Rabu, 15 Mei 2024

Erroll Gunung Wangi

Erroll atau Error di Gunung Wangi.

Bukan gitu..... Tidurkan angkat kaki agak tinggi agar darah sampai ke kepala hingga oksigen tercukupi.
..... Lalu buka semua pakaian yang ketat bebaskan jalan nafas ,telepon dokter atau bawa ke fasilitas terdekat.

Ungkapan komentar ini disampaikan dan perlu dipahami agar kita semua nantinya tidak error saat bersepeda sesuai anjuran_ Pak dokter Dadang_erianto yang turut serta memberi saran dan komentar di Instagram iyink_ws.

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Kesehatan bersepeda

Cerita di mulai Erroll Gunung Wangi.

Pagi ini saya menyaksikan seorang goweser melintasi jalan yang menanjak di daerah Bukit Gunung Wangi Berbah Jogjakarta.

Sedangkan menurut konter tanah jalan di sana Jalan berundak 6 kelok dengan estimasi tajam dan sedikit landai hal ini menjadi hal menantang bagi para pesepeda untuk menikmati suasana Gunung Wangi sebagai tujuan gowes mereka atau sebagai penunjukan diri.

Membuat orang-orang yang baru bersepeda ataupun orang-orang yang berburu tantangan Jalan tanjakan dengan tujuan masing masing termasuk sebagai pemeran utama kali ini seorang bapak mulai menanjak .. .. lalu kelelahan kemudian jatuh tidak sadarkan diri.

Foto komentar Om dokter dadang_erianto di Instagram penulis .
Sehat bersepeda
Pesan untuk generasi kaum Tua.

Hal ini mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan alat pendukung yang lainnya dalam aktivitas tersebut.
Selain bersepeda yang aman dan nyaman adalah soal emosi dalam kita menempatkan diri dari siapa kita dan mau ke mana !?.

Bahkan hanya untuk sekedar bersepeda itu katanya untuk mencari keringat dan sehat saja pada awalnya tapi setelah di jalanan itu bisa jadi menjadi bias warna abu-abu dengan tujuan utamanya yang menentukan gowes dengan siapa saja !!.
Karena mungkin terpengaruh oleh lingkungan ataupun ajakan teman-temannya yang tidak sadar akan mempengaruhi emosi atas kemampuan diri sendiri.

Di lihat dari peta umur akan menjadikan beban pada akhirnya kepada orang-orang yang ada di sekitar Bapak ini walaupun dengan cara apapun dengan pertolongan pertama pada kecelakaan sudah di usahakan sebisa nya.

Akan tetapi itulah yang terjadi saat itu dan kita bisa belajar banyak hal di akhir Kejadian ini dan begitu banyak orang-orang yang lebih pandai dan lebih pintar dalam bidangnya memberikan informasi dan ada masukan pendapat di postingan komentar Instragram dan Facebook penulis.

Berbagai masukkan kepada kita semua bahwa inilah yang terbaik di lakukan saat itu walau dengan ilmu seadanya dan selanjutnya inilah cerita-cerita yang penulis rangkum dalam sebuah blog pribadi agar dapat dibaca sebagai literasi kepada sesama pesepeda ataupun yang ingin sehat dalam menjalani aktivitas berolahraga dengan hobinya masing-masing.

Sepertinya Bapak ini ada beberapa kriteria mengapa bapak itu bisa menjadi jatuh kelelahan !? Terpenting dari semua itu adalah keseimbangan emosi juga sangat berpengaruh.

Atau cerita lainnya yang penulis dapatkan...!?

Status Instragram penulis seperti ini ;
Sekedar untuk mengingatkan kita untuk menjaga kestabilan tubuh karena penyakit dalam tubuh yang tau diri sendiri dan hanya kita sendiri atas kemampuan gowes dalam menjaga kesehatan badan.

Selain sepeda yang aman nyaman dan stabil juga faktor emosi harus di seimbangkan seperti hari ini di gunung wangi Jogja ada seorang bapak kelelahan saat melewati tanjakan tinggi di sebagian dari 6 kelok undakan yang begitu menantang .

Di sudut meja warung itu.

