Kamis, 23 Desember 2021

Manajemen Gowes eps : 01.

Memahami Pemikiran !!?.

Hari ini saya akan bercerita yang tidak biasa dan belum lama ini terjadi.

Saya orangnya skeptis kepada orang yang percaya pada cara bersepeda di tanjakan dan kepada orang yang selalu ketawa saat melihat orang lainnya yang selalu menuntun sepedanya di jalan menanjak 

Hal semacam ini tak berguna apalagi membuat saya terkesan sebuah penghinaan tentang daya upaya melemahkan mental dan kebersamaan saat bersepeda.

Sebenarnya sepanjang bersepeda saya yang tidak selalu sukses seperti orang lain namun saya tidak rendah diri,turun mental apalagi jok melipir balik kiri walau tidak peduli seberapa kerasnya saya berusaha.



Saat bersepeda saya ke beberapa kota saya bertemu banyak orang dengan beberapa tipe sepeda yang di pakainya.

Apalagi saat kita ini begitu lucu,konyol dan menakuti saat kita mengalami trouble sepeda di jalanan menjadi gambaran bahwa jam terbang seseorang akan menggambarkan rasa pedulinya kepada alam lingkungannya dan sesama pesepeda.

Namun semua itu tak lepas dari beberapa teman yang berjasa yang telah mengubah hidup ini semakin asyik di jalanan agar lancar,aman dan selamat di tujuannya.

Lalu yang kedua ...!!?.

Tahu Khan bagaimana otak ini mau mengingat sesuatu yang terjadi secara mendadak sehingga begitu kuat yang tidak di perkirakan daya ingatnya.

Apalagi saat di ejek di buli sehingga terpana untuk mengerahkan tenaga untuk melibas jalan menanjak itu ....!!?.

Lalu ingatan itu merespon lalu timbul persepsi harus ganti onde onde dari part sepeda seperti gir belakang,crank depan dan ban sepeda di perkecil ukuranya maka kita perlu membutuhkan biaya lagi untuk upgrade sepeda agar podo karo kancane dewe maka di situ akan terasa kalau otak itu mulai menolak lupa..... Lupa bagaimana sepeda ini harus di manajemen dan dengkul pelakunya harus di latih untuk membiasakan diri bersepeda dengan cara gowes bersendiri dulu.

Lalu.....!!?.

Melihat situasi ini wes kalah,salah tetep di salahke oponeh sek luweh benar malah di bully terus menerus pada akhirnya yang tidak kuat pada akhirnya semaunya sendiri istilah e ngak pakai manajemen.... Catat,ya !!?.

Saat semaunya sendiri itu ia menciptakan kebenaran versinya dirinya pada akhirnya orang yang sadar diri..... Sadar diri yaitu orang yang cukup segini saja gemesnya saat menanjak nggak perlu lah koyo ngepit e kae- kae !!?.

Apalagi yang pada sadar diri harus memakluminya sebagai porsi cukup sebagai pemaaf daripada malah ribut dan males kalau sudah berurusan dengan adu pikiran di jalanan malah nggak sampai sampai ke tujuan yang di tuju.

Padahal nek ketemu orang orang yang antagonis,nyentrik dan ruwet sebagai teman bersepeda .... Rasa rasanya pingin kalau ketemu orang seperti ini di induk saat di tanjakan terus di Vidio terus di posting sebagai gong_lalu di umbar n grup sepedanya agar di bully sebagai imbal balik perilakunya itu.

Toh ini perbuatan yang nggak pantas sama sekali sama saja kalau begitu kita jadi orang seperti perilakunya jadi nggak ada bedanya....maka asyiknya nek ketemu pengen ngajak dia nyosor ke warung soto ben ora seret pikirannya itu....betul nggak bro !!?.

Itu dulu ....!!.

Ketika saya belum rutin dengan grup yang lebih konsisten bersepeda sebagai hobi yang sama,seirama,sama frekwensi dan terpenting manut sesuai manajemen .....itu katanya mas bro !!?. 

Tapi sekarang sudah jadi pribadi yang tidak perlu di kenal atau terkenal sebagai ini itu karena sudah tidak jamannya menunjukkan ke populernya agar bisa di panggil suhu,master,sultan atau.....!!?.

Sekarang cukup dengan orang orang yang di sayang satu,dua,tiga,empat,lima,enam saja agar semua jadi praktis dan simpel agar bisa terus tidur pules tidurnya.

Lalu gimana !!?.

Gimana mau selaras wong kalau mau di ajak touring pasti nyebut ora Selo waktunya buat ini itu atau pas gowes menanjak nggak kuat maka harus menyediakan mobil loading agar lebih praktis ketimbang malah ini itu terus goyangan Grom byangan jadi ribut dan merepotkan situasi dari teman teman gowes_nya.

Jadi..... Nggak usah ribut cukup jaga situasi imun,iman dan umuk mu di media sosial kalau bisa di kurangi.

Semua itu agar terjaga lebih solider dengan dunia baru dan sosialita_mu lebih terjaga daripada menjaga soliter kepada teman temanmu yang tidak se iman membuatmu malah jadi ribut tiada akhir dan jadi ketularan kenthir awakmu ....loll !!.

Akhirnya 

Setidaknya pikiran negatip itu tidak akan pernah memberimu kehidupan bersama teman teman gowes_mu yang lebih baik.

Tapi tidak ada perjalanan dalam sebuah petualangan bersepeda tanpa mengalami rintangan dan terkadang kita lupa jika hidup ini adalah suatu proses yang memerlukan kesabaran.

Sabar melakukannya dengan slow respon guna mencari sehat agar hati ini senang.

Itu saja kisah kali ini dalam memahami manajemen gowes ala ala pemikiran yang takut gowes di tanjakan yang licin habis hujan kemaren sore 

Itu saja 

Selesai.

Desember 2021.

Sabtu, 18 Desember 2021

Kom Indrokilo Hill..

Tanding Duet Dedel Duel Akhir Tahun 2021 Kelas Kampungan.

Pagi ini : tanggal 18-12-21 pada jam 07,00 waktu acara balapan menanjak yang di beri judul dengan nama_ Duet dedel duel dari sebuah pertandingan rute tanjakan dari bawah ke atas yang berjarak 115 meter ke puncak wisata baru puncak indrokilo desa ngablak Bantul Jogjakarta.

Lalu kenapa hidup bagaikan air dan api saat ini !? Sedangkan lainnya mulai melihat keadaan di sini sudah ramai,padat penonton dan menyeluruh setiap sudut pada menyalakan hpnya.

Untuk mengabadikan momentum pagi ini dan berlomba lomba dengan time line yang mengibarkan semangat dan dukungannya serta berbagai komentar membuat goyang goyang dari postingan banyak orang di grup Facebook Jogja gowes mulai gemuruh di hari Sabtu pagi ini.

Entahlah ketika saya tak sempat bisa memberi waktu kepada logika ini saat ada adu duel ini ternyata begitu antusias di ikuti dan sebagai ajang silahturahmi antar peserta.

Mereka para penonton datang pagi pagi sambil membawa hp dan tak ingin ketinggalan momentum update terbaru mereka.

Dan mengapa kita tidak saling melihat kalau sistem manajemen acara seperti ini ; KOM KELAS KAMPUNGAN.

Ini juga ada pasar penggemarnya tersendiri yang haus akan hiburan yang menggelitik apalagi di kedatangan 2 idola dengan 2 kepribadian pelakunya karena keduanya bukan saja tempat orang membuatnya tertawa,menertawakan polah tingkahnya karena keduanya terbentuk dari media sosial Facebook.

Sebagai panutan dan yang terpenting ia punya kemauan menghibur banyak orang dari ketekunan kata kata urakan serta pengorbanan waktunya untuk hobinya sepedanya itu sampai bisa seperti sekarang ini .

Karena dukungan orang orang yang ia cintai dari apa yang ingin ia lakukan atau ada saja yang merasa terganggu dari acara bersosialisasi nya itu lalu pindah ke .....

Atau mungkin ia nggak ingat ada dagelan di puncak Indro kilo yang sering di plesetan namanya setelah ada acara dedel duel kali ini dengan 2 nama yaitu puncak ; Puncak Indro Warkop atau puncak tanjakan Nogo Ngolet.

Dan semangatnya untuk menambah rasa pase_duluran lan penggemar gowes Jogja yang tidak lesu.

Sebagai tujuan hiburan setiap minggu paginya yang selalu di tunggu tunggu kemana dan di mana gowes nya itu.

Saat khasanah penggowes di Jogja dadi tambah regang karena semua saat itu pada sembunyi di rumahnya saat pandemi covid 19.

Tapi kini mulai menggejala maka setelah ada panutan muncul mereka seperti spices laron laron keluar dari sarangnya.

Mulai terbang tinggi setinggi tempat ini yang semakin di viral kan oleh para pesepeda Jogja.

Dan semoga wisata indrokilo ini semakin di berdayakan oleh goweser jadi lebih maju lagi oleh kedatangan wisatawan pesepeda atau umum itu saja.

Sedangkan acara Deden duwel ini layak sebagai trigger pembangkit tempat ini.

Dan acara ini bisa buat HEPI HEPI dan mencari sehat sesama pelakon dan penonton goweser disini ben ilang kesel e saat menjalankan rutinitas setiap harinya bisa loss Strom di sini.

Kilas balik dari dulu pernah ada pepatah seperti ini * Sego Segawe * sepeda kanggo sekolah lan nyambot gawe.

Tapi sekarang buktinya dalam radius ratusan kilometer bersepeda tapi kalau pas bekerja malah memakai sepeda motor padahal jaraknya dekat sekali.

Toh bersepeda itu di lakukan sak tekan kalau kalau naik motor untuk bekerja waktunya biar sampai.

Maka di tentukan jam masuknya di jam 7,30 waktu datang absen masuk padahal jaraknya Maksimal hanya 20 km saja.

Lha..... Kalau naik sepeda saat tertentu saja tapi kalau untuk bekerja atau kebiasaan ya ribet apalagi bisa keringatan ....urusan waktu to mas bro !!? tapi inilah resiko namanya kesenangan bersepeda punya banyak cerita ...Ternyata bahagia itu sesederhana itu !!?.

Inilah  alasan mengapa Jogja asyik buat tersenyum.

Ngecek lho sek marahi kota JOGJA Ngangenin iso nyawang aneka ