Bike clinik Pagi ini.
1_Sesi pertama.
Kata pengantar Soal Nganu ??.
Yuck,sinambi menyiapkan cemilan saya sempatkan berkisahku kemaren walau hanya bersepeda seputar jogja saja.
Yuck,sinambi menyiapkan cemilan saya sempatkan berkisahku kemaren walau hanya bersepeda seputar jogja saja.
Tapi satu jarak dekat di dapat beribu huruf terurai dari seharian sudah berhasil membuat kisah ini.
Dan untuk berbagi dengan bahasan ini tercipta keterikatan dengan teman sepeda dalam menyimpan kisah kisah yang benar benar perlu termasuk kenangan mereka dalam berbagi denganku dan selebihnya coba di maksimalkan oleh nara sumber yang kompeten tentang apa itu ;
_Bike klinik pagi ini_.
Ternyata kalau pagi ini niat,mudahnya bisa tikum bareng di tugu jogja di hari minggu untuk pengingat ini itu nya dan mengetahui betapa mengerikan bila sinyal sinyal tubuh tidak segera di respon dengan cermat.
Ternyata kalau pagi ini niat,mudahnya bisa tikum bareng di tugu jogja di hari minggu untuk pengingat ini itu nya dan mengetahui betapa mengerikan bila sinyal sinyal tubuh tidak segera di respon dengan cermat.
Ataupun saatnya akan tiba waktunya sakit dan semoga insyaf termasuk insyaf dari dekat lagi yang namanya bersepeda .
Saat kebodohan karena merasa kapasitasnya dan intelektualnya seolah bisanya mengelabuhi atau bahkan terlalu beresolusi yang sudah keluar dari batas ke ilmuannya itu apalagi sudah tidak ingat umur.
Apakah kebodohan perlu di ruwat !!?
Atau bisa jadi kepandaian seakan menyeruak itu perlu tempat pelampiasan kepada teman temannya.
Maka di butuhkan ketepatan teknis berfikir sebelum benar benar di katakan nganu yang secara anu bisanya malah seperti orang yang suka berdiri di tepi jalan sambil orasi.
...Ting ting crit dewe koyo wong editan ra genah pikirnya.
Maaf .
Sekali lagi mengatakan kamu sudah menjadi nganu.....!!
Apalagi memperdebatkan yang merasa sakit atau orasi di mana mana bahwa si anu dalam tanda kutip.
Itu telah ini itu untuk bersepeda yang benar salahnya dan yang merasa paling master,suhu dari pesepeda lainnya.
Atau memamerkan kisahnya di tepi jalan atau sudah gila beneran maksud nya .......gila sepedaan.
Tapi cukup melalui sebuah kisah klasik akan mewakili ketersombongan ini untuk di tampilkan agar semua orang bisa merespon dan memahami sebagai kisah abadi sepanjang masa dari sisa umur untuk di kenang saja.
Jadi.......!!.
Kalau memang tak berkenan tak usah melanjutkan membaca kisah ini karena sesederhana itu saja kok buat mengartikan kegilaan penulisnya mengartikan orang dan lingkungan para goweser ini.
2_Sesi kedua.
Bike City.
Kisah awal mulanya !!
Di minggu pertama bulan Desember 017 tepat pukul 07,00 mulai ikut bersepeda dengan teman fedjo menuju ke situs warung boto dan finish di pasar ngasem.
Di minggu pertama bulan Desember 017 tepat pukul 07,00 mulai ikut bersepeda dengan teman fedjo menuju ke situs warung boto dan finish di pasar ngasem.
Dan ....!!!.
Saat ini merupakan satu kesatuan wisata dari warung boto dari situs situs rekonstruksi sama halnya yang ada di tamansari .
Dan juga baru selesai di rekap menjadi tempat situs bangunan baru warung boto untuk wisata baru di jogja
Saat.....!!.
Saat.....!!.
Keadaan semalaman kurang bersahabat karena hujan deras tapi pagi ini matahari mulai genit menggoda rasa awan awan hitam itu menjauh sehingga terang mulai tampak menerangi setiap kayuhan pagi ini.
Bermula dari ide ......!!
Dan untuk acara gowes bareng terselip kisah bermakna agar terkondisikan menjadi aman,selamat dan sehat panjang umur itu bisa terwujud selamanya.
Maka adanya antusiasme pesepeda besi dan dari grup sebelah untuk berperan serta ikut meramaikan.
Dan menjadi menyeruak idealnya kali ini karena adanya ilmu yang terselip dari nara sumber PMI jogja.
Dan di wakili oleh sdr Septyadi Piyanta yang juga pekerja di pmi serta pelaku pesepeda berjarak dan pengiat cah playon di jogja.