Ada sekelompok lagi istirahat bapak-bapak yang suka Gowes katanya sudah berumur dan tidak lagi memikirkan alat sepeda ataupun Soal jarak sepeda tapi muncul untuk berkomentar seperti ini.
Loh ..... Sekarang bapak-bapak itu gowes nya semakin menakutkan loh dia tidak saja lupa umur ataupun bercerita bahwa dulu dia tidak sempat bersepeda waktu mudanya karena bersepeda adalah sesuatu yang tidak baik alias Gengsi pada jaman nya.

Tapi kini sudah berubah 90 derajat jadi balik suka bersepeda akhirnya perjalanan itu lebih parah dan setiap tindakan gowes nya melebihi generasi covid saat ini.
Bahkan mereka itu seorang yang di katakan seorang labil menjadi lebih kuat di depan sana sedangkan aku masih di belakang sana seperti atlet kuat naik sepeda saat mengendarai sepeda dengan push tenaganya.

Toh semua itu kembali kepada orang masing-masing dari emosi yang harus diseimbangkan karena kita sendiri tahu batas kemampuan dalam menyembunyikan rasa sakit dari cara menjaga kesehatannya bagi diri sendiri.

Hal ini banyak orang yang perlu diingatkan kembali karena sebenarnya kita adalah sekelompok orang-orang sebagai penikmat jalanan bukan seorang atlet kebugaran yang pada akhirnya harus menerima resiko yang akan menyusahkan teman sepeda ataupun keluarga yang ada di rumah nantinya.

Cerita selanjutnya...!

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

Lalu inilah alasan mengapa bersepeda itu juga perlu membaca dan mendengarkan cerita dari orang lain dan penulis mencoba merangkum pendapat mereka dari Instragram dan Facebook penulis menjadi ceritaku di blog ini ;

A... [11.05 13:51] Kita harus bisa menakar kemampuan kita jika lelah harus beristirahat, jika g mampu jangan memaksakan diri hanya demi gengsi karena diejek kawan. Jika merasa badan tidak enak ya tidak usah ikut gowes, pengalaman saya 5 th yll pernah pingsan selama 6 jam tapi karena jatuh kesenggol motor untungnya rumah sakit hanya berjarak 500 m dari saya kecelakaan sehingga cepat tertangani tim medis. Alhamdulillah sampai sekarang sehat. Mungkin bapak itu kurang pasokan oksigen ke otak jadi rasanya ngantuk pingin tidur, harusnya dibaringkan biar darah mengalir rata ke seluruh tubuh tapi dijaga jangan sampai tertidur jika ada oksigen bisa dikasih oksigen. πŸ™

Anda sedang membaca kisah klasik ini yang akan terus anda baca sampai selesai.

B... [11.05 13:52]Kuntoro Nda Sundaru sampe turu....bablas...wis pernah ngalami, untunge sama temen dikeplaki ben ndak tidur...wis halusinasi.

C... [11.05 13:52] Kuntoro Nda Sundaru Kawan2 satu Tim lain yang kuat2 Jangan main Tinggal saja.. karena ini memicu kawan yang lemah dan sudah berumur jadi memaksakan diri.. karena Segan, Malu
Dianggap lemah dsb.. Salam Dua Pedal.. πŸ™

Baca juga ;

D.... [11.05 13:53] Iyink W S itu biasanya fisik lemah, kurang tidur ,HB RENDAH,TENSI RENDAH ,/ punya riwat lambung jantung. 
Jari jari kaki pijit yg kuat terutama jempol kaki .. 
Kalo ada kayu putih semua badan sampai muka Balur semua.

E... [11.05 13:54] Kuntoro Nda Sundaru harusnya jarak tempuh prosesnya bertahap.. juga kalo mau gowes malamnya jgn bergadang
Kalo punya Riwayat lambang /jantung HB RENDAH/TENSI RENDAH juga memaksakan diri.

F... [11.05 13:54] Iyink W S betul, saya tiga kali seperti ini. Memang harus dibawa rebahan kaki dinaikkan, syukur2 sambil minum dikit2, lebih cepet buat recovery.

G... [11.05 13:56] olahraga pengen sehat, malah kebalikannya. sesuaikan olahraga dengan umur. iya ad bbrp org yg bisa fit di umur 50, bs ikut triathlon, ok tp kan ga byk. yg pasti ga termasuk gw. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ its ok. gada yg perlu dibuktikan jg.

H... [11.05 13:56) Pengalaman tmn dlu waktu offroad..
Penyebab kelelahan, dehidrasi..
Baju celana sepatu semua di buka, cm pakai celana dalam doang..
Di tidur in tp kaki di angkat ke atas senderin ke pohon atau tembok kaki nya sambil di pijit2 terus kasih gula merah sama kasih minum..
Alhamdulillaaah sehat seger lagi.

I... [11.05 13:57] Ampe segitunya bersepeda...jangan ngoyolah pak..semampunya saja..kita ini hanya cari sehat bukan cari prestasi..ingat kawan kita hanya gowes jajan bukan atlet yg sedang mengejar lawan.

J... [11.05 13:58] pengalaman dulu  pernah pingsan 2 kali... 
pertama pas lgi berkendara langsung terjatuh, ketika tersadar sudah dikerumini orang2.
Kedua kali pas adu kuat ditanjakan.. untungnya di dekat markas TNI, cepat ditolong sama anggota TNI... 
Sebaiknya memang harus ada instruktunya yg berpengalaman.

Baca juga mitos dan tkp jatuhnya peserta sepeda.

K.. [11.05 13:58] Ada 2 kemungkinan. Kehabisan energi karena cadangan glukosa habis. Mengubah penyimpanan protein di otot untuk dijadikan glukosa Baiknya diberi minum manis. Setiap olahragawan baiknya punya stok glukosa sebelum bermain. Kemungkinan lain punya masalah jantung. Denyut jantung tidak boleh melebihi 120-usia dalam keadaan apapun.

L... [11.05 13:59] Tips nih buat goweser kalo punya anggota punya riwayat penyakit lemah fisik dan jantung. Kalo kejadian kek di video pastiin dudukin dulu lepas semua aksesoris pastiin bawa minyak kayu putih tempelkan ke hidung lalu pencet keras bagian jari kaki. Kalo seperti di video cukup salah karna kondisi lemas kepaksa berdiri.

M... [11.05 13:59] Itu kecapean,sya suka sprti itu,makanya saya ga prnh jalan trllu jauh,atau jalan trlalu nanjak,memang KL dah kebangetan cape,sprti mau pingsan ngantuk jga,tp AQ suka di biarkan TDR ,KL di kampung di jampe ,itu masuk angin jga biasanya,KL d tempat saya namanya KASIBAT pak,badan lemes kringat dingin pasti.

N... [11.05 14:00] Girinanda Priyadi kl ditidurkan akan sesak, itu denyut jantung terlalu kencang, paru paru gk ngimbangi, sehingga otak kurang oksigen, kl ditidurkan ya bisa meninggal. ciri ciri otak kurang oksigen, dimulai dari bibir pucat lama lama membiru trus menyebar seluruh wajah.

O... [11.05 14:01] Sepedaan yg jauh terakhir 
Berjarak 30km ,
Gowesnya santai 
Tapi lumayan NGAP juga.
Setelah  beberapa Minggu
dari gowes tsb,
Cex kesehatan dengan hasil => ada 4 titik penyumbatan di jantung:
90%
80%
70%
70% 
Dan dilakukan tindakan 
Pemasangan ring sebanyak 4 stent (ring) 
Di jantung.

Foto dari Instragram iyinkws.





P.... [11.05 14:01] Kings Stone gue 102km rehat 10 menit doang ,,, ngabisin air 4 botol ,2 buat minum ,2 buat guyur kepala ,,, Taukan rasanya kepala kepanasan 
Sampe rumah berendam.

Q... [11.05 14:02] itu heart attack, serangan jantung. byk goweser gak sadar kalau punya penyempitan koroner. merasa sehat, tp kemudian kolaps.
harusnya itu ditidurkan, lalu di PCR.
yg lainnya panggil ambulan.
lah kalau tangannya dinaikkan gitu, kerja jantung malah kian berat.

R... [11.05 14:02) Hanya sharing sebagai pembelajaran :
Seharusnya dibaringkan di tempat datar, dengan kaki sedikit diangkat keatas, rasionalnya adalah ketika posisi berbaring maka akan lebih mudah asupan nutrisi/ oksigen menyebar keseluruh tubuh dari jantung ke otak. Kalau posisi berdiri tersebut terkena pengaruh gaya gravitasi, asupan nutrisi/oksigen akan sulit mencapai otak dan seluruh tubuh.

Setelah dibaringkan sambil terus dirangsang nyeri dan kaki sedikit diangkat keatas.
Terus observasi denyut jantung dengan menempelkan pendengaran kita di dada pasien, ketika denyut masih aktif yang hanya dilakukan hanyalah melakukan rangsangan nyeri, sampai pasien terbangun.

Tapi ketika denyut jantung tidak terdengar segera lakukan pompa jantung dengan menghentakkan kedua tangan kita tepat di dada tengah pasien, sambil minta tolong rekan untuk telpon/minta bantuan paramedis, sampai paramedis datang terus lakukan pompa jantung bergantian dengan teman disekitar. Hanya pompa jantung saja tanpa bantuan nafas.

Dengan cara itu akan membantu jantung terus memompa, dan suplai nutrisi/oksigen ke otak tidak terputus, akan memperbesar peluang kehidupan.
Semoga sedikit bermanfaat!

S.... [11.05 14:03] Aviv Nurhidayat Khitaner Betul ini.
Yg penting dlm kasus spt ini adalah oksigen ke otak.
Uraian kakak lengkap banget, sampai denyut jantung tak terdengar (maksudnya mungkin tak teraba). Pompa jantung tidak semua orang boleh melakukan,ada pelatihannya.

Kalau tidak terlatih, bisa berakibat rusuk patah. Rusuk patah, ujung tulang yg patah bisa merobek paru, dst..dst... hati-hati.

Foto screenshot Instragram iyink ws.


T.... [11.05 14:04] Aviv Nurhidayat Khitaner 
Aviv Nurhidayat Khitaner setelah kejadian tersebut, 
Sebaiknya bapak yg sakit
Cex kondisi jantung , 
Kalo saya dulu setelah di cex ada 4 titik penyumbatan:

90% dipasang 2 stent
Karena penyumbatan nya panjang.
80% dipasang 1 stent 
70% dipasang 1 stent 
70%  tidak dipasang karena bukan plug yg berbahaya yg bisa mengakibatkan pecah pembuluh darah.

W.... [11.05 14:04] Kalau gowes berkelompok seperti ini alangkah baiknya mencontoh formasi Serigala. Yg paling depan adalah yg paling depan adalah yg tua dan yg lemah, kemudian dibelakangnya terdiri dari yg sudah punya kemampuan / yg kuat dan yg paling belakang adalah pemimpin kelompok karna untuk memastikan tidak ada yg tertinggal.

Z.... [11.05 14:05] aku pernah kaya gini mas ...., untung ada bapak bapk berpengalaman , aku udah tiduran terus di suruh bangun , rasane udah gelap banget ,  untung langsung di cariin teh panas manis , langsung padang.

Komentar lainya dari Facebook iyinkws ;

1.... [11.05 14:06) Zaenal Muclizz  nek minum buat kumur dulu jangan langsung di telan ....kontraksi mulut menyesuaikan tubuh dulu.

2.. [11.05 14:06] Iyink W S aku belum paham om , yang jelas enak banget buat geletakan , terua suruh berdiri , terus kunang kunang , hampir mau pingsan , yang saya ingat saya semende di tiang om , terus bapak e yang nolong nyariin teh panas ....saya ngga tau kalo itu hampir babals ...πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

3... [11.05 14:07] Orang lain pun harus bisa mengerti kondisi kita, mungkin bapak itu tadinya sudah mau berhenti, tapi teman2 terus menyemangati untuk terus jalan..

4... [11.05 14:07] Mungkin Kehabisan energi dia, defisit kalori. Bisa jg kekurangan o2 yg diantar darah ke otak.

