Minggu, 02 Juni 2024

Word bicycle day

Word bicycle day.

Hari itu ada obrolan kecil sebelum gowes dan saya akan mulai bercerita mengenai soal terinspirasi nya saya dari  obrolan kecil itu setelah saya bisa menerima gambar pamflet acara gowes seperti di bawah ini .

Hati sepeda sedunia

Dengan tujuan saya agar bisa membuat acara gowes ini terlihat berbeda dan menemukan sisi klasik yang bisa dinikmati oleh para pembacanya.

Saat pembicaraan ngobrol berlangsung itu dengan teman teman gowes terlontar kata-kata seperti ini:

"Kui acara ngepit opo ngobrol!? Nek ngepit kok ora ono rutenya.
Kalau ngobrol, pembicara nya itu sopo!?"
Lalu ada yang menjawab, Kok "Ngobrol ro wong angel anak,e."
"Apa? Angel anak,e sopo?" seloroh yang lain.

"Itu lho, Kak Angel anak,e setiawan goweser atlet itu," jawab yang lain lagi..,karena merasa ia kenal dan juga satu komunitas sepeda road bike Jogja.

Suasana menjadi nyaman kembali saat mereka bisa memahami siapa pembicaranya dan kita sekelompok pencari tujuan gowes mulai berbicara tentang keinginan untuk bisa ikut serta dalam kegiatan gowes pada hari Minggu besok yang bertepatan dengan Hari Sepeda Sedunia sekaligus menikmati acara ngobrol bareng nantinya.

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Hari sepeda sedunia

Awal mula cerita gowes Hari ini.

Untuk mengikuti acara Gowes Sepeda Sedunia ini bermula dari obrolan kecil telah menjadi cerita blog di bulan Juni 2024 ini yang nantinya harapan nya semakin banyak pula orang yang akan membaca kisah di halaman ini.

Walau cerita ini menjadi lebih teratur tujuannya dan semoga mudah dipahami karena setiap dialog dan komentar diberi ruang yang cukup, sehingga pembaca dapat mengikuti alur percakapan dengan lebih mudah itulah harapan penulis blog ini.

Gowes Hari Bersepeda sedunia 2024.

Dengan adanya kesadaran untuk bersepeda juga harus terus dikuatkan dengan sebuah *Perayaan* besar guna meningkatkan kesadaran dalam bentuk pilihan moda transportasi yang mudah,ramah lingkungan dan menyehatkan jiwa raga.

Dalam memulai bersepeda bukan apa jenis sepedanya tetapi mulai kapan saat bisa bersepeda !??

Ya.... mulai besok tanggal 3 Juni 2024 orang orang yang suka bersepeda di seluruh dunia akan merayakan perayaan hari bersepeda tetapi bukan hari libur dan di alihkan hari minggunya.

Adapun kegiatan ini dirayakan secara bersama-sama untuk menyuarakan bagaimana manfaat bersepeda itu sendiri bisa dilakukan secara sadar dan berkelanjutan oleh pelaku nya.

Sedangkan Gowes kali ini diberi tajuk : 
*Word bicycle day,pedal to the Greener future*
Yang dimaksud  arti di atas adalah ; Hari sepeda kayuh menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan.

Lalu, yang lebih Ramah lingkungan yang bagaimana !?.
Yaitu dengan cara bersikap pada keberlanjutan di lingkungan kita terlebih dahulu yaitu dengan memastikan bahwa sumber daya alam yang ada saat ini dapat dipertahankan dan dilestarikan untuk generasi mendatang.

Seperti hari ini adalah tindakan kita dalam menggunakan moda transportasi adalah ramah lingkungan seperti halnya sepeda karena sepeda bisa lebih ramah lingkungan karena tidak mengakibat adanya polusi udara polusi suara dan bersepeda dapat meningkatkan kesehatan tubuh serta dapat mengurangi kemacetan di Jalan Raya di tingkat yang lebih luas.

Acara hari ini akan ada ngobrol bareng bersama angel anak,e setiawan dengan sponsor utama Roda Link Jogja plus dengan menerapkan Gowes gerakan 4R  yaitu ; Rich reduce replace and refill.