Pembedanya seperti ini......!!!
Bukan .......!!
Untuk bersepeda terus berkeringat terus lalu balik pulang tetapi semakin lama membuat saling mengait dalam di alog interaksi menjadi acara hari ini semakin sebegitunya meriah.
Acara kali ini.....!!
Acara kali ini.....!!
Dan di arahkan secara nyata...... lalu tercontohkan untuk mencermati bila akan dan reaksi kepada si korban mengalami celaka di manapun ,kapanpun berdasarkan SOP yang benar saat mengalami musibah saat bersepeda .
Misalnya seperti contoh ini...... !?
Semula hanya terakbar semakin banyaknya korban jiwa ada yang sudah meninggal karena bersepeda
Dan di sebabkan ini itu yang melebihi batas kemampuan yang di sengko atau di paksa dari kerja organ tubuh yang mempengaruhi daya tahan tubuhnya.
Lalu di adakan acara FRc .....!!!
Lalu di adakan acara FRc .....!!!
FRC_ Fedjo Reaksi Cepat.
Bertindak nyata dengan mengadakan Bike klinik atas apa yang sudah menjadi musibah horor horor berkelanjutan ini.
Bertindak nyata dengan mengadakan Bike klinik atas apa yang sudah menjadi musibah horor horor berkelanjutan ini.
Lalu.......!!
Maka atas semua itu adanya FRc _fedjo reaksi cepat merespon adanya acara hari ini.
Atau .....!!
Dan reaksi ini sebagai perkata yaitu serambi sedia payung sebelum adanya koma akibat kecelakaan bersepeda.
Sebenarnya makna......!!
Dan dari bersepeda itu untuk sehat maka yang mendasar perlu kita ketahui hari ini
Apalagi ......!!
Dan untuk di munculkan di jaman Now...!?
Dan harus semakin bijaksana agar kita juga bisa naik kelas tambah pintar dalam melakukan aktifitasnya dan tambah ilmunya dalam memilih bersepeda secara baik dan benar itu saja.
Karena .....!!?
Saat baik dan benar relatif berbeda kapasitasnya dari setiap orang tetapi kebijaksanaan itu akan memberi cara pandang yang terlindungi keselamatannya oleh bumi dan langit.
Jadi, ....!!?
Dari kita semua untuk kita bisa memahami mengapa harus gabung di grup fedjo sesuai minat dan bakatnya yang mungkin saja di temukan.
Seperti yang bisa memberi masukan tentang kesehatan pesepeda dan di aplikasikan menjadi nyata seperti ini.
Misalnya dari apa yang di cari dari sekumpulan anak muda yang rata rata berpendidikan dan ada penasehat yang kompeten .
Tetapi kita bukan atlet pesepeda tapi seorang penikmat kebersamaan yang terdiri orang orang cerdas untuk saling menukar dan berbagi ilmu .
Seperti kalimat di bawah ini.....!!?
Dan dari yang muda sampai yang lebih bijak dalam berbagi maka......dst.
Bedanya para pesepeda yang tua dan yang muda.
_ "Bagi yang lebih muda memang lebih bersemangat bersepeda tetapi belum berkesempatan mendapatkannya karena terkadang lebih sulit di raihnya daripada prestasi......!!?
Karena disini ....!!? Kita bukan mengajarkan prestasi tetapi menikmati bersepeda kebersamaan yang baik dan benar .
Tapi semua ini.....!!?
Dari pilihan yang bijaksana seperti mengerti kapan harus berhenti bila sinyal tubuh mulai nganu dalam mengatur nafas dan menunggu redanya sinyal itu.
Dan kegembiraan penulis untuk berbagi kisahnya yang menyukseskan kebersamaan yang menyehatkan .
Dan akhirnya daya tangkap penulis menerima uraian dan di kisahkan kembali oleh tulisan dari gaya bahasa matakayuhanku ini cukup ini saja.
3,Sesi ke tiga,
Bike Clinic Fedjo,
Bike Clinic Fedjo,
Bila kita di hadapkan di situasional yang di haruskan bertindak di sekian menit .
Maka kita harus mengetahui dasar dasar P3K pertolongan pertama pada kecelakaan atau kesehatan bersepeda karena situasi itu harus terjadi atau memang tanpa perkiraan dari korbannya itu sendiri yang telah melewati batas maxsimal kemampuan yang di miliki.
Biasanya ......!!?
Dan kelelahan situasi itu timbul biasanya si korban sendiri yang peka.
Atau dari diri kita sendiri bisa mengingatkan untuk bisa berhenti beristirahat sejenak.
