Selasa, 23 Juli 2024

Menuju Pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung Selatan

Pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung di mulai dengan adanya petualangan bersepeda di acara Jambore Sepeda Federal 6 Lampung.

Matahari mulai terbenam di sore hari sekitar jam empat sore saat empat orang bersepeda touring menyusul teman teman yang terlebih dulu gowes pada hari Jumat pagi tanggal 19 Juli 2024.

Kita ini ada empat orang di loading naik bus dari Jogja - terminal bus Merak itu untuk kembali bergabung bersama sama 4 orang yang berangkat hari Jumat kemaren.

Foto ; pemandangan di pantai tanjung selaki Tarahan Lampung.

Agar kami semua dalam barisan fedjo bisa kumpul bareng lagi dengan lainnya sebagai seorang penggemar sepeda federal dari Jogja.

Gass poll pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung.

Bersiap untuk memulai petualangan epik menuju Jambore Sepeda Federal 6 di Lampung dengan caranya masing masing itu dengan semangat yang meluap,kami menaiki bus Handoyo pada tanggal 21 Juli 2024 pukul 16.45 wib dari terminal Giwangan Jogja di hari Minggu yang cerah.

Saya meninggalkan hiruk-pikuk kota jogja  selama beberapa hari ke depan nya untuk pindah pulau menuju ketenangan alam Sumatera yang masih tanda tanya mau apa dan bagaimana caranya untuk mendapatkan ribuan kenangan indah itu.
Dari perjalanan kami berempat bukan sekadar perjalanan fisik, tapi juga perjalanan jiwa yang penuh makna memaknai...!!

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Setibanya di Terminal Merak....!!
Saat itu kami segera menaiki kapal feri yang membawa kami melintasi Selat Sunda. Angin laut yang segar dan ombak yang berdebur menjadi teman setia sepanjang penyeberangan di atas kapal ada cerita dan tawa mengalir deras, membangun kebersamaan yang lebih erat.

Saat matahari pagi jam 9.00 waktu setempat, langit pulau Sumatra berubah menjadi kanvas berwarna cerah putih biru menciptakan pemandangan yang begitu indah hingga sulit untuk dilupakan bagi kami semua.

Pagi berikutnya sekitar jam 10.00 -12,30 kita mulai pindah dari pelabuhan merak ke Bakaheuni Lampung , kami tiba di Pelabuhan Bakauheni, Sumatera dan di sini petualangan sejati dimulai.
Dengan tiket kapal feri untuk beli di pinggir jalan seharga Rp 35.000 plus parkir sepeda rp 5000 padahal kalau harga aslinya Rp 26.000 setidaknya sisanya untuk membantu sebagai amal jariah kepada mereka ujar om dari federalis Purwakarta yang sempat ketemu di tepi pantai sore kemaren.

Bersepeda di lanjutkan.

Kami mulai mengayuh sepeda dan mulai meninggalkan pelabuhan menuju arah barat melewati Jalan Lintas Sumatera. Jalur yang kami lalui menawarkan pemandangan yang memukau: hamparan sawah pohon jagung hijau, perbukitan, dan desa-desa yang damai.

Tujuan pertama kami adalah Pantai Selaki Tarahan di Kabupaten Lampung Selatan. Dengan tiket masuk Rp10.000 per orang, kami menikmati keindahan pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Beberapa dari kami bahkan mencoba main air yang asin untuk mengagumi kehidupan pinggir pantai yang penuh warna warni eloknya.

Selanjutnya.... !?

Perjalanan berlanjut untuk merencanakan setelah jamnas menuju ke beberapa destinasi wisata lainnya di Lampung misalnya ada Pantai Mutun dan Sari Ringgung menawarkan pesona pantai yang tenang dan indah.
Sementara Pulau Pahawang, Tangkil, dan Tegal Mas memikat hati dengan keindahan alam bawah lautnya. Tidak ketinggalan, kami juga mengunjungi Pantai Gigi Hiu yang unik dengan formasi batu karangnya lalu ada Teluk Kiluan yang terkenal dengan lumba-lumbanya dan Pantai Krui yang eksotis.

Tidak hanya pantai, Lampung juga menawarkan keindahan budaya ...!!

Kami menyempatkan diri untuk mengunjungi Tugu Rayan Mas, ikon kota yang berbentuk tombak emas, senjata asli masyarakat Lampung. Tugu ini berdiri megah, menjadi simbol kebanggaan dan kekuatan masyarakat setempat.

Bermula dari Bakauheni.

Pada tanggal 22 Juli 2024, kami tiba di Bakauheni Harbor City (BHC) Menara Siger karena kami datang belum jadwal acara maka panitia belum memberi aba aba....!?

Rencana panitia Jambore Sepeda Federal 6 telah menyiapkan tempat baru tanggal 24 juli 2024 sampai dengan istirahat yang nyaman lengkap dengan parkir sepeda dan fasilitas isi ulang air minum.

Di sini sekitar jam 13,00 -15,00 kami beristirahat  guna mempersiapkan diri untuk gowes berikutnya mulai menuju . ...!?.

Tanggal 22 Juli 2024 kita gowes sampai jam 19,00 karena hari menjadi gelap malam hari kita bersandar di sebuah hotel di jalan lintas Sumatra.

