahap kembali ke dasar.

9... [11.05 14:12] Kings Stone Alhamdulillah, kalau jantung sehat dan berat badan normal.. cuma karena kesibukan kerja jadi ga pernah olahraga.. padahal selama seminggu saya pemanasan dulu,dengan jalan santai sekitar 4km setiap hari..tp pas dipake lari..ternyata jantung masih kaget.

10....[11.05 14:13] ini pelajaran buat semua,harus jujur sama diri sendiri..
1.klo udah badan terasa panas,lelah segera istirahat fase 
2.klo udah pusing muntah segera berhenti karna klo sudah gitu biasanya setelah itu ada yg namanya nya black out
3.black out atau pingsan,kemungkinan nya cuma ada dua,bangun lagi sama ngga,,

Ini berlaku untuk siapapun ga kenal usia,jangan nafsu ikutin ritme gowes orang,ikuti ritme kita sendiri,,,klo ga kuat mending istirahat jng memaksakan,semoga tidak terjadi lagi.

11... [11.05 14:13]Pertolongan pertama klo sesak napas kasih tolak angin, klo ga ada kasih balsem hidungnya atau kayu putih, untuk kayu putih bisa di campur ke air minum, lalu minumkan ( satu gelas 5 tetes )

12... [11.05 14:14] Caranya salah,posisi jantung harus dibawah bagian tubuh lainnya,caranya seluruh pakaian dilonggarkan atau dilepas,termasuk sepatu,pasien di telentangkan,posisi kaki keatas,berikan ruang yg cukup,jangan dikerumuni begitu karena pasien butuh oksigen yg cukup,cukup 2 orang yg berusaha membuat pasien terjaga/tidak tidur.

13... [11.05 14:15] Jangan memaksakan,,jika sudah cape atau lelah lebih baik istirahat,, jangan maksa jika jln menanjak,,ga kuat lebih baik dorong,,usahakan sarapan sblm gowes,,ga prlu banyak,,gowes didalam group itu beda beda org,,ada yg kuat ada yg cpet cape,,jdi rajin" cek anggota nya yg sedang gowes,,jika ada yg terlihat kecapean lebih baik istrht dulu🙏🙏

14... [11.05 14:16]😆😆Lok ama rombongan memang biasanya gengsi dan ledek2an...

Sya pernah punya pengalaman ketinggalan lumayan jauh, akhirnya sepeda sya jual se laku2nya, trus sya balik pulang pake ojol........🔥🔥🔥🔥🔥 abangkuuuuh!!

15... [11.05 14:17] Mengingatkan.
Sampeyan itu bukan ATLET atau olahragawan.
Cukup sepedaan di sekitar lingkungan saja, bukanya sepedaan puluhan km naik turun gunung melu² koncone.
Pedot nafasmu pak... bukanya malah sehat tapu malah cilaka.

16... [11.05 14:17] Itu krn kekurangan oksigen di otak. Ini terjadi krn jantung tidak kuat memompa darah ke kapala.
Penanganannya harusnya dibaringkan datar telentang. Kepala- badan-kaki satu bidang. Kepala dimiringkan ke kiri. Pakaian dan sepatu dilonggari. Kemudian kaki diangkat sedikit (diganjal sesuatu yg lunak), 20-30 cm, agar darah turun ke kepala. Dikipasi ringan di bagian kepala. Jangan banyak orang mengerumuni.
Periksa nadi, detak jantung. Kalau masih ada detak, aman. Tinggal kipasi ringan, nanti akan sadar sendiri. Mungkin saat sadar muntah sekali/dua kali.

Kalau posisi berdiri spt itu, darah gak bisa ke kepala, Berbahaya. Memang ada sedikit bantuan tambahan darah dari tangan yg diangkat ke atas, tapi itu sedikit.
Sebaiknya klub-klub sepeda sekali-kali undang tenaga kesehatan utk penyuluhan cara resusitasi (pemulihan kembali) fungsi-2 organ penting dlm kasus-2 spt itu.

17... [11.05 14:20] Sy pernah.
Gowes tanpa pemanasan.
Langsung tancap gas mengitari desa tanpa henti. Kira kira 30 menit.
Setelah itu langsung duduk istirahat di teras.
Lama lama pandangan putih semua.
Sy tahu itu gejala mau pingsan.
Pandangan makin lama makin hitam.
Tapi sy tidak pingsan pingsan.
Masih sadar.
Tapi tidak bisa melihat.
Bisa dikatakan sy buta.
Sekitar 10 menit.
Sy tidak pingsan sama sekali.
Takut buta beneran.
Alhamdulillah setelah 10 menit pandangan hitam gelap gulita mulai ada pandangan putih.
Makin lama makin jelas dan sy bisa melihat lagi.
Setelah itu sy tidak berani memforsir badan terlalu ekstrim untuk olahraga.
Apalagi belum pemanasan.

