Sabtu, 28 April 2018

Gowes Jogja - Wonosobo lalu louding ke Dieng episode 01.

Test rute gowes Jogja Wonosobo pulang pergi di lanjut loading ke puncak Dieng.

Dari sebuah kisah perjalanan yang termulai hari ini dengan bike alone.

Saat dari keinginan lama kelamaan mungkin akan basi kalau tidak bersegera di lakukan.
Di saat tersaat terus ini di salurkan dengan caraku seperti ini.

Maka inilah beberapa dari setengah jalanku dari berkayuhku di hari itu 
Dan satu lagi ada wisatanya jalan jalannya bersendiri saja di sekitar wisata di tempat itu :

Jejakku langkahku.

Rencana untuk hari ini :

*sabtu ke arah tujuan _;jogja - kertek wonosobo dengan nyepeda

*minggu ke arah tujuan _kertek dieng dengan di antar mobil untuk chek route posisi tanjakan dan jalan jalan kaki saja Menuju sekitaran wisata Dieng.

*senin ke arah tujuan _kertek wonosobo jogja dengan menggunakan moda sepeda lagi.

Disaat tempat yang baru bisa tercapai di area Dieng antara lain :
    1.Telagaa merdada
    2.Museum Candi gatotkaca,candi      arjuna.candi styaki.
    3.Cikidang.
    4.Telaga warna.
    5.Telaga pengilon.


Caraku.

Silahkan anda meratapi kesedihanku ini bila saya bercara seperti ini untuk bersepeda.

Karena juga sebuah karya seni yang saya sebut begitu di suatu perjalanan yang saya posting kepada pembaca setia blog saya ini.

Dan inilah caraku ber haha heeee huuua uuuu di rasa senangku di jalanan.

Serta TUHAN yang maha Esa telah merestui kembali ke Jogja dengan lancar jaya ini .

Sedangkan saya bersambut hanya menyajikan seni pertunjukan foto yang mungkin pembaca like atau comentari itulah hak anda para pembaca blog ini.



Medan jejakku.
Kontur jalur yang mengesankan.....!?
Seperti jalan naik turun daerah sapuran seperti namplekin wajahku kiri kanan dan naik turun.
Di saat berangkat seperti itulah trek aspalnya

Dan........!!?
Pulang dari 1/3 silentho arah lurus menuju turunan sampai alun alun purworejo,wates dan kembali ke jogja lagi



















Harapan baru menuju jogja wonosobo Dieng PP adalah tujuan arah selanjutnya adalah mimpiku .

Saat di impikan saat sebelum aku berangkat touring jamnas sepeda federal ke bukit Dohoo kota Kediri.
Belum sempat terlaksana dan bisa jadi kenyataan ke arah _Dieng dengan sepedanya_

Mungkin......!!!?
Dan kapan akan terwujut itu kapan lagi ....???

Entahlah ke Dieng........!!!
Kesini lagi dengan menggunakan sepeda itu apa akan menjadi nyata....!!!


Selesai.
Salam lestari.
@cuslagi.

Kamis, 29 Maret 2018

PANTAI WATU KODHOK .

Di saat habis sholat idul fitri 1436 H ada ceritera silahturahmi yang berbeda untuk saat ini....!!.

Untuk melihat apalagi bisa membuat pembeda dari hari hari yang lalu.

Dan hari ini di hari lebaran di ajak pergi gowes touring ke gunung kidul dengan suasananya di hari pertama yang masih fitri ini.

Dan di perjalanan saat jalanan di hiasi macet plat mobil mobil luar kota yang keluaran terbaru itu seakan di istilah mereka lagi mudik adalah perilaku kangen silahturahmi kepada terkasih di kampungnya .

Tapi inilah kisah kemana di mana mudiknya...!!?.

Tapi malah di nikmati dengan wisata sepeda touring ke pantai Wonosari di lingkungan ;

OCEAN OF LIFE indonesia.
Terletak di daerah Tanjung sari desa Kemadang gunung kidul.

Dan di sini telah terbentuk wisata baru yang di namai wisata watu kodok.

Di perkenalkan tempat ini sekitar tahun 2009 dan mulai aktif di tahub 2015 ini.

Pantai ini terbentang antara pantai Baron sampai pantai Krakal.
Lalu di tengahnya ada pantai Sepanjang dan Drini.

Lalu antaranya ada pantai Kodok yang merupakan hamparan pasir putih sepanjang 600 meter lebih.

Serta sudah di kembangkan berwawasan lingkungan wisata yang ada di lokasi itu .

Foto; keindahan pesisir pantai watu kodok.


Semenjak.
Dan pertama kali di buka sebagai jalan raya antara Baron krakal sepanjang 750 meter dengan lebar 4 meter itu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang menikmati kesuburan dan keindahan seputar jalan baru ini ada beberapa pantainya yang masih alami itu.

Sedangkan pengelolanya di kelola oleh kelompok pgpm warga setempat.

Kembali ke niat semula dan ternyata inilah perjalanan gowes untuk mendapatkan karya terindah jepretan foto fotonya 

Dan setelah melihat hasil nyata dari lelahku ternilai dan terbayar sudah mendapatkan suasana yang indahnya pantai kodok.

Tepat di hari Jumat,at.
Pencarian pagi ku di jam sepuluh pagi untuk menyisir jalan.

_PERGI _
Dari malioboro,bukit pathuk, landasan bandara pesawat gading ada lampu merah ke kanan arah  menuju arah sri getuk lalu ke pertigaan Trowono antara jalan lingkar playen_paliyan.

Dan menyusuri rute jalur setelah memasuki pintu gerbang pantai Baron belok ke kanan menyusuri arah Pantai indrayanti.

Dan tepat di bawah pos polisi ada jalan nanjak dan pertigaan lurus ke kukup ke arah timur arah pantai sepanjang  pantai watu kodok,pantai drini.

_PULANG_ .
Ke arah planjan, pertigaan trowono lurus ke panggang ,girisubo, pantai Bekah, Pantau parangtritis dan menuju malioboro kembali sekitaran jam enam sore hari.

Ini bukan Pilihan.
Pilihan saat ini ke pantai kodok karena masih alami,asri dan ada ceritera dari penduduk sekitar.

Di balik Kayuhan ada cerita warga setempat.

Dan yang ku temui katanya pernah terjadi sengketa karena ingin di kuasai oleh investor yang katanya menerima surat ke_kancingan dari Keraton jogja ini .

Foto; spanduk para pendemo terpampang nyata.


Dan. 
Dan daerah sekitar pantai ini memang milik keraton yang sudah di seblak oleh warga setempat menjadi lingkungan yang asri dan tertata rapi.

Yang pertama kalinya berupa ilalang ilalang tumbuhan di tepi pantai .
Lalu dengan peluh keringat tenaga warga sini bergotong royong.

Lalu dengan membuatnya menjadi berdaya guna dan termanfaatkan lagi sebagai tempat wisata baru lagi.

Serta dari bantuan berbagai Lsm untuk mengatur tata ruang dan kenyamanan wisatawan saat ada di sini.

Ataupun dari sisi mistisnya....!!?
Lalu mistisnya karena ada bongkahan batu karang yang sering di sebut _watu kodok.

Batu ini berada di dalam gua dan biasanya untuk ritual mencari berkah serta di keramatkan di bulan syura.

Foto ; rumah penduduk sekitar pantai .

              
Syair Jalanan.

Hari ini di pantai watu kodok
Dibatas pasir
Saat rebah
Nilai lelahku halangi kepuasan batin.

Dihiasi rumah mentari pagi
Aku berdiri disini
Waktu desiran ombak menempel di kakiku
Gemuruh ombak sadarkan sombongku.
Ajaklah aku wahai  bapak sang perkasa.
Seperti hari itu......!!

Ujung kaki sampai kepala jilati batinku.
Belahan karang sampai melelahkan mataku .
Biru laut di pasir putih
terhias aroma tepian pantai.

Dan aduhai.
Metha_pormoshis dan kehidupan tanaman serba organik suara erangan sapi,suara kodok,ular,tikus ,pertanian menjadi geliat menikmati suasana pinggiran pantai.