Setelah acara selesai kita foto bersama dulu untuk update kenangan acara ngobrol bareng bersama kak angel anak,e setiawan kali ini dan telah di uraikan oleh penulis di bawah ini sehingga lebih baku dan bisa membuat kita menjadi mengerti apa saja yang di obrolkan hari ini ;

1.Makna Hari Sepeda Sedunia menurut Angel :
   Hari Sepeda Sedunia menarik perhatian pada manfaat penggunaan sepeda — alat transportasi berkelanjutan yang sederhana, terjangkau, bebas polusi, ramah lingkungan, dan tentunya, menyehatkan.

2.Pendapat Angel tentang aktivitas bersepeda untuk masa depan yang lebih hijau :
Dengan memilih bersepeda sebagai alternatif pengganti kendaraan bermotor, kita secara tidak langsung mengurangi polusi udara. Selain itu, bersepeda juga membantu menghindari kemacetan di jalan.

3.Alasan Angel suka bersepeda :
Awalnya, saya adalah atlet lari. Dari kelas 4 SD hingga kelas 2 SMA, saya mulai ingin mencoba hal baru dan tertarik pada dunia bersepeda. Bersepeda memungkinkan saya untuk menjelajahi alam dan menikmati pemandangan yang indah.

4.Pertama kali bersepeda :
Saya mulai bersepeda pada usia 16 tahun, menjelang 17 tahun. Hingga sekarang, saya masih bersepeda.

5.Tipe-tipe sepeda yang pernah dicoba Angel ;
Saya pernah mencoba beberapa jenis sepeda seperti MTB, sepeda lipat (Seli), sepeda Gravel, dan Road Bike. Dari beberapa tipe tersebut, saya paling cocok dengan sepeda Road Bike (RB) karena sepeda ini simpel, mudah dimasukkan ke dalam mobil dengan melepas rodanya, dan bahannya terbuat dari karbon.

6.Pengalaman Angel dengan hobi bersepeda :
Bersepeda memberikan saya banyak relasi dan teman baru.

7.Gowes terjauh :
   - Jogja - Cilacap: 175 km
   - Jogja - Pangandaran: 243 km
   - Jogja - Banyuwangi: 600 km (ditempuh dalam 4 hari 3 malam)

8.Prestasi yang pernah diraih dari bersepeda :
   - Bali Open Criterium 2018: Juara 2
   - Tour De Linggar Jati (Jawa Barat) 2021:
     - ITT (Individual Time Trial): Juara 3
     - TT (Road Race): Juara 2
   - Bromo Kram 2022: Juara 2

9.Suka duka Angel dalam bersepeda :
_Suka nya ; saya bisa memiliki banyak teman, mendapatkan pengalaman baru, banyak cerita, dan bisa gowes jauh sambil menikmati pemandangan alam.
_Duka: Kulit menjadi hitam, kusam, dan belang.

10.Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memulai bersepeda yang aman, nyaman, dan mengutamakan keselamatan:
    - Pertama: Pastikan komponen-komponen sepeda berfungsi dengan baik sebelum digunakan.
    - Kedua: Kenali tingkat kebugaran diri. Setiap orang memiliki tingkat kebugaran yang berbeda, sehingga penting untuk mengetahui batasan kemampuan masing-masing.
    - Ketiga: Kenali lingkungan seperti kondisi daerah dan rute perjalanan yang akan dilalui.

11.Pesan dan kesan Angel untuk memaknai Hari Bersepeda Sedunia :
    Bersepeda membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme. Bersepeda termasuk jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah.

Menjadi akhir ngobrol bareng hari ini versi pembicara dalam acara memperingati hari sepeda seluruh dunia termasuk sebagian kecil kami di kota Jogja ini di laksanakan dengan menggunakan cara sederhana tapi bermakna untuk semua yang ikut serta .

2 Juni 2024.

Pas acara gowes di hari Minggu tanggal 2 Juni 2024 di mulai dari garis start jam 06.30 WIB dari Roda link Adisucipto lalu finish di Roda link Jogja Barat.