18... [11.05 14:21] Saya keluar dari komunitas sepeda salah satunya ini, pernah 2x pas nanjak kepala pusing, keleyengan, engap, tiba2 muntah badan serasa lemas. Mending gose sendiri nyantai.

Baca juga di blog ini ;

19... [11.05 14:22 ) Pernah mengalami juga saat solo gowes, iseng mencoba rute yang berbeda dan menanjak untuk pulang ke rumah.Tiba tiba saat sudah melewati beberapa tanjakan badan terasa lemas, mual, dan tenaga seperti sudah tidak mampu lagi untuk lanjut.Akhirnya berhenti sekitar 1 jam di pos ronda sambil memulihkan tenaga. Puji Tuhan masih diberi keselamatan. 

Padahal biasa gowes 25-30 km kuat, tapi pas mencoba rute yang menanjak walaupun hanya 4-5 km sudah tidak kuat fisiknya😂. Mungkin karena saat itu berangkat tidak sarapan dan tidak bawa minum sama sekali😅. Setelah istirahat pas ketemu tanjakan lagi mending dituntun saja, walaupun lama hehe. 

Beruntung ketemu warung dan langsung beli Pocary Sweat dan roti. Seketika badan langsung terasa segar.Mungkin efek tubuh kekurangan cairan dan asupan yang jadi penyebab saya lemas saat itu.

20... [14.05 09:12) Hanya sharing sebagai pembelajaran :
Seharusnya dibaringkan di tempat datar, dengan kaki sedikit diangkat keatas, rasionalnya adalah ketika posisi berbaring maka akan lebih mudah asupan nutrisi/ oksigen menyebar keseluruhan tubuh dari jantung ke otak. Kalau posisi berdiri tersebut terkena pengaruh gaya gravitasi, asupan nutrisi/oksigen akan sulit mencapai otak dan seluruh tubuh.

Setelah dibaringkan sambil terus dirangsang nyeri dan kaki sedikit diangkat keatas.
Terus observasi denyut jantung dengan menempelkan pendengaran kita di dada pasien, ketika denyut masih aktif yang hanya dilakukan hanyalah melakukan rangsangan nyeri, sampai pasien terbangun.

Tapi ketika denyut jantung tidak terdengar segera lakukan pompa jantung dengan menghentakan kedua tangan kita tepat dindada tengah pasien, sambil minta tolong rekan untuk telpon/minta bantuan paramedis, sampai paramedis datang terus lakukan pompa jantung bergantian dengan teman disekitar. Hanya pompa jantung saja tanpa bantuan nafas.
Dengan cara itu akan membantu jantung terus memompa, dan suplai nutrisi/oksigen ke otak tidak terputus, akan memperbesar peluang kehidupan.
Semoga sedikit bermanfaat!

21... [14.05 09:18]Ini pelajaran buat semua,harus jujur sama diri sendiri..
1.klo udah badan terasa panas,lelah segera istirahat fase 
2.klo udah pusing muntah segera berhenti karna klo sudah gitu biasanya setelah itu ada yg namanya nya black out
3.black out atau pingsan,kemungkinan nya cuma ada dua,bangun lagi sama ngga,,

Ini berlaku untuk siapapun ga kenal usia,jangan nafsu ikutin ritme gowes orang,ikuti ritme kita sendiri,,,klo ga kuat mending istirahat jng memaksakan,semoga tidak terjadi lagi

Walau kadang kadang yg kuat sok hebat smua temannya ditinggal,dia ngejos ngempus di depan kayak atlet pro tapi saya selalu di belakang dan nunggu teman yg ga kuat, bila perlu kalau ga kuat istirahat sebentar dan kalau tanjakan kita tuntun sama sama, gowes cari sehat dan ceria bukan nyari juara....ingat itu.

Menjadi Tua itu pasti.

Sindrom pesepeda kaum tua adalah manusia yang sudah berusia yang berpandangan generasi muda saat ini adalah salah hanya pada pamer untuk bisa pembuktian diri sedangkan generasi tua dalam pembuktiannya mengatakan sudah berpengalaman bersepeda.

Toh ada juga mengatakan bahwa pandangan itu yang penulis seraf juga mengatakan bahwa bersepeda saat mudanya kaum tua itu bersepeda adalah ideologi rendah menurunkan derajat Gengsi jadi baru saat inilah mereka itu bisa membuktikan diri untuk mengembangkan rasa suka bersepeda.

Padahal fakta kaum tua itu bahwa generasi muda selalu dipatahkan dengan ungkapan berpengalaman beliau sudah 20 sampai 25 tahun bersepeda toh hanya seperti itu hanya mencari sehat saja .,....!? Sehat seperti apa.

Baca juga di blog ini ;

Saat Dunia berubah menjadi teknologi baru kaum tua juga tak lepas mencoba sepeda-sepeda baru teknologi untuk bisa dipamerkan agar tidak kalah dengan generasi muda karena secara fisik lebih kuat.
Padahal generasi tua itu diharapkan bisa untuk mendukung dan yang mengerti generasi muda agar suka bersepeda menjadi atlet nasional yang lebih bike saja harapannya.

Inilah cara pemikir penulis dalam memahami cara emosi dalam cara pandang untuk memahami keadaan masa lalu dan masa sekarang toh ini tidak untuk penyemangat pemikiran tapi yang biasanya ada di lapangan.

Kembali ke topik jatuh dari sepeda karena lelah ada beberapa faktor yang bisa saja terjadi dan semoga kejadian seperti ini bisa menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua untuk memperhatikan sesuatu sebelum bertindak Error saat melakukan gowes terutama daerah dengan Medan yang Jalan menanjak seperti Gunung Wangi ini.

Hal ini menarik untuk diulas agar keselamatan dan kesehatan kita semua kita semua adalah yang terpenting dan utama jadi ingat selalu hal ini saat kita sedang asik-asiknya menikmati bersepeda ....... Semangat terus para pesepeda di luar sana !!.

Pokok P 3 K.

Pokok dari pertolongan pertama pada kecelakaan hal ini walaupun penulis mencoba menjelaskan makna kejadian hari ini bukan untuk tetapi sepeda itu menjadi ter_bike yang baik agar makna yang disimpan untuk disampaikan terbaca oleh pembaca di sini dalam memahami kejadian yang harus dilakukan ;

Posisi kepala Posisi badan posisi kaki satu bidang lalu kepala dimiringkan ke kiri lalu untuk pakaian dan sepatu dilonggarkan.

Contoh contoh ini yang benar dilakukan tidak seperti kejadian Seperti di atas karena dikerumuni oleh orang banyak ini situasi yang salah yang betul menghindari kerumunan yang terlalu banyak lalu periksa nanti dan detak jantung pasien misalnya masih ada detak lalu biarkan dan kipas yang ringan saja.

Melihat posisi contoh di atas si pasien diberdirikan lalu tangannya direntangkan ke atas lalu disuruh sadar dengan bentakan yang keras hal ini berpotensi bahaya darah tidak bisa mengalir dengan lancar ke kepala yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Matakayuhanku

Penulis juga menghargai orang-orang yang ada di sekitar pasien sekitar kejadian bisa saja mereka merasakan menderitanya orang lain adalah kepedulian untuk membantu dan penulis atas nama bapak ini sebagai lakon utama cerita kali ini mengungkapkan banyak terima kasih dan respect atas tindakan kali ini yang dilakukan secara nyata dan spontan tak lepas perlakuan saat itu tapi itu sudah terjadi sebagai pembelajaran bersama.

Dan dari momen yang kita miliki itu seakan menjadi Kenangan dari baik buruknya serta manfaatnya karena masih banyak di luar sana petualang sepeda untuk mencapai makna yang berkesan juga Sudi melakukan hal-hal yang di luar nalar juga mengalami kejadian yang sama juga sering terjadi.

Baca juga di blog ini ;

Cerita terakhir hari ini.

Akhir kata dari penulis mengucapkan Alhamdulillah bapak ini sudah kembali sehat dan terlihat sedang olahraga menyapu halaman rumah pertanda kembali' normal sudah tidak lagi di pertanyakan.

Dan situasi sebagai pertanda dan seharusnya setiap komunitas yang ada juga harus berkolaborasi misalnya di adakan acara sesekali mengundang tenaga kesehatan untuk memberikan penyuluhan mengenai cara pemulihan kembali dari rasa letih dan pingsan saat menjalani olah raga itu saja cerita kali ini .

Selesai
Mei 2024.
Penulis.

Blog Edisi unggulan

Gowes Merdeka JFB 2024 Ring Merapi Merbabu.

Jogja' Folding Bike 2024. Untuk memperingati HUT RI kali ini kami memutuskan untuk merayakannya dengan cara yang berbeda dengan cara ber...