Saran klw dah tuaw klw olahraga kardio yg lumayan berat wajib sedia oksigen portabel. Klw semisal kejadian begini bisa langsung dikasih pertolongan pertama.

4... [11.05 14:08]Makanya kenapa saya gak pernah ikut goes rombongan dan lebih memilih goes sendiri, takutnya kalau ikut rombongan itu terlalu di paksakan, mau berhenti tp gengsi, akhirnya maksa dan kejadian seperti ini..

5.... [11.05 14:09]Harus klo kondisi spt itu, kurban posisikan dgn recovery position, bisa didudukkan, kendor i semua pakaian, lepas sepatu, terus ajak bicara, yg nolong cukup 2-3 orang, yg lain bisa minta pertolongan... 
Itu kurban malah dipaksa terus berdiri πŸ˜‡πŸ˜‡

6... [11.05 14:09]Irawan Bayu beda di kasus dgn heart rate tinggi.riding atau lari jika HR tinggi tidak boleh lsg berhenti atau bahkan duduk.harus diturunkan pelan2 dgn tetap bergerak.jika lsg duduk atau bahkan ditidurkan efeknya akan serangan jantung.banyak kasus goweser meninggal karena hal tersebut.sudah mengalami sendiri rekan gowes meninggal hanya karena ingin duduk dan tiduran dlm kondisi HR tinggi.

7... [11.05 14:10]Kings Stone sebenarnya bukan penyumbatan.itu detak jantung terlalu tinggi.org yg tidak terbiasa dgn heart rate yg tinggi jika dipaksakan akan mengalami serangan jantung.

8... [11.05 14:11]Satu minggu yg lalu, saya ngalamin hal yg hampir serupa tapi keburu ke recovery..bukan gowes tapi karena lari siang hari di tanjakan.

Ini disebabkan karena saya sudah lama ga olahraga..ditanjakan berasa biasa-biasa aja, tp selepas tanjakan jantung mengalami hentakan , mata mulai ada bintang bintang dan akhirnya cahaya putih..

Kalau tiba-tiba saya duduk..pasti kondisi bermasalah.. akhirnya saya coolingdown..dengan cara berjalan cepat..setelah detak jantung rada stabil..langsung cooling down gerakan seperti pemanasan diawal saat mau olahraga.. lalu minum sedikit air.

Sekitar 10 menit, mata kunang-kunang mulai jelas lagi,, tp 10 menit kemudian keram tangan dan kaki πŸ˜„, dan diusahakan jangan duduk jongkok yg memicu keram perut.

Jadi berhati-hati dan mawas diri..kalau sudah lama ga olahraga, apapun olahraganya, jangan pernah sekaligus olahraga berat..bertahap kembali ke dasar.

9... [11.05 14:12] Kings Stone Alhamdulillah, kalau jantung sehat dan berat badan normal.. cuma karena kesibukan kerja jadi ga pernah olahraga.. padahal selama seminggu saya pemanasan dulu,dengan jalan santai sekitar 4km setiap hari..tp pas dipake lari..ternyata jantung masih kaget.

10....[11.05 14:13] ini pelajaran buat semua,harus jujur sama diri sendiri..
1.klo udah badan terasa panas,lelah segera istirahat fase 
2.klo udah pusing muntah segera berhenti karna klo sudah gitu biasanya setelah itu ada yg namanya nya black out
3.black out atau pingsan,kemungkinan nya cuma ada dua,bangun lagi sama ngga,,

Ini berlaku untuk siapapun ga kenal usia,jangan nafsu ikutin ritme gowes orang,ikuti ritme kita sendiri,,,klo ga kuat mending istirahat jng memaksakan,semoga tidak terjadi lagi.

11... [11.05 14:13]Pertolongan pertama klo sesak napas kasih tolak angin, klo ga ada kasih balsem hidungnya atau kayu putih, untuk kayu putih bisa di campur ke air minum, lalu minumkan ( satu gelas 5 tetes )

12... [11.05 14:14] Caranya salah,posisi jantung harus dibawah bagian tubuh lainnya,caranya seluruh pakaian dilonggarkan atau dilepas,termasuk sepatu,pasien di telentangkan,posisi kaki keatas,berikan ruang yg cukup,jangan dikerumuni begitu karena pasien butuh oksigen yg cukup,cukup 2 orang yg berusaha membuat pasien terjaga/tidak tidur.