Kegiatan hari ini tidak sekedar Gowes saja tetapi untuk mewujudkan lingkungan yang ramah terhadap masalah alam yang mengotorinya.

Selama acara ini berlangsung  kegiatan ini peserta diharapkan membawa botol minuman non plastik atau bidan yang nantinya bisa untuk isi ulang dengan air minum yang sudah disediakan di Roda link Barat.

Saat mulai start di awal kita gowes bersama-sama melewati rute Roda link Adisucipto,Tugu Jogja,jalan Wates blusukan kampung tembus depan Roda link Barat jalan Wates yang telah ditentukan agar para pesepeda semakin erat hubungan secara sosial antar pesepeda dan komunitas sepeda lainnya.

4 R.

Gua sekali ini tidak sekedar bersepeda tetapi acara ini mengedepankan gerakan 4 yang disebut ;

1.Ride ; yaitu Bagaimana menikmati Gowes itu itu sendiri dalam menikmati kesehatan kebahagiaan yang akan didapat dari aktivitas fisik bersepeda.
2.Reduce; karena bersepeda tidak akan menghasilkan jejak karbon yang akan menghasilkan polusi udara.
3.Replace ; Pilihlah Bahan yang tahan lama yang sekali pakai yang ramah lingkungan seperti botol minuman non plastik.
4.Refil : mengisi ulang pada botol minuman mengurangi Banyak sampah plastik dan air yang digunakan dapat menjaga tubuh tetap terjaga terhindar dari terhidrasi di sepanjang perjalanan Gowes.

Dengan adanya gerakan 4R ini kegiatan Gowes kali ini makin mantap saja bersama teman-teman menghijaukan masa depan yang berkelanjutan guna menjaga bumi kita tercinta ini.

Akhirnya cerita.

Pada kesempatan nantinya di tanggal 3 Juni 2024 yang dialih kegiatan itu di percepat menjadi 2 Juni 2024 hari Minggu hal itu tidak  mengurangi niat untuk tetap merayakan hari bersepeda sedunia ini dengan semangat gowes dan untuk mengingatkan kita bahwa sepeda tetap menjadi pilihan utama sebagai moda transportasi yang baik bagi kehidupan menuju tempat sekitar kita.

Tak lupa dalam kesempatan ini saya sebagai pembuat cerita ingin memperkenalkan diri bahwa saya masih tetap bersepeda dan mengenal tentang Siapa saya serta bagaimana saya bisa saling menyapa dengan pesepeda lain apapun jenis sepedanya itu sebagai kebiasaan baik yang ter_bike kan dan itu penting bagi saya.

Bahkan saya juga seorang penulis blog yang gemar bersepeda untuk melepaskan Open stress dalam kehidupan normal dan bagaimana saya bisa menikmati keindahan alam sekitar untuk saya dalam menikmati momen itu ada bentuk kebebasan dalam berekspresi dan kesempatan untuk melihat sisi dua Dunia kecil saya dengan cara berbeda dari atas sadel sepeda.

Hal lain dengan adanya teman-teman saya yang saya temani dan ter_temani di setiap kayuhan perjalanan sepeda mereka itu, juga punya banyak ide yang bisa saling menguatkan satu sama lainnya walau terkadang masih saja adanya tanda pagar dari strata sepeda yang berbeda dari tujuan masing masing.

Hari sepeda sedunia

Tetapi bagaimana semangat itu tetap menyala terus walau terkadang ada kata-kata lucu untuk di bagikan dalam menemani  di setiap perjalanan bersepeda.

Alhamdulillah akhirnya bisa selesai mengikuti acara gowes kali ini semoga dengan adanya kegiatan ini kita para pesepeda bisa memperjuangkan masa depan guna melestarikan alam bagi bumi kita ini menjadi lebih baik lagi.
Amin.

Selesai.

Terima kasih.
Penulis.
Word bicycle day
2 Juni 2024.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Edisi unggulan

Gowes Merdeka JFB 2024 Ring Merapi Merbabu.

Jogja' Folding Bike 2024. Untuk memperingati HUT RI kali ini kami memutuskan untuk merayakannya dengan cara yang berbeda dengan cara ber...