Ajakan terindahku dari mimpi mimpi alam Mu Bapak.
Ajaklah saya untuk kembali Remedy lagi....!

Kisah ku ini tulus setulus daun manis sremriwing dan pedas di tanam di kebun rumah teman gowes .
Dan setelah di coba di gigit olehku.

Pagi ini...!!.
Ada senja dan ada petang mengurai seharian disini.

Seperti mata kamera.
Melihat dan memandang alam Ciptaan Tuhan.

Tercipta daya seni dan indahnya alam cipta sang kuasa di tempat ini.

Foto ; jamuan pagi dari penduduk sekitar pantai.


Syair Menyeru.
Apa yang terjadi di sini......!!
Wahai penguasa......aku berseru.

Kamu harus dengar suara ini
Suara dari laut biru ini.

Walau hidup adalah memberi arti
Tapi mereka tak mau di permainkan.

Dan mereka butuh.....!
Turunkan Titah....!.

Mereka akan Mengingatmu 
Menjadi manusia Setengahnya dewa.

Masalah mereka biar mereka cari sendiri.
Urus saja tanah ini.

Peraturan yang sehat yang mereka mau.
Tegakkan kebijakan hukum atas mereka.

Seadil adilnya pasti mereka mengangkat mu menjadi manusia setengah Dewa.

Wahai penguasa penguasa kamu harus dengar suara ini.

Foto ; lokasi pantai watu kodok.


Penutup.
Semoga akhir perjalanan kali ini.
Dari dan ke tempat itu menjadi bentuk penyiaran agar terdengar tentang nasib mereka yang ada di sini.

Semua ini agar kembali indah pada waktunya bagi semua warga sekitar pantai watu kodok.

Ataupun yang tergusur oleh peraturan dan mereka ingin bisa demo demo kan dari hak haknya di tempat yang jadi sengketa  ini.

Lalu di saat saya bersepeda ke area itu.
Ada kisah yang terdengar dan di perdengarkan lagi nantinya setidaknya ini kisah gowes saya yang penuh drama di perjalanan ada ibu ibu jatuh dari sepeda karena pakaian muslim menyangkut rantai motor.

Atau suara yang ingin di suarakan warga setempat adalah hiasan cerita gowes kali ini.

Tapi setidaknya saya berterima kasih kepada pak Yo dan mas mid yang telah mengajak saya gowes yang berbeda dari biasanya.

Semoga jalan petualangan kali ini menjadi pengingat kita pernah bertemu di tempat ini buat teman teman gowes yang Sudi bertempat tinggal di sini dan kita bisa menginap semalam di pantai ini dengan kenangan indah itu saja.

Terimakasih.

Salam Salim .
Untuk semua.

Selesai.
@cus2019.
                                  

Minggu, 18 Maret 2018

GOLEK SEGER SEGER KOPENG.

Gowes tekan wisata kopeng !!.
Waktu saya ikut acara longtrip kali ini bersama manteman wesi aji di hari minggu 4maret 2018 alhamdulillah terlaksana aman dan terkendali.

Foto pamflet ajakan untuk gowes bareng.

Star.
Di titik awal di ;
Depan candi Prambanan  di jam 07,00 wib.
_Lalu ke gedung serba guna kalimasada Senden klaten 
_Omah bakau 
_Patung sapi lembu sora Boyolali 
_ Patung kereta kuda Salatiga _Wisata Kopeng 
_Terminal Magelang
_Di mcc muntilan .

Dan kita mampir untuk sekedar makan malam yang amat istimewa ini sehingga memerlukan waktu tambahan istirahat .

Finish : Terminal Jombor Jogja di jam 22,30 waktu pulang kerumah masing masing.

Mulai Yuk.
Foto route perjalanan ini dimulai dari niat pagi ini untuk berusaha mengatur nafas untuk mengalirkan tenaga senyaman mungkin dalam menyingkapi atau kalau ada kekurangan di acara hari ini itu hanya sebuah kiasan dan biarlah menjadi kisah klasik yang patut di nikmati saja kenangannya.

Kalau sudah mulai orang pass wes lumrah ojok di gawe rumit nyinyir apalagi emosi untuk berlagak sok selalu kuat dengan keadaan longtrip kali ini.

Sek penting kita di sini di nikmati mencari sehat ,menjaga kebugaran tubuh dengan caranya di saat mendekati tanjakan ...... Lainnya di pikir keri.

Foto formasi Rc atau bidikan foto bung Noel yang bagus ini menjadi pilihan penulis karena tata letak barisan dan suasana bidikan juga bagus.

Atau cara pandang dari para peserta yang tidak bisa ikut saat ini atau apa yang ia yakini untuk ikut acara ini mereka menganggap grup ini orangnya kalau ngepit selalu mbanter terus.

Saya mencoba menggenahkan presepsi ini dan sebenarnya bukan banternya tapi yang berat di tanjakan dapat di carakke lakune .

Misalnya di tuntun tetapi terpenting melatih perubahan untuk menahan kesabaran sebagai peserta karena juga ada team penjaga barisan.

Misalnya saat gowes kali ini pesertanya melebihi jumlah perkiraan menjadi seratusan lebih peserta ini menjadi tugas berat dari barisan penjaga yaitu ;

Dari bagiannya meliputi ; Rc,Marshal,Swiper,Sopir loading dan sie konsumsi di jalanan semakin di uji atau menjadi pengalaman kedepannys yang berharga di kemudian hari.

FOTO kebersamaan Wesi Aji.

Ikut gabung gowes.
Atau saat saya ikut nimbrung di situ merasa ikut mendengar misalnya kalau longtrip seperti itu apa tidak capek bersepeda !?

Saya jawab sekenanya saja misalnya di tanjakan ngak kuat ya di tuntun atau kalau lemas ya di loading atau istirahat di warung sambil makan minum untuk istirahat sebentar.

Bisa saja orang orang yang proaktip hanya sekedar berkomentar seperti sak karepe dewe.
Dari ini itu agar tidak semakin liar dan mengeluarkan kejutan kejutan yang baru lagi sehingga kita sulit menjawabnya.

Bila saya ngoyo menjawabnya saya juga kapasitasnya sebagai pelengkap barisan serta bagi saya sendiri juga akan merusak konsentrasi mereka untuk tetap bersepeda lagi.

Terkadang saat sulit pikiran dan sulit memulihkan tenaga seperti ini kita butuh campur tangan Tuhan agar semua bisa lancar dan kesadaran diri selalu mengalir dengan sehat serta tujuan kali ini untuk mencari seger seger ini juga menyegarkan niatan setelah menjalankan sholat dan bisa menyederhanakan kebahagiaan saya di jalanan lagi .

Foto hijaunya pedesaan dan selanjutnya bukan saja ngepit mbanter ,cepat ,roso,tetapi tetap focus untuk saling komonikasi yang terjalin erat agar keberuntungan selalu hadir di setiap kayuhan kali ini.

Ke Gunung lagi.
Saya bertanya kepada diri ini kenapa ke gunung lagi untuk di lewati dengan sepeda padahal itu melelahkan dan kenapa harus kembali lagi?

Karena di gunung ada titik titik romantisme yang tersimpan di alam fikiran peserta longtrip kali ini atau di dalam buku kenangan saya.

Foto aksi di lembu sora Boyolali .

Dan rasa itu akan muncul karena ada yang baru lagi dan lagi seperti saya lakukan di ring of merapi satu masih terkenang bau kentut sapi di setiap tanjakan menuju puncak ketep itu menjadi rasa penasaran.

Atau saat ini di ring of merapi merbabu masih tersisa kenangan yang belum kesampaian untuk di coba lagi di lain waktu yaitu belum sempat berswa foto karena begitu berkonsentrasi di jalanan.

Atau apalah apalah seperti tempat ini misalnya di rumah daun teh di klaten ....atau di kereta kuda salatiga.

Atau saat setelah makan siang di jalan pasar ampel boyolali di jam 13,00 kondisi masih hujan deras kita memaksakan diri mengayuh ke depan sana.

Walau dengan mantol plastik seadanya sampai tugu selamat datang wisata kopeng saya mulai melepas mantol ini dengan rasa menggigil oleh udara pegunungan di saat itu.