13... [11.05 14:15] Jangan memaksakan,,jika sudah cape atau lelah lebih baik istirahat,, jangan maksa jika jln menanjak,,ga kuat lebih baik dorong,,usahakan sarapan sblm gowes,,ga prlu banyak,,gowes didalam group itu beda beda org,,ada yg kuat ada yg cpet cape,,jdi rajin" cek anggota nya yg sedang gowes,,jika ada yg terlihat kecapean lebih baik istrht duluπŸ™πŸ™

14... [11.05 14:16]πŸ˜†πŸ˜†Lok ama rombongan memang biasanya gengsi dan ledek2an...

Sya pernah punya pengalaman ketinggalan lumayan jauh, akhirnya sepeda sya jual se laku2nya, trus sya balik pulang pake ojol........πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯ abangkuuuuh!!

15... [11.05 14:17] Mengingatkan.
Sampeyan itu bukan ATLET atau olahragawan.
Cukup sepedaan di sekitar lingkungan saja, bukanya sepedaan puluhan km naik turun gunung melu² koncone.
Pedot nafasmu pak... bukanya malah sehat tapu malah cilaka.

16... [11.05 14:17] Itu krn kekurangan oksigen di otak. Ini terjadi krn jantung tidak kuat memompa darah ke kapala.
Penanganannya harusnya dibaringkan datar telentang. Kepala- badan-kaki satu bidang. Kepala dimiringkan ke kiri. Pakaian dan sepatu dilonggari. Kemudian kaki diangkat sedikit (diganjal sesuatu yg lunak), 20-30 cm, agar darah turun ke kepala. Dikipasi ringan di bagian kepala. Jangan banyak orang mengerumuni.
Periksa nadi, detak jantung. Kalau masih ada detak, aman. Tinggal kipasi ringan, nanti akan sadar sendiri. Mungkin saat sadar muntah sekali/dua kali.

Kalau posisi berdiri spt itu, darah gak bisa ke kepala, Berbahaya. Memang ada sedikit bantuan tambahan darah dari tangan yg diangkat ke atas, tapi itu sedikit.
Sebaiknya klub-klub sepeda sekali-kali undang tenaga kesehatan utk penyuluhan cara resusitasi (pemulihan kembali) fungsi-2 organ penting dlm kasus-2 spt itu.

17... [11.05 14:20] Sy pernah.
Gowes tanpa pemanasan.
Langsung tancap gas mengitari desa tanpa henti. Kira kira 30 menit.
Setelah itu langsung duduk istirahat di teras.
Lama lama pandangan putih semua.
Sy tahu itu gejala mau pingsan.
Pandangan makin lama makin hitam.
Tapi sy tidak pingsan pingsan.
Masih sadar.
Tapi tidak bisa melihat.
Bisa dikatakan sy buta.
Sekitar 10 menit.
Sy tidak pingsan sama sekali.
Takut buta beneran.
Alhamdulillah setelah 10 menit pandangan hitam gelap gulita mulai ada pandangan putih.
Makin lama makin jelas dan sy bisa melihat lagi.
Setelah itu sy tidak berani memforsir badan terlalu ekstrim untuk olahraga.
Apalagi belum pemanasan.

18... [11.05 14:21] Saya keluar dari komunitas sepeda salah satunya ini, pernah 2x pas nanjak kepala pusing, keleyengan, engap, tiba2 muntah badan serasa lemas. Mending gose sendiri nyantai.

Baca juga di blog ini ;

19... [11.05 14:22 ) Pernah mengalami juga saat solo gowes, iseng mencoba rute yang berbeda dan menanjak untuk pulang ke rumah.Tiba tiba saat sudah melewati beberapa tanjakan badan terasa lemas, mual, dan tenaga seperti sudah tidak mampu lagi untuk lanjut.Akhirnya berhenti sekitar 1 jam di pos ronda sambil memulihkan tenaga. Puji Tuhan masih diberi keselamatan. 