Kemudian pagi nya tanggal 23 Juli 2024 melanjutkan gowes sekitar jam 07.00 melewati jalan rolling yang tidak terlalu tinggi tetapi jalan langsam lalu turun panjang sekali sepanjang tangan mencengkeram tuas rem sampai persimpangan tugu simbol kota Lampung Selatan di area samping masjid Kalianda seperti foto tugu Kalianda.

Langkah sepeda.

Di mulai dari tanda rambu di depan balai pengolahan ikan Lampung selatan jalan menanjak sampai SMA angkasa jalan panjang turun sampai Kalianda dari jalan aspal ke jalan cor semen dari pertemuan pertigaan jalan alternatif dan jalan tol atau di sisi kanan kiri di bentangan persawahan pohon jagung jadi bau bahan daun kering menjadi pernafasan agak bau sengir.....duh cocok jadi jagung bakar pikirannya.
Lalu..... melewati gedung olah raga,tugu topeng dan ketemu tikungan terjal ada kantor polisi Tarahan di sini daerah rawan kecelakaan dengan jalan cor semen untuk berhati hati setelah beberapa meter ada kantor SPBE gas di kiri jalan ada tulisan menuju pantai tanjung Tarahan selaki Lampung Selatan kita melewati jalan tanah akan sampai.
Setelah masuk ada bentangan gubuk berjejer dengan sewa semalam Rp 50.000 sambil menunggu esok paginya acara jamnas baru di mulai.

Sebenarnya harapan yang dinanti-nanti akhirnya kita ini tidak tiba tiba untuk bersama ratusan federalis dari seluruh Indonesia agar berangkat menuju venue Jambore ....!! Tetapi kita berempat ini lebih dulu berangkat dari jadwal panitia pada hari Rabu 23 Juli 2024 untuk sampai di lokasi jamnas kita lebih dulu di tempat acara ..!?

Siaap Om.
Jika mau ikut Keberangkatan dengan rombongan yang sudah rest Star acara di BHC (SIGER) di sekitarnya pelabuhan Bakauheni sekitar Jam 08.00 tanggal 24 Juli 2024 para peserta gowes akan dilepas oleh Bupati Lampung Selatan atau yg mewakili beserta jajaran pimpinan dari BHC dan ASDP.

Rute yang kami lalui dihiasi pemandangan alam yang menakjubkan, dengan pepohonan kelapa yang menjulang tinggi,pohon jagung yang luas sana sini dan angin laut yang semilir dan langit biru yang cerah.
Setiap kayuhan pedal membawa kami semakin dekat dengan tujuan, membuat semangat kami semakin membara dengan terik matahari sekaligus beberapa kali beli air minum di kios indo m atau Al m yang tersebar di jalur ini.

Pantai Pasir Putih menjadi salah satu tujuan terakhir kami sebelum mencapai venue Jambore ini di Pantai ini terkenal dengan airnya yang jernih dan pasirnya putih yang halus, sempurna untuk mengakhiri perjalanan panjang kami.

Foto ; lokasi masuk pantai menuju acara jamnas 6 Lampung.

Kami tiba di lokasi acara... !!
Lalu beristirahat sejenak, menikmati keindahan alam sambil merenungkan perjalanan yang telah kami tempuh.

Jambore Sepeda Federal 6 di Lampung bukan hanya tentang bersepeda, tapi juga tentang menjalin persahabatan, menikmati keindahan alam, dan merayakan kebersamaan bersama teman teman federalist seluruh Indonesia.

Setiap momen dalam perjalanan ini adalah kenangan berharga yang akan selalu kami kenang. Perjalanan ini mengajarkan kami tentang kekuatan,semangat, keindahan alam dan arti sejati dari sebuah petualangan.

Aku, Jamnas dan Pantai Selatan Lampung.

Judul dari tulisan ini adalah * Menuju Pantai Tanjung Selaki Tarahan Lampung *
ini adalah kisah yang menggambarkan pengalaman pribadi penulis dalam menjelajahi berbagai destinasi dengan sepedanya.

Tulisan ini disertai dengan cerita-cerita inspiratif dan tips tentang rute bersepeda yang menarik dan juga mengangkat berbagai hal menarik seperti cerita saat berangkat dan tantangan yang dihadapi di perjalanan apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih rencana gowes bersama dengan teman-teman terbaik saya ini.

Dengan gaya bahasa yang mengundang imajinasi, penulis berbagi pengalamannya untuk menginspirasi pembaca, baik yang hanya sekadar penggemar sepeda atau mereka yang benar-benar tergila-gila dengan petualangan sepeda federal dengan menggunakan metode di gowes atau di loading semua ada bahagia nya masingmasing.

Selesai.
Pagi hari ini jam 05.00 waktu bangun tidur di pantai Tanjung Tarahan selaki untuk mulai menulis kisah ini.
Di gubuk tepi pantai aku melihat malam dengan adanya suara ombak berdebur tenang dan lampu warna warni di tempel di depan gubug milik pak Morpi pemilik warung makan dan saya menerima ide menulis kali ini.

Lampung.
24 juli 2024.
Terima kasih kepada ;
1.Mbah kung Endi.
2.Harry Parker
3.Wiyono Sembung.

Yang sudah mem_bersamai hari ini telah memberi oleh oleh cerita di sini yang bisa membahagiakan para federalist dan pembaca blog ini bagaimana suka dukanya mencari bait kata dan gambar foto  perjalanan yang panjang sekaligus wisata sepeda karena adanya jamnas sebagai alasan penulis agar bisa Explorer pulau Sumatra Lampung dengan lebih dekat lagi.