Ataupun tidak menemukan pedagang sayuran yang segar segar itu di jalanan pas melewati gunung merapi dan merbabu.
Dan sekedar untuk di beli lalu di taruh di keranjang sepeda hijauku itu.

Dan mungkin akan jadi lengkap sudah dari tujuan gowes kali ini untuk....
Judul gowes kali ini ;
Kulakan kobis di kopeng menjadi lengkap kisah klasiknya.
Dan dari kenangan album foto yang asyik pada waktunya.

Penutup .
Saat semua pertanyaan seperti aghir kisah yang selalu ada ini itunya akan hadir di sebuah perjalanan dan perlu jawaban yang pasti.

Semua itu selalu mendorong kapan lagi untuk kembali melakukan perjalanan ulang mencari jawaban jawaban dari hal hal sepele itu menjadi bumbu bumbu perjalanan.

Foto perjalanan dan apakah saya berlebihan bila saya mengoreksi sebuah perjalanan kali ini ?

Tentu saja tidak jika kita mau dan semua ini sebagai koreksi untuk memulai dari langkah langkah kecil yaitu sabar sesaat dalam kebersamaan itu saja ini sebagai aghir kata dari penulis kali ini.

Foto selalu di dampingi mobil penyapu di belakang peserta.

Salam salim wesi aji.
Penulis.
Selesai.
@cuslagi.

Senin, 19 Februari 2018

Mtbfi 9th

Sebut saja kata Olla.
Semoga kisah klasik kali ini terus menemukan orang orang untuk tetap ingin bersepeda untuk di pinang menjadi ElL_Kapiten _ yang cocok karena jelas berbeda dengan lupa caranya dan terpaksa harus bersepeda lagi.

O,iya acara 
Mtbfi 9th ...!!
Apa gara gara mau memasuki gelaran akbar jamnas membuat kita terbangun dari mimpi untuk bersegera merestorasi sepeda federal untuk bertemu kembali denganmu lagi.

Atau kisah kisah di jamnas sebelumnya masih terkenang dan kembali meluaskan keikhlasan yang kita kembali tunjukkan wajah bahagiaku untukmu dan kita semuanya.

Semoga kita bisa bertemu kembali di jamnas ke empat di tahun ini.

Foto Tf januari 2018.



Sudah,Om_
Nanti kangennya masih beberapa bulan ke depan karena penulis ini bukanya sosok yang perlu di angkat menjadi ujung keonaran di jamnas#4 nanti karena penulis sadar sama sekali tidak bisa mengisnpirasi orang lain.

Dan terkadang mengeluarkan kebijakan di luar pakem serta akan membahayakan karena sering ngis_ruh suasana bersepeda apalagi yang kurang kuat iman bersepeda jauh malah bikin baper...nah !?


Di sini .....!
Saya penulis mungkin paling Olla_la di antara man teman pesepeda federal atau pada menunjuk tangan kepada penulis untuk sungkem karena merasa nga_nu !!

Karena saya di anggap pesepeda yang mempunyai nama depan tambahan jadi suhu atau master pesepeda berjarak.

Atau karena seharusnya saya yang harus sungkem kepada beliau atau mereka yang bisa menguatkan niatan saya dengan tulus ikhlas itu saya anggap sudah cukup.

Bisa jadi nanti saya bisa besar kepala padahal tubuh ini begitu kurus itu bisa jadi malah kabur di jalanan kayak melambai lambai.

Dan semoga nantinya bila kayuhan ini bisa jadi aman dan lancar !!

Sedangkan di dunia komunitas sepeda saya kalah jauh di pamornya.

Dan beliau beliau itu lebih militan dalam membangun sebuah komunitas sepeda federal.

Karena mereka ini juga beda cara dengan saya karena ia belum pernah menikmati setengahnya jamnas.

Apalagi memberi oleh oleh cerita perjalanan bersepeda di sebuah komunitasnya.

Setidaknya setiap orang punya peran yang berbeda beda.


Tapi.....!!
Saat saya kali ini hanya mencoba mendengarkan kilas balik mereka para penggiat sepeda federal di sebuah kisah kisah sebelum saya ada bersama mereka ini di federal.

Atau menjadi bagian komunitas pit_federal ini dan kembali saya kisahkan kepada pembaca setia saya di blog ini.


Dan inillah kisahnya....!!
Penggambaran di masa lalu sebagai awal mula di suatu aktifitas bersepeda saat itu karena penulis belum bisa ikut dengan caranya mereka ini bersepeda maka hanya menjadi pendengar yang baik untuk saat ini.

Foto simbolisasi dari grup sepeda wesi aji ke fedjo dengan memberi cinderamata.




Awal mula.
Seperti mengumpulkan balungan besi karatan dari gudang atau bengkel rosok di pinggir jalan.

Dan ada juga yang lewat membawa sepeda federal maka di pepet terus kayak mengintrogasi yang punya sepeda .....!!

Saat itu menjadi kisah sepeda ini seakan menjadi golek atau di cari dan kadang di open atau di pelihara lebih dari satu sepeda oleh penikmatnya.

Seperti kisah ini yang kembali saya kisahkan seperti ini ;

Pada suatu hari ada sepeda yang di tawarkan ke tukang bangunan karena lagi benahi rumahnya yang sedikit perbaikan itu.

_Di mulai dari yang punya sepeda itu secara tulus iklas sepeda itu rela di berikan untuk transportasi kesehariannya bapak tukang bangunan itu.

_Tetapi kok malah di cuek,in saja oleh bapak tukang itu.

Padahal sek ngasih juga sempat nyumpai pit kok karatan,wes ora kangen ngingetin kalau bisa mengotori ruangan omah dan menyebarkan virus besi menyebabkan inspeksi kulit.

Atau yang menerima cenderung  ogah ogahan melupakannya saja tawaran baik memberi sepeda ke tukang bangunan itu dan kira kira lebih dari tiga mingguan.


Hingga suatu saat .....!!
Mungkin pemiliknya mendapat hidayah ...?
Saat seko pertapaan membuat ia yang saya sebut seorang teman bernama ; 
Ndoro Toni itu untuk segera merestorasi sepedanya menjadi layak pakai di saat itu.


Dan.....!!
Saat kini masanya berbeda..!!
Di saat sudah berkembang dari virus virus sepedanya sudah beranak pinak dari teman temannya di jalanan itu.

Dari sepeda tidak layak pakai
menjadi menggema di seluuh kota senusantara dalam menyukai sepeda sejenis ini.


Mungkin !!
Bila saja tukang bangunan itu jadi membawa sepeda itu mungkin.......!!?

Atau.....!!?
Sepeti yang ia kisahkan dari mulai di rumahnya sampai sepeda besi itu jadi golekan orang di mana mana saja.

Atau misalnya ...!?
Saat keluyuran di jalanan mereka ini sesekali bersepeda saat itu sina_mbi cling nak cing_nguk kalau kalau ada sepeda yang sejenis ngeloyor di jalanan yang ia lewati.


Di....!?
Saat mereka mulai bersandar di tepian jalan tugu jogja ia mulai berkenalan dengan seorang yang juga membawa sepeda yang sama maka terjadilah reaksi saling lirik ,senyum maka jadilah.....!! aku adalah kata lain dari sepeda federal.


Aku...!!
Sepeda federal,
Karena aku lahir dari kisah kasihmu bertemunya para penyuka sepeda federal itu menjadi ide awal yang sama sama membentuk .....!?

Dan lahirlah istilah istilah baru dari pemikiran beliau beliau ini dan menjadi cikal bakal sebuah Akun grup facebook Mtbfi Jogja.

Jadi lahirnya _Mtbfi_ini bermula dari cerita cerita sederhana seperti itu dari ide anak muda jogja.


Lalu....!!
Dan dari penyebutan akun ini karena semakin solid menyebar virusnya di seluruh kota di indonesia maka berdiri Mtbfi sebagai akun nasional.

Dan akun Facebook kota di niatkan untuk membuat baru yang di beri nama chapter kota.
Karena di Jogja maka di sebut chapter jogja yaitu fedjo.