Padahal biasa gowes 25-30 km kuat, tapi pas mencoba rute yang menanjak walaupun hanya 4-5 km sudah tidak kuat fisiknyaπŸ˜‚. Mungkin karena saat itu berangkat tidak sarapan dan tidak bawa minum sama sekaliπŸ˜…. Setelah istirahat pas ketemu tanjakan lagi mending dituntun saja, walaupun lama hehe. 

Beruntung ketemu warung dan langsung beli Pocary Sweat dan roti. Seketika badan langsung terasa segar.Mungkin efek tubuh kekurangan cairan dan asupan yang jadi penyebab saya lemas saat itu.

20... [14.05 09:12) Hanya sharing sebagai pembelajaran :
Seharusnya dibaringkan di tempat datar, dengan kaki sedikit diangkat keatas, rasionalnya adalah ketika posisi berbaring maka akan lebih mudah asupan nutrisi/ oksigen menyebar keseluruhan tubuh dari jantung ke otak. Kalau posisi berdiri tersebut terkena pengaruh gaya gravitasi, asupan nutrisi/oksigen akan sulit mencapai otak dan seluruh tubuh.

Setelah dibaringkan sambil terus dirangsang nyeri dan kaki sedikit diangkat keatas.
Terus observasi denyut jantung dengan menempelkan pendengaran kita di dada pasien, ketika denyut masih aktif yang hanya dilakukan hanyalah melakukan rangsangan nyeri, sampai pasien terbangun.

Tapi ketika denyut jantung tidak terdengar segera lakukan pompa jantung dengan menghentakan kedua tangan kita tepat dindada tengah pasien, sambil minta tolong rekan untuk telpon/minta bantuan paramedis, sampai paramedis datang terus lakukan pompa jantung bergantian dengan teman disekitar. Hanya pompa jantung saja tanpa bantuan nafas.
Dengan cara itu akan membantu jantung terus memompa, dan suplai nutrisi/oksigen ke otak tidak terputus, akan memperbesar peluang kehidupan.
Semoga sedikit bermanfaat!

21... [14.05 09:18]Ini pelajaran buat semua,harus jujur sama diri sendiri..
1.klo udah badan terasa panas,lelah segera istirahat fase 
2.klo udah pusing muntah segera berhenti karna klo sudah gitu biasanya setelah itu ada yg namanya nya black out
3.black out atau pingsan,kemungkinan nya cuma ada dua,bangun lagi sama ngga,,

Ini berlaku untuk siapapun ga kenal usia,jangan nafsu ikutin ritme gowes orang,ikuti ritme kita sendiri,,,klo ga kuat mending istirahat jng memaksakan,semoga tidak terjadi lagi

Walau kadang kadang yg kuat sok hebat smua temannya ditinggal,dia ngejos ngempus di depan kayak atlet pro tapi saya selalu di belakang dan nunggu teman yg ga kuat, bila perlu kalau ga kuat istirahat sebentar dan kalau tanjakan kita tuntun sama sama, gowes cari sehat dan ceria bukan nyari juara....ingat itu.

Menjadi Tua itu pasti.

Sindrom pesepeda kaum tua adalah manusia yang sudah berusia yang berpandangan generasi muda saat ini adalah salah hanya pada pamer untuk bisa pembuktian diri sedangkan generasi tua dalam pembuktiannya mengatakan sudah berpengalaman bersepeda.

Toh ada juga mengatakan bahwa pandangan itu yang penulis seraf juga mengatakan bahwa bersepeda saat mudanya kaum tua itu bersepeda adalah ideologi rendah menurunkan derajat Gengsi jadi baru saat inilah mereka itu bisa membuktikan diri untuk mengembangkan rasa suka bersepeda.

Padahal fakta kaum tua itu bahwa generasi muda selalu dipatahkan dengan ungkapan berpengalaman beliau sudah 20 sampai 25 tahun bersepeda toh hanya seperti itu hanya mencari sehat saja .,....!? Sehat seperti apa.