Tulisan ini tidak bermaksud untuk membuli teman yang lagi celaka tapi juga mengingatkan bagi kita semua yang suka beraktifitas sehari hari atau berhobi sepeda dan olah raga lainnya.
Tulisan ini tidak bermaksud untuk membuli teman yang lagi celaka tapi juga mengingatkan bagi kita semua yang suka beraktifitas sehari hari atau berhobi sepeda dan olah raga lainnya.
Karena ini menggambarkan aktifitas sepedaan itu sebenarnya menyenangkan dan menyehatkan tetapi jangan sampai malah menyesatkan itu malah menuju rumah sakit dan hilanglah kenangan bersama temannya saat mau mulai sepedaan lagi.
Dan akan berbagi kisah saat kita mulai bersepeda biasanya adanya perenggangan untuk elassitas otot otot kita .
Lalu saat bermula ngayuh juga otot juga perlu suplai oksigen yang cukup .
Atau tentang peredaran darah yang di pompa oleh jantung telah mulai memanaskan tubuh untuk bergerak secara elastisitas kerja tubuh.
Elastisitas bekerja .....!!?
Karena sinyal menjadi aktif menyebabkan kita harus mengetahui apa itu sinyal tubuh !?
Seperti contoh bila sudah terasa panas dingin dan sulit mengatur nafas maka sampai di sini kita untuk berhenti turun dari sepeda sekalian mengatur ritme tubuh bila sudah mulai berkunang kunang di atas kepala serta ada mual mau muntah maka langkah yang di lakukan !?.
Si korban bila mulai .....!!
1*Si pasien dengan pertolongan diri sendiri dengan turun dari sepeda .
Dan masih dalam kondisi berdiri menghadap sepeda dan tangan kanan kiri pegang sedel dan stang sepeda sambil posisi tubuh naik turun sambil nafas dengan hitungan satu sampai lima secara berlahan.
2*Atau merasa haus ya minum untuk menghindari dehidrasi cairan tubuh .
Dan butuh ketepatan bila sehat sangat di anjurkan tetapi dalam keadaan setengah sadar saat jantung menggelembung dag dig dug tidak di anjurkan di beri minum terlalu banyak karena bisa saja sebagian air mampir ke katup jantung menjadi berbahaya bagi si sakit,
3*Atau tanyakan pada ahlinya agar tak gelisah saat membaca kelanjutannya tentang kekurangan air atau dehidrasi .
Maka darah bekerjanya alon alon wathon gumpal seperti kenyal cendol dawet yang sedikit menutup urat aliran darah atau saya istilahkan seperti sedotan es yang habis kita minum itu suaranya srut srett karena tersumbat.
Maka kerja jantung menyedotnya akan bersuara dug dug seperti di tinggal pacar ....itu lhoo.
Atau dekat dengan seseorang yang terkasih dengan daya upaya akhirnya bersanding berpacaran di kursi berdua di berangin cahaya bulan menjadi....dunk ndek dunk syair gituh.
4*Kembali lagi bila sepedaan kondisi kurang fit langkah yang di ambil .
Dan coba minggir dari jalan dan kaki menginjak tanah dulu jangan langsung duduk atau bisa saja tiduran dengan posisi kaki di atas kepala ini agar sirkulasi darah atau dari kaki dipijat dengan arah ke jantung agar darah mengalir lancar.
5*Atau cara lain si sakit atau kita sendiri mengalami.
Maka tidur terlentang dengan kaki di posisi tanjakan dan kepala di turunan itu bisa saja dengan cara kaki di taruh di paha teman kita agar kepala lebih rendah dari kepala,
6*Bila mulai kurang sadar .
Maka pasien terlentang kan kemudian kita sebagai tim penolong dengan mendekatkan kepala kita di atas dada korban untuk langkah seperti Ldr yaitu lihat,dengar dan rasakan denyut jantungnya.
7*Kemudian bila pasien mau di pindahkan
Maka jangan mengangkat pasien jangan di otong otong karena bisa jadi pasien kena uraf syarat atau patah tulang maka di anjurkan untuk di terlentang kan dan kita jongkok seperti orang balapan lari sprint 100m.
Dan ada tambahan dua orang lagi dengan posisi yang sama di dekat kaki dan kepala .
Setelah itu di peluk lalu di angkat ke atas paha dari tim penolong tadi dan sebagai tumpuan untuk mulai ada aba aba mengangkat korban untuk di panggul kemudian di pindah ke posisi pasien ke mobil ambulan.
Lalu ......!!!!
Mengapa ketiga tim penolong mengangkat pasien dengan gerakan seperti di atas.
Lalu.....!!!
Bagi keselamatan pelaku penolong sendiri bagaimana ??