Serta akun facebook di setiap kota lainya juga semakin bertumbuh ...!?
Karena seiring berjalanya waktu.....!!

Maka kouta akun facebook Mtbfi anggotanya semakin banyak lebih dari 1000 member anggota maka di buatkan akun baru mewakili kota kota yang ada di kota yang ada di indonesia.


Dan....!!
Lalu akun Mtbfi menjadi akun nasional sampai sekarang ini sudah menginjak tahun ke 9 seakan berjalan memberi warna warni kegiatan bersepeda.

Dan penyebutan mudahnya yaitu dari pembentukan induknya yaitu ; 1.Mtbfi sebagai induk nasional.

2.Chapter sebagai induk setiap daerah yang ada di setiap kota.
Semua ini seiring berjalannya waktu atau atas apresiasi man_teman dan kesepakatan bersama sama dari setiap wilayah chapter kota se_ nusantara.

Maka di tetapkan seperti itu karena semakin bertambahnya usia semakin bertambah anggotanya itu.


Perlakuan ....!!
Dari kisah awal mulanya...!?
Mereka pada waktu itu tidak putus asa untuk membuat....!!?

Berulang ulang dalam merekrut anggotanya di saat itu tidak ada satupun yang bisa ikut dan mau bersepeda menggunakan sepeda jenis federal.

Tetapi di niatkan mereka untuk bersepeda tidak luntur untuk lagi dan lagi untuk mengajak.

.........dan mungkin ada hidayah dari doa tukang bangunan rumahan tadi.....nah khan.


Lalu...!!?.
Gowes bareng pertama kali di adakan sebagai selebrasinya.

Di saat ....nogo di none mungkin lagi hari baik bisa bertemunya sekitar 11 orang untuk sepakat gowes bareng.

Dan di beri nama atau bertajuk ;
...... Bike camp di pantai Jatimalang.


Di lokasi ini .....!!.
Dan tidak terbilang jauh karena sebagai kisah _ awal fedjo minggat untuk pertama kalinya yang memakan waktu sekitar 2 hari itu terbilang sukses dan lancar.

Bermula dari sebuah ajakan minggat yang lebih ngawur itu...!!
Karena tanpa persiapan dan ide muncul spontan itu.

Atau yang belum mengenal standar bersepeda seperti halnya orang nekat minggat dari rumah seperti mak _semmmprulll ngacir untuk langsung pergi bersepeda.

Mereka !!
Kita sebut beliau ini seorang inspirator sepeda federal seperti; Ndan Bagas,Ndoro Toni,Mast,mas Supriyadi,Kak Yoga,Kak Andi dan mantan federalis lainnya.


Foto kilas balik fedjo di acara Eiger terban jogja


Di kisahkan lagi .....!!!
Yang diadakan di acara Eiger kali ini.

Saat kisah waktu itu ....!!
Katanya sepeda kak yoga paling necis pakai dasi ....!!

Atau sepeda ndoro toni yang masih ting srintil tas panir nya ....!!

Serta berangkatnya sudah niat betulan bila harus balik kiri atau malu bila harus balik jogja di saat gowes perdana ke jati malang di waktu itu.


Inilah awal mula....!!?.
Sebagai ajaran untuk membentuk passion dan sekalian untuk berkampanye dalam pembangkitan kembali sepeda merk federal.

Apalagi ada sosok pendiam....!!
Yaa_ itulah seseorang ini dari seorang ini telah lahirlah ide ide sampai sekarang ini.

Dan itu selalu bisa konsisten untuk tetap bersepeda dan di kenal sebagai master cycling yaitu lek Supriyadi plat ab
( tunggu kisah klasiknya papa supri di blog ini berikutnya ).

Selanjutnya.
Seakan hari hari semakin  berlanjut dan penyukanya semakin sadar akan ketangguhan serta kenyamanan sepeda besi jenis ini.



Foto bersama sebelum acara utama hari ini.


Kini dan nantinya.
Kini setelah ulang tahunnya yang ke 9mtbfi.....!!
Kita bersama sama di seluruh kota di indonesia merayakan bersama dengan cara untuk Tf (Tunjukkan federal mu ).

Dan semua di canangkan oleh ketua umum acara kali ini oleh Ndan Widhi nugroho dari Jakarta sana seakan bergema di lebih dari 29 kota se nusantara.


Dari Jogja.
Sedangkan di jogja sendiri di adakan Tf_ Fedjo yang di datangi oleh 90 orang yang saling menyusul dan bersemangat untuk berangkat dari bunderan Ugm di jam 07,45 wib.

Dari peserta ini seakan membuat barisan panjang menuju arah utara kota jogja ke lokasi Finish Tf di Bentang Pustaka di daerah Plemburan ring road utara Jogja yang berjarak sekitar sepuluh kilo dari titik tikum di bunderan ugm jogjakarta.


Sebelum dan akan ke....!!
Semula di hari sabtu malam minggu di mulai dari deretan kisah temu umrah mtbfi ini ada acara ;

1.Temu kangen fedjo yang bermula di jam 19,45 wib di Eiger Terban Yap Jogja dalam hajatan Weekend blast ( wb ).

Dimalam minggu.
Tujuan malam ini sebagai temu kangen dan mendengarkan kisah awal mula serta pengalaman di komunitas ini yang di wakili oleh ndoro Toni,lek supri,kak Yoga dan kak Ba,zoo.

Sedangkan acara kali ini di hibur live musik ,ngopi bareng dengan tambahan menu cemilan jajan pasar serta di akhiri pembagian dorprise kepada peserta yang beruntung.

Di saat acara selalu ada percikan turun hujan tetapi acara tetap berlanjut di emperan toko sampai aghir acara tepat di jam 22,00 wib saat peserta membubarkan diri.

Lalu setelah acara di tutup panitia kali ini.

Dari keistimewaan hujan yang awet di malam ini membuat kita masih ngeyup di sisi toko sambil guyonan itu di jam menunjukkan 23,30 wib  waktu kita membubarkan diri....!!


Karena besok .....!!
Di pagi di minggu pagi kita di haruskan berkumpul untuk menyambut Ultah Mtbfi ke 9 di bunderan Ugm jogja.


Foto kilas balik Fedjo dari waktu ke waktu oleh kakak kakak fedjo.


Pagi berikutnya.
Minggu pagi hari ini di jam 07,45 hujan mulai reda dan hanya bersisa air di pinggiran jalanan.
Tetapi semangat bersegera ikut Tf di bunderan Ugm tetap berlanjut.

Lalu dalam pagelaran akbar dengan host dari jauh yaitu dari kota Jakarta dia adalah mas Triyono Fou yang cukup meriah dan kocak.

Mtbfi Indonesia

Foto acara hari ini.

Di saat host memberi tempat kepada pelaku sejarah yaitu ndoro Toni dan kak Yoga itu memberi banyak kisah dan asal usul serta perkembangan komunitas Mtbfi ini hingga sebesar saat ini.

Apalagi ada pertanyaan misalnya mengapa komunitas ini tidak memiliki ketua ?

Mudahnya saja karena semua mempunyai kewajiban yang sama dalam membangun kebersamaan dan bila ada suatu acara di masing masing chapter maka di tunjuk ketua acara atau regu yang berjuluk El_kapiten untuk mengerahkan anggotanya bergerak maju.

Seperti ultah kali ini chapter fedjo menunjuk Iwan kurniawan sebagai El_kapiten yang bertugas semacam ketua regu merangkap E_O event Organizer memimpin rombongan Tf fedjo.


Atau....!!
Pada Tf sebelumnya seperti fedjo mencari baju Zirah di gunung merapi tepatnya di kaliadem terpilih El kapiten Eko legowo.

Atau....!!
Pada tf tf sebelumnya kita mengenal Fathur rozi,Latief Bachtiar,Aziz dan masih banyak lagi terlibat di setiap acara fedjo.

Atau yang terus saja memilih El_capiten di event berikutnya.

Bahkan di tf 2017 seperti Bike clinic juga kita mengenal kak Ba,zoo yang saat itu juga terlibat sebagai moderator dan bimbingan teknis tentang bike klinik (Bc ) yang di beri judul _Bawalah masalah sepedamu.

Sepeda federal Indonesia

Foto Elcapiten dan tuan rumah di acara ultah mtbfi.


Jika pada tf  ??.
Tf sebelumnya tema temu Bc adalah kahanan darurat naliko ngepit di bulan desember 2017

Dan ngepit golek baju Zirah fedjo januari 2018.
Maka tema Bc di acara ultah Mtbfi ke 9 ini adalah  _ Bike fithing Pannier _ .

Sebenarnya acara Tf ??
Dan akan selalu berkelanjutan dan berganti kisah dari Bc sebelumnya ini di isi oleh kak Andi mardianto serta di bantu kak Ba,zoo yang juga memberikan ilmunya tentang geometri sepeda besi ( Baca kisahnya kak Ba,zo lainnya di blog ini).


Kembali !!?
Ke bike fitting tentang pemasangan Pannier pada sepeda supaya nyaman dan aman di pakai di perjalanan.

Misalnya !!?
Menaruh beban paling berat di taruh paling bawah di posisi ke depan agar lebih simetris di posisi gerakan kita di atas sadel dan panier_nya itu.

Dan beban dalam pannier di buat seimbang saat di tata agar saat mengayuh ke depan sana bergerak stabil atau saat di medan tanjakan ternyata beda dengan jalan lurus.

Karena penempatan tas panier di depan (Fork depan ) lebih  berat akan membuat sepeda di tanjakan tidak jungkit atau ban naik keatas dikit saat jalan di tanjakan.


Kembali ke !!?
Kak Ba,zoo juga mengurai tentang pemakaian sedel dari kulit karena perjalanan jauh bersepeda harus di dukung oleh tempat duduk yang pas dan nyaman.

Misalnya sedel ....!!
Untuk jarak jauh di sarankan terbuat dari kulit karena lama kelamaan akan pas dengan morfologi tulang belakang saat duduk di setel sadel kulit.

Sedangkan yang memakai sedel elastis berbusa dengan durasi maka akan mengelupas anginnya itu dan menyatu dengan plastik setel sadel.

Atau menjadi keras di pantat sehingga akan menyiksa tulang pelakunya saat duduk di sadel.

Ataupun dengan bantuan celana sepeda juga akan membantu rasa nyaman.

Dan semua ini adalah saran pelaku untuk di persiapkan saat mau bersepeda secara bijaksana sesuai takaran ilmu dan kemampuan finansial pemakainya.

Dan di sebuah kisah....!!
Sebagai pengingat kita bahwa bersama kita bisa.

Atau karena beliau telah membuat awalan sejarah dalam membesarkan ....!!

Dan mengkampanyekan penggunaan sepeda besi bermerk federal asli buatan anak bangsa itu kembali di suarakan awal mulanya  dari Ndan Bagas triaji serta mantan teman se_seperjuangan di masa itu.

Dan ....!!
Di ajang Tf ini juga sebagai ajang silahturahmi antar chapter di seluruh indonesia yang di adakan setiap tahun akan memberikan ruang gerak berbeda dalam kebersamaan.

Mtbfi 9th
Foto terakhir pembubaran acara hari ini.

Akhirnya.....!!
Dari tulisan kisah klasik kali ini saya sebagai penulis juga mengucapkan kepada acara Mtbfi 9th ;

_Selamat untuk segala kreatifitas dan inovasinya membangun kebersamaan ini.

Harapannya kita masih menunggu Tf fedjo yang berbeda lagi di setiap kali bila bertemu kembali menjadi semakin guyup rukun bareng sak lawase.....itu saja.

      _Selamat MiLAD Mtbfi ke 9_

Semoga tahun depan kita dapat bertemu kembali dengan semangat baru lagi.

salam salim.

Selesai.
Mtbfi 9th.

Selasa, 02 Januari 2018

FRC_ Fedjo Reaksi Cepat.

Bike clinik Pagi ini.
1_Sesi pertama.
Kata pengantar Soal Nganu ??.
Yuck,sinambi menyiapkan cemilan saya sempatkan berkisahku kemaren walau hanya bersepeda seputar jogja saja.

Tapi satu jarak dekat di dapat beribu huruf terurai dari seharian sudah berhasil membuat kisah ini.

Dan untuk berbagi dengan bahasan ini tercipta keterikatan dengan teman sepeda dalam menyimpan kisah kisah yang benar benar perlu termasuk kenangan mereka dalam berbagi denganku dan selebihnya coba di maksimalkan oleh nara sumber yang kompeten tentang apa itu ;
_Bike klinik  pagi ini_.

Ternyata kalau pagi ini niat,mudahnya bisa tikum bareng di tugu jogja di hari minggu untuk pengingat ini itu nya dan mengetahui betapa mengerikan bila sinyal sinyal tubuh tidak segera di respon dengan cermat.

Ataupun saatnya akan tiba waktunya sakit dan semoga insyaf termasuk insyaf dari dekat lagi yang namanya bersepeda .

Saat kebodohan karena merasa kapasitasnya dan intelektualnya seolah bisanya mengelabuhi atau bahkan terlalu beresolusi yang sudah keluar dari batas ke ilmuannya itu apalagi sudah tidak ingat umur.

Apakah kebodohan perlu di ruwat !!?
Atau bisa jadi kepandaian seakan menyeruak itu perlu tempat pelampiasan kepada teman temannya.

Maka di butuhkan ketepatan teknis berfikir sebelum benar benar di katakan nganu yang secara anu bisanya malah seperti orang yang suka berdiri di tepi jalan sambil orasi.
 ...Ting ting crit dewe koyo wong editan ra genah pikirnya.

Maaf .
Sekali lagi mengatakan kamu sudah menjadi nganu.....!!
Apalagi memperdebatkan yang merasa sakit atau orasi di mana mana bahwa si anu dalam tanda kutip.
Itu telah ini itu untuk bersepeda yang benar salahnya dan yang merasa paling master,suhu dari pesepeda lainnya.

Atau memamerkan kisahnya di tepi jalan atau sudah gila beneran maksud nya .......gila sepedaan.

Tapi cukup melalui sebuah kisah klasik akan mewakili ketersombongan ini untuk di tampilkan agar semua orang bisa merespon dan memahami sebagai kisah abadi sepanjang masa dari sisa umur untuk di kenang saja.

Jadi.......!!.
Kalau memang tak berkenan tak usah melanjutkan membaca kisah ini karena sesederhana itu saja kok buat mengartikan kegilaan penulisnya mengartikan orang dan lingkungan para goweser ini.
               
2_Sesi kedua.
Bike City.
Kisah awal mulanya !!
Di minggu pertama bulan Desember 017 tepat pukul 07,00 mulai ikut bersepeda dengan teman fedjo menuju ke situs warung boto dan finish di pasar ngasem.

Dan ....!!!.
Saat ini merupakan satu kesatuan wisata dari warung boto dari situs situs rekonstruksi sama halnya yang ada di tamansari .
Dan juga baru selesai di rekap menjadi tempat situs bangunan baru warung boto untuk wisata baru di jogja

Saat.....!!.
Keadaan semalaman kurang bersahabat karena hujan deras tapi pagi ini matahari mulai genit menggoda rasa awan awan hitam itu menjauh sehingga terang mulai tampak menerangi setiap kayuhan pagi ini.

Bermula dari ide ......!!
Dan untuk acara gowes bareng terselip kisah bermakna agar terkondisikan menjadi aman,selamat dan sehat panjang umur itu bisa terwujud selamanya.

Maka adanya antusiasme pesepeda besi dan dari grup sebelah untuk berperan serta ikut meramaikan.

Dan menjadi menyeruak idealnya kali ini karena adanya ilmu yang terselip dari nara sumber PMI jogja.

Dan di wakili oleh sdr Septyadi Piyanta yang juga pekerja di pmi serta pelaku pesepeda berjarak dan pengiat cah playon di jogja.

Pembedanya seperti ini......!!!
Bukan .......!!
Untuk bersepeda terus berkeringat terus lalu balik pulang tetapi semakin lama membuat saling mengait dalam di alog interaksi menjadi acara hari ini semakin sebegitunya meriah.