Baca juga di blog ini ;

Saat Dunia berubah menjadi teknologi baru kaum tua juga tak lepas mencoba sepeda-sepeda baru teknologi untuk bisa dipamerkan agar tidak kalah dengan generasi muda karena secara fisik lebih kuat.
Padahal generasi tua itu diharapkan bisa untuk mendukung dan yang mengerti generasi muda agar suka bersepeda menjadi atlet nasional yang lebih bike saja harapannya.

Inilah cara pemikir penulis dalam memahami cara emosi dalam cara pandang untuk memahami keadaan masa lalu dan masa sekarang toh ini tidak untuk penyemangat pemikiran tapi yang biasanya ada di lapangan.

Kembali ke topik jatuh dari sepeda karena lelah ada beberapa faktor yang bisa saja terjadi dan semoga kejadian seperti ini bisa menjadi pembelajaran berharga bagi kita semua untuk memperhatikan sesuatu sebelum bertindak Error saat melakukan gowes terutama daerah dengan Medan yang Jalan menanjak seperti Gunung Wangi ini.

Hal ini menarik untuk diulas agar keselamatan dan kesehatan kita semua kita semua adalah yang terpenting dan utama jadi ingat selalu hal ini saat kita sedang asik-asiknya menikmati bersepeda ....... Semangat terus para pesepeda di luar sana !!.

Pokok P 3 K.

Pokok dari pertolongan pertama pada kecelakaan hal ini walaupun penulis mencoba menjelaskan makna kejadian hari ini bukan untuk tetapi sepeda itu menjadi ter_bike yang baik agar makna yang disimpan untuk disampaikan terbaca oleh pembaca di sini dalam memahami kejadian yang harus dilakukan ;

Posisi kepala Posisi badan posisi kaki satu bidang lalu kepala dimiringkan ke kiri lalu untuk pakaian dan sepatu dilonggarkan.

Contoh contoh ini yang benar dilakukan tidak seperti kejadian Seperti di atas karena dikerumuni oleh orang banyak ini situasi yang salah yang betul menghindari kerumunan yang terlalu banyak lalu periksa nanti dan detak jantung pasien misalnya masih ada detak lalu biarkan dan kipas yang ringan saja.

Melihat posisi contoh di atas si pasien diberdirikan lalu tangannya direntangkan ke atas lalu disuruh sadar dengan bentakan yang keras hal ini berpotensi bahaya darah tidak bisa mengalir dengan lancar ke kepala yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Matakayuhanku

Penulis juga menghargai orang-orang yang ada di sekitar pasien sekitar kejadian bisa saja mereka merasakan menderitanya orang lain adalah kepedulian untuk membantu dan penulis atas nama bapak ini sebagai lakon utama cerita kali ini mengungkapkan banyak terima kasih dan respect atas tindakan kali ini yang dilakukan secara nyata dan spontan tak lepas perlakuan saat itu tapi itu sudah terjadi sebagai pembelajaran bersama.

Dan dari momen yang kita miliki itu seakan menjadi Kenangan dari baik buruknya serta manfaatnya karena masih banyak di luar sana petualang sepeda untuk mencapai makna yang berkesan juga Sudi melakukan hal-hal yang di luar nalar juga mengalami kejadian yang sama juga sering terjadi.

Baca juga di blog ini ;

Cerita terakhir hari ini.

Akhir kata dari penulis mengucapkan Alhamdulillah bapak ini sudah kembali sehat dan terlihat sedang olahraga menyapu halaman rumah pertanda kembali' normal sudah tidak lagi di pertanyakan.

Dan situasi sebagai pertanda dan seharusnya setiap komunitas yang ada juga harus berkolaborasi misalnya di adakan acara sesekali mengundang tenaga kesehatan untuk memberikan penyuluhan mengenai cara pemulihan kembali dari rasa letih dan pingsan saat menjalani olah raga itu saja cerita kali ini .

Selesai
Mei 2024.
Penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Edisi unggulan

Gowes Merdeka JFB 2024 Ring Merapi Merbabu.

Jogja' Folding Bike 2024. Untuk memperingati HUT RI kali ini kami memutuskan untuk merayakannya dengan cara yang berbeda dengan cara ber...