Dan ini di lakukan agar penolong itu merasa nyaman dan menghindari rasa sakit pinggang beban berat saat mengangkat korban.
8*Dan jika sinyal keduten ke tokmen sitik tidak separah praduga kita .
Maka mengurangi kecepatannya laju sepeda saat di tanjakan serta jangan memaksakan diri atau bisa jadi kurang makan yaa mampir warung soto kambing muda biar tubuh terasa kemepyar padang dalane.....nyerrrrr.
9*Saat nyengir nyer keringat mulai mengenai baju atau kaos .
Maka segera di ganti atau di peras agar air keringat tidak menyebabkan sakit masuk angin dan menghambat angin mengenai tubuh kita.
10*Gantilah keringat dengan minuman yang cukup takarannya.
Di lakukan agar mulut tidak terasa kering dan badan terasa panas kembali normal suhu badannya.
Lalu !?.
Saya hanya bisa mengelus dodo sambil ngomong dewe !?
Saya hanya bisa mengelus dodo sambil ngomong dewe !?
Gek kae sangune piro kok duwet di bakarin nek setiap mandeg ngepit atau membul mbull ada perokok aktif di sekelilingmu.
Karena saya sendiri juga perokok wes piye meneh tapi tidak sejahat mereka dalam mengatur polanya yang makbullll saat berhenti bersepeda mengulangi merokok lagi.
Atau misalnya saat bersepeda jangan sinambi merokok atau saat megap megap habis berhenti langsung mencari rokok.
Tapi sebaiknya si mulut di basuh dengan air minum dengan sedikit manis supaya lalu lintas udara dan asap rokok di rongga hidung itu lebih longgar dan tak gersang .
Nah seperti padang ilalang yang tandus kembali bersemi hijau itu terasa nyaman untuk istirahat.....iya Khan.
Sedangkan saya .....!!
Seseorang hanyalah perokok pasif yang suka ikut serta dan yang juga perokok setelah sampai finish saja dan paling dua batang saja tanpa adanya jeda kayak sepur kereta yang mballl mbulll atau orang menyebutnya pesepeda ;
_ Pit~Bul ngepit karo ngebulll.
11*Misalnya yang biasa sering mengalami kram .
11*Misalnya yang biasa sering mengalami kram .
Maka di anjurkan .....!!
Dari dalam tubuh anda untuk minum vitamin atau obat sangobion yang ada b kompleknya sebelum bersepeda pagi harinya.
Dan......!!.
Dan......!!.
Aghirnya hanya ini kutipan penulis dari nara sumber dan daya tanggap tentang sebab akibat pertolongan diri atau orang di sekitar kita saat bersepeda.
Dan .......!!.
Anda bila sudah menjadi pembawaan riwayat gejala jantung,stroke atau epilepsi untuk bersikeras lebih mengenal bersepeda yang aman agar tidak meresahkan dan merepotkan mantannya di perjalanan anda.
Karena serangan jantung tetap pembunuh utama dalam bersepeda
Dan di khususkan dengan bike klinik ali ini bisa kita pahami untuk sinau bareng sebelum korban jatuh kembali bertubi tubi seperti ;
_Di masa kini dan bagi diri sendiri .
Dan......!!.
Bagaimana agar mengetahui sinyal tubuh kita kelola menjadi terkendali.
Agar tidak melebihi batas normal apalagi melawannya dengan Nganu !?
Agar tidak melebihi batas normal apalagi melawannya dengan Nganu !?
Seperti mulai rasa saling mengejek satu dengan lainnya atau panas panasan pas di tanjakan,ngebut ngebutan supaya ndak malu dan gengsi sama teman teman gowes lainnya semoga semakin di kurangi demi menjaga kesehatan dan keselamatan.
Dan sekali lagi kita ini bukan atlet tetapi seorang penikmat......itu saja.
Sekali lagi dan terakhir kalinya......!!
Penulis berpesan kepada anda pembaca tulisan ini !!?
Dan Inga Ingat jangan lupa dari hal hal mendasar tentang pengamanan bersepeda gunakan helm di kepala.
Saat S O P di atas dari saran teman yang lebih paham dari tanda tanda sinyal sinyal tubuh di manapun dan kapanpun kita tertuju harus tetap di ingat dan di jaga.
Saat S O P di atas dari saran teman yang lebih paham dari tanda tanda sinyal sinyal tubuh di manapun dan kapanpun kita tertuju harus tetap di ingat dan di jaga.
Karena tujuan segera bersepeda itu mencari sehat bukan mencari sakit.
Salam sehat melalui Bike clinik untuk semua penghobi sepeda.
Selesai.