Acara kali ini.....!!
Dan di arahkan secara nyata...... lalu tercontohkan untuk mencermati bila akan dan reaksi kepada si korban mengalami celaka di manapun ,kapanpun berdasarkan SOP yang benar saat mengalami musibah saat bersepeda .

Misalnya seperti contoh ini...... !? 
Semula hanya terakbar semakin banyaknya korban jiwa ada yang sudah meninggal karena bersepeda 

Dan di sebabkan ini itu yang melebihi batas kemampuan yang di sengko atau di paksa dari kerja organ tubuh yang mempengaruhi daya tahan tubuhnya.

Lalu di adakan acara FRc .....!!!
FRC_ Fedjo Reaksi Cepat.
Bertindak nyata dengan mengadakan Bike klinik atas apa yang sudah menjadi musibah horor horor berkelanjutan ini.
Lalu.......!!
Maka atas semua itu adanya FRc _fedjo reaksi cepat merespon adanya acara hari ini.

Atau .....!!
Dan reaksi ini sebagai perkata yaitu serambi sedia payung sebelum adanya  koma akibat kecelakaan bersepeda.

Sebenarnya makna......!!
Dan dari bersepeda itu untuk sehat maka yang mendasar perlu kita ketahui hari ini

Apalagi ......!!
Dan untuk di munculkan di jaman Now...!? 
Dan harus semakin bijaksana agar kita juga bisa naik kelas tambah pintar dalam melakukan aktifitasnya dan tambah ilmunya dalam memilih bersepeda secara baik dan benar itu saja.

Karena .....!!?
Saat baik dan benar relatif berbeda kapasitasnya dari setiap orang tetapi kebijaksanaan itu akan memberi cara pandang yang terlindungi keselamatannya oleh bumi dan langit.

Jadi, ....!!?
Dari kita semua untuk kita bisa memahami mengapa harus gabung di grup fedjo sesuai minat dan bakatnya yang mungkin saja di temukan.

Seperti yang bisa memberi masukan tentang kesehatan pesepeda dan di aplikasikan menjadi nyata seperti ini.

Misalnya dari apa yang di cari dari sekumpulan anak muda yang rata rata berpendidikan dan ada penasehat yang kompeten .
Tetapi kita bukan atlet pesepeda tapi seorang penikmat kebersamaan yang terdiri orang orang cerdas untuk saling menukar dan berbagi ilmu .

Seperti kalimat di bawah ini.....!!?
Dan dari yang muda sampai yang lebih bijak dalam berbagi maka......dst.

Bedanya para pesepeda yang tua dan yang muda.

_ "Bagi yang lebih muda memang lebih bersemangat bersepeda tetapi belum berkesempatan mendapatkannya karena terkadang lebih sulit di raihnya daripada prestasi......!!?

Karena disini ....!!? Kita bukan mengajarkan prestasi tetapi menikmati bersepeda kebersamaan yang baik dan benar .

Tapi semua ini.....!!?
Dari pilihan yang bijaksana seperti mengerti kapan harus berhenti bila sinyal tubuh mulai nganu dalam mengatur nafas dan menunggu redanya sinyal itu.
Dan kegembiraan penulis untuk berbagi kisahnya yang menyukseskan kebersamaan yang menyehatkan .
Dan akhirnya daya tangkap penulis menerima uraian dan di kisahkan kembali oleh tulisan dari gaya bahasa matakayuhanku ini cukup ini saja.
             
3,Sesi ke tiga,
Bike Clinic Fedjo,
Bila kita di hadapkan di situasional yang di haruskan bertindak di sekian menit .
Maka kita harus mengetahui dasar dasar P3K pertolongan pertama pada kecelakaan atau kesehatan bersepeda karena situasi itu harus terjadi atau memang tanpa perkiraan dari korbannya itu sendiri yang telah melewati batas maxsimal kemampuan yang di miliki.

Biasanya ......!!?
Dan kelelahan situasi itu timbul biasanya si korban sendiri yang peka.
Atau dari diri kita sendiri bisa mengingatkan untuk bisa berhenti beristirahat sejenak.
Tulisan ini tidak bermaksud untuk membuli teman yang lagi celaka tapi juga mengingatkan bagi kita semua yang suka beraktifitas sehari hari atau berhobi sepeda dan olah raga lainnya.

Karena ini menggambarkan aktifitas sepedaan itu sebenarnya menyenangkan dan menyehatkan tetapi jangan sampai malah menyesatkan itu malah menuju rumah sakit dan hilanglah kenangan bersama temannya saat mau mulai sepedaan lagi.

FRC_ Fedjo Reaksi Cepat.

Kita kita di sini .....!!?
Dan akan berbagi kisah saat kita mulai bersepeda biasanya adanya perenggangan untuk elassitas otot otot kita .

Lalu saat bermula ngayuh juga otot juga perlu suplai oksigen yang cukup .
Atau tentang peredaran darah yang di pompa oleh jantung telah mulai memanaskan tubuh untuk bergerak secara elastisitas kerja tubuh.

Elastisitas bekerja .....!!?
Karena sinyal menjadi aktif menyebabkan kita harus mengetahui apa itu sinyal tubuh !? 
Seperti contoh bila sudah terasa panas dingin dan sulit mengatur nafas maka sampai di sini kita untuk berhenti turun dari sepeda sekalian mengatur ritme tubuh bila sudah mulai berkunang kunang di atas kepala serta ada mual mau muntah maka langkah yang di lakukan !?.

Si korban bila mulai .....!!
1*Si pasien dengan pertolongan diri sendiri dengan turun dari sepeda .
Dan masih dalam kondisi berdiri menghadap sepeda dan tangan kanan kiri pegang sedel dan stang sepeda sambil posisi tubuh naik turun sambil nafas dengan hitungan satu sampai lima secara berlahan.

2*Atau merasa haus ya minum untuk menghindari dehidrasi cairan tubuh .
Dan butuh ketepatan bila sehat sangat di anjurkan tetapi dalam keadaan setengah sadar saat jantung menggelembung dag dig dug tidak di anjurkan di beri minum terlalu banyak karena bisa saja sebagian air mampir ke katup jantung menjadi berbahaya bagi si sakit,

3*Atau tanyakan pada ahlinya agar tak gelisah saat membaca kelanjutannya tentang kekurangan air atau dehidrasi .
Maka darah bekerjanya alon alon wathon gumpal seperti kenyal cendol dawet yang sedikit menutup urat aliran darah atau saya istilahkan seperti sedotan es yang habis kita minum itu suaranya srut srett karena tersumbat.
Maka kerja jantung menyedotnya akan bersuara dug dug seperti di tinggal pacar ....itu lhoo.

Atau dekat dengan seseorang yang terkasih dengan daya upaya akhirnya bersanding  berpacaran di kursi berdua di berangin cahaya bulan menjadi....dunk ndek dunk syair gituh.

4*Kembali lagi bila sepedaan kondisi kurang fit langkah yang di ambil .
Dan coba minggir dari jalan dan kaki menginjak tanah dulu jangan langsung duduk atau bisa saja tiduran dengan posisi kaki di atas kepala ini agar sirkulasi darah atau dari kaki dipijat dengan arah ke jantung agar darah mengalir lancar.

5*Atau cara lain si sakit atau kita sendiri mengalami.
Maka tidur terlentang dengan kaki di posisi tanjakan dan kepala di turunan itu bisa saja dengan cara kaki di taruh di paha teman kita agar kepala lebih rendah dari kepala,

6*Bila mulai kurang sadar .
Maka pasien terlentang kan kemudian kita sebagai tim penolong dengan mendekatkan kepala kita di atas dada korban untuk langkah seperti Ldr yaitu lihat,dengar dan rasakan denyut jantungnya.

7*Kemudian bila pasien mau di pindahkan 
Maka jangan mengangkat  pasien jangan di otong otong karena bisa jadi pasien kena uraf syarat atau patah tulang maka di anjurkan untuk di terlentang kan dan kita jongkok seperti orang balapan lari sprint 100m.

Dan ada tambahan dua orang lagi dengan posisi yang sama di dekat kaki dan kepala .

Setelah itu di peluk lalu di angkat ke atas paha dari tim penolong tadi dan sebagai tumpuan untuk mulai ada aba aba mengangkat korban untuk di panggul kemudian di pindah ke posisi pasien ke mobil ambulan.

Lalu ......!!!!
Mengapa ketiga tim penolong mengangkat pasien dengan gerakan seperti di atas.

Lalu.....!!!
Bagi keselamatan pelaku penolong sendiri bagaimana ??
Dan ini di lakukan agar penolong itu merasa nyaman dan menghindari rasa sakit pinggang beban berat saat mengangkat korban.

8*Dan jika sinyal keduten ke tokmen sitik tidak separah praduga kita .
Maka mengurangi kecepatannya laju sepeda saat di tanjakan serta jangan memaksakan diri atau bisa jadi kurang makan yaa mampir warung soto kambing muda biar tubuh terasa kemepyar padang dalane.....nyerrrrr.

9*Saat nyengir nyer keringat mulai mengenai baju atau kaos .
Maka segera di ganti atau di peras agar air keringat tidak menyebabkan sakit masuk angin dan menghambat angin mengenai tubuh kita.

10*Gantilah keringat dengan minuman yang cukup takarannya.
Di lakukan agar mulut tidak terasa kering dan badan terasa panas  kembali normal suhu badannya.

Lalu !?.
Saya hanya bisa mengelus dodo sambil ngomong dewe !? 
Gek kae sangune piro kok duwet di bakarin nek setiap mandeg ngepit atau membul mbull ada perokok aktif di sekelilingmu. 

Karena saya sendiri juga perokok wes piye meneh tapi tidak sejahat mereka dalam mengatur polanya yang makbullll saat berhenti bersepeda mengulangi merokok lagi.

Atau misalnya saat bersepeda jangan sinambi merokok atau saat megap megap habis berhenti langsung mencari rokok.

Tapi sebaiknya si mulut di basuh dengan air minum dengan sedikit manis supaya lalu lintas udara dan asap rokok di rongga hidung itu lebih longgar dan tak gersang .

Nah seperti padang ilalang yang tandus kembali bersemi hijau itu terasa nyaman untuk istirahat.....iya Khan.

Sedangkan saya .....!!
Seseorang hanyalah perokok pasif yang suka ikut serta dan yang juga perokok setelah sampai finish saja dan paling dua batang saja tanpa adanya jeda kayak sepur kereta yang mballl mbulll atau orang menyebutnya pesepeda ;
_ Pit~Bul ngepit karo ngebulll.

11*Misalnya yang biasa sering mengalami kram .
Maka di anjurkan .....!!
Dari dalam tubuh anda untuk minum vitamin atau obat sangobion yang ada b kompleknya sebelum bersepeda pagi harinya.

Dan......!!.
Aghirnya hanya ini kutipan penulis dari nara sumber dan daya tanggap tentang sebab akibat pertolongan diri atau orang di sekitar kita saat bersepeda.

Dan .......!!.
Anda bila sudah menjadi pembawaan riwayat gejala jantung,stroke atau epilepsi untuk bersikeras lebih mengenal bersepeda yang aman agar tidak meresahkan dan merepotkan mantannya di perjalanan anda.
Karena serangan jantung tetap pembunuh utama dalam bersepeda 

Dan di khususkan dengan bike klinik ali ini bisa kita pahami untuk sinau bareng sebelum korban jatuh kembali bertubi tubi seperti ;
_Di masa kini dan bagi diri sendiri .

Dan......!!.
Bagaimana agar mengetahui sinyal tubuh kita kelola menjadi terkendali.
Agar tidak melebihi batas normal apalagi melawannya dengan Nganu !? 

Seperti mulai rasa saling mengejek satu dengan lainnya atau panas panasan pas di tanjakan,ngebut ngebutan supaya ndak malu dan gengsi sama teman teman gowes lainnya semoga semakin di kurangi demi menjaga kesehatan dan keselamatan.

Dan sekali lagi kita ini bukan atlet tetapi seorang penikmat......itu saja.
Sekali lagi dan terakhir kalinya......!!

Penulis berpesan kepada anda pembaca tulisan ini !!?
Dan Inga Ingat jangan lupa dari hal hal mendasar tentang pengamanan bersepeda gunakan helm di kepala.

Saat S O P di atas dari saran teman yang lebih paham dari tanda tanda sinyal sinyal tubuh di manapun dan kapanpun kita tertuju harus tetap di ingat dan di jaga.
Karena tujuan segera bersepeda itu mencari sehat bukan mencari sakit.

Salam sehat melalui Bike clinik untuk semua penghobi sepeda.

Selesai.


Selasa, 31 Oktober 2017

GOWES RELIGIE.

Mesjid Agung Krapyak dan komplek makam Gunung Pring Muntilan Magelang.

Setiap kota memiliki ciri khas dan keunikan masing masing ,Begitu pula dengan kota magelang  yang begitu subur menghijau membuat terik matahari tidak menerikkan kita dalam berkisah untuk selalu datang berkunjung kembali.

Aku sudah lama selalu kangen ke kota ini dengan bersepeda di saat selo dan tak ada ingatan yang aku kerjakan dan kegirangan bila ada tempat tujuan yang belum pernah ku datangin dengan sepeda.
Dan ada kisah apalagi di balik sepedaan kali ini ?

Padahal berbagai informasi ajakan gowes tetap saja menjadi rayuan yang menggoda sebagai pilihan pilihan di hari libur .

Agh,seperti hari ini adalah pembatas dari kisah gowes sebelumnya dan hingga saat ini terasa tak mengenal lagi logika dalam melakoni apalagi menyangkut hubungan yang serius seperti gowes Religie saat ini.

Di mulai dengan mengeluarkan sepeda di jam 05,15 dari rumah seakan termulai kehidupan dengan cara kreatif di keseimbangan kehidupan lahir dan bathin.

Dan bila sudah di jalanan akan bertemu banyak orang yang punya ide dan idealnya akan muncul arah tujuan yang teringinni dengan canda tawa yang lepas bebas.

Seperti  mengurai nafas panjang yang masih sepi aroma debu jalanan dan deru kendaraan ini.
Apalagi gowes kali ini di beri label gowes religie dengan peserta berjumlah 29 jamaah bersepeda menuju arah utara kota jogja yaitu di Masjid agung Krapyak dan Komplek makam gunung Pring muntilan Magelang.

Asyiknya Tuh di sini.
Dalam mengalun kayuhan sepedaku terkadang di niatkan untuk selalu berdoa ,canda ria kalau menemukan sesuatu sebagai bahan candaan atau sambil berbisik pada diri sendiri ini terasa menjadi anak yang baik karena Baik itu Bike tentunya.


Saat kita tiba di Mesjid agung Krapyak di jam 09,30 waktu kita sandarkan sepeda ini secara teratur ,Kemudian mengeluarkan kain sarung dari dalam tas panier sepeda sambil melihat lihat setiap sudut dan sebelah sisinya ada sebidang tanah yang terisi Rumah pemakaman orang baik yang di ziarah oleh banyak orang secara bergantian.

Ini menggambarkan bahwa mereka yakin kebenaran tempat ini dan kesakralan dengan tradisi sowan ke makam dari apa yang mereka percayai dan Doa harapan terbaik bagi mereka kaum kesini ini.

Setelah sesaat kemudian beranjak membersihkan rasa dan raga dengan bersuci dari najis kecil dengan cara di basuh seperti permainan anak kecil seperti ini.

Dengan gerakan * Pok ame ame * kepala pundak lutut kaki menjadi gerakan raga di basuh satu persatu menurut tuntunan wudhu yang di tetapkan.

Kemudian masuk masjid menjadi harapan Doa kita yang di panjatkan dengan sholat dua rakaat untuk menghormati masjid dan kedua sholat berjamaah sholat taubat atas rasa dosa dosa selama ini serta harapan kita di kemudian hari kedepannya.

Cara bersepeda.
Suatu rencana akan sukses dan lancar apabila sudah di tetapkan tujuannya dari seminggu sebelumnya sebagai agenda berkelanjutan serta di perkirakan waktu dengan segala kesulitan yang ada.

Misalnya setiap perjalanan terasa mudah dan dekat bila di lakukan bersama sama dan jangan lupa bahagia 

Ataupun sudah menyerah bila ketemu jalanan menanjak menjadi ingin muntah dan bikin perut mules.

Itu baru katanya sebelum aku katakan bila gowes bersama sama akan terasa ngangenin bila pada akhirnya terbaca di papan media sosial untuk saling komentar Ting ting ...!?.

Asalkan ke depan sana masih di tunggu dari apapun nantinya yang lagi pada ....menguap sambil melet melet untuk tetap membaur serta melebur dalam kebersamaan .

Tapi yang terpenting asyiknya di dapat ,sehatnya terpenuhi dan segala upaya menuntun sak mampunya di jalani serta di lakoni dengan satu niat satu tujuan yang Seiman.


Sejatinya bersepeda adalah jalan panjang yang asyik bila di temani di sisi kita atau di temukan itu sudah cocok serta di berikan oleh seorang yang rela seiring sejalan untuk bisa menemukan sekelumit irama bersepeda yang seiya kayuh dalam passion sepedaan.

Di saat kata seiya kayuh ini membuat kita bisa bertahan di atas tempat duduk sepeda di tujuan yang di harapkan dan khususnya saat ini sebagai pembelajaran nyata di kehidupan yang harus hati hati sesuai aturan serta tatanan ajaran agama yang kita anut.

Jadi....!!
Misalnya ambil yang normalnya saja untuk melakukannya seperti yang tertinggal ya di tungguin ada yang rusak ya di bantu sebisanya.

Ada yang haus ya mampir  ke warung untuk minum sambil ngadem di dalam ruangan atau kalau lapar ya makan soto di warung parkiran di warung soto gunung Pring muntilan Magelang.

Haus....Lah.
Berhenti dulu !!? Teriak barisan sepeda di belakang kita ini.

Rupanya persediaan air sebagian dari kita mulai menipis menjadikan kita mampir sekalian menyenangkan awak untuk terkapar di sebuah emperan toko.

Saat sebagian air yang telah kita minum itu kini telah berubah menjadi butiran garam yang menempel di kulit kita ini.

Dan bila kita kekurangan air maka akan dehidrasi yang mengenai mata atau pengelihatan akan menjadi redup tak ada cahaya .

Dan kemana cahaya itu ?!! Apakah bintang bintang di atas kepala ini mau mencuri air dariku.

Atau bintang bintang itu seakan juga merasa haus dan perlu air.

Air kehidupan....Itu.
Seperti ini untuk mengingatkan dari apa yang teringat di setiap kayuhan sambil mengingat masa lalu itu rasanya berdosa untuk sebuah penyesalan ataupun berdamai dengan masa depan hanya rasa khawatir yang ada.

Lalu,Mengingatkan lagi saat aku di kuburan ini akan mengusik ingatan pada.
Dan kita terbuai di gotong peti lalu di masukkan tanah dan di tandai setelah seribu hari dengan batu nissan pada akhirnya.


Pada nyatanya hanya bisa bersyukur dari apa yang kita punya masih bisa hidup dengan kesehatan,kebersamaan seiman dan kesempurnaan hanya Milik Kuasa_Mu.

Itu membuat aku lebih banyak tersenyum ayem seperti hari ini di temani orang orang yang sholeh,rendah hati,sopan dan beriman kepada_Nya.
Dan untuk sekedar melaju ke lain tempat untuk sekedar mampir *minum*.

Dan apakah perlu di pertanyakan lagi kenapa harus kesini !!?
Atau pembaca terlalu menuntut ini itu atas keingintahuan dalam mengartikan pergi ke makam makam yang angker seperti ini.

Aku juga mengikuti proses seperti memakai air untuk bersuci dulu,mengenakan sarung ikut berdoa dan mendoakan seperti yang di wejangan tetua kami di gowes religi ini.

Ataupun sekedar mampir minum di air suci katanya yang di taruh airnya di dalam Gentong yang cukup besar ini membuat aku ingin segera minum,karena memang lagi Haus.

Seperti ini.
Makam itu juga menumbangkan yang hidup menjadi mayat dan melebur menjadi tanah di tempat mereka sendiri sendiri dan tak seorangpun sampai ke tanah Tuhannya,Kecuali tanah itu mendatanginya sebagai Takdir.


Mungkin.
Orang yang tidak percaya silahkan saja tapi aku tak pernah ragu mengakui tanah Tuntutan masa depannya akan datang kelak dan kembali seperti di depanku ini.
Dan mulai dari berproses lahir hidup atau mati yang bukan saja menakutkan kita namun juga paling membuat kita belum siap

Seperti ini.
Apakah kita nantinya akan menjadi zat yang wangi semerbak menjadi seorang yang baik untuk tuntunan umat seiman nantinya atau seperti makam makam di sini yang sering di katakan datang untuk Mendoakan Makam Orang Baik dalam gambaran mereka yang yakin untuk datang kesini.
Nah.......Itu saja sudah cukup.

Mampir Ngombe.
Inilah kisah bersepeda kali ini untuk berkunjung di mesjid yang di tua kan keberadaanya serta di makam makam yang katanya ada makam orang baik yang di katakan angker,kotor,menakutkan tetapi setelah masuk seakan mengesankan terasa nyaman dengan lantai keramik dengan ornamen rumah kecil di atas batu nisan dan di hiasi bacaan ayat suci di kaca kaca yang memutar di area makam.

Dan namanya air pastinya mengalir dari ujung ujungnya sampai jauh juga niatnya ada yang singgah di rumah ini dan ada juga di olah dan di jual belikan di indo_meret ini juga sama yang ada di gentong makam makam ini adanya.....
Sungguh.


Ataupun seperti di kata antara aku dan air saat ini....!!?.

Air...... !!?
Perkenalkan saya air kehidupan
Dan aku sudah lama ada di sini.

Atau sering berdekatan dengan orang orang yang percaya aku.

Bolehkah aku ikut denganmu, Celotehnya. ?!

Atau anda mau tinggal menginap di lingkup makam ini.

Karena di lingkup ini ada satu tempat untuk anda istirahat di ruangan pendopo makam ini.
Ucap air itu seraya say hellllo...dengan logat basa jawanya yang halus .

Lalu yang mendengarkan itu .....!!?
Yang masih bengong dari tadi.

Setidaknya !!?
Air ya tetap air bersih dan higenis yang bisa kita minum itu saja !!?

Lalu kamu itu Air kamu itu tak tahu diri.

Cukup satu ciduk beralih masuk ke sebuah botol ini.

Selanjutnya !!!!
Ada teman Gowes Religi berusaha menyadarkan temanya itu dari lamunan itu.

Dan menyentuh pundak  beberapa kali.
Lalu mengajak ber_ segera turun dari atas makam utama ini.

Dan....!!
Mulai terucap terucap padamu air
Awas kamu nanti air....!!?

Nanti air yang dari gentong itu,
Pasti Pass masuk di botol ini !!?

Lalu setelah itu.....!!!
Dan dari atas tempat duduk sepeda itu kan habis untuk ku minum.
Kamu .... Air gentong !!?

Lalu sang Air menjawab....!!?
Kamu haus,Ya....Bro !!

Penutup.
Waktu 6 jam yang telah di habiskan hari ini ternyata tak cukup banyak mengetahui kisah kisah wisata di muntilan magelang lainnya.

Tetapi untuk para penikmat bersepeda dari tulisan blog ini harapan dari penulis dapat menjadi referensi,inspirasi dan menghibur Saja karena kisah ini hanya sekedar hiburan saja jangan di anggap serius apalagi soal mistisnya di permasalahkan.

Dan nantikan selalu update dan kisah klasik berikutnya yang hanya di mata kayuhan ku.

Selesai.
@cuslagi.

Blog Edisi unggulan

Aku Bukan Rambo.

Aku manusia biasa bukan Rambo. Setiap kali aku mulai bersepeda terkadang aku bertemu dengan teman-teman di jalanan secara tiba-tiba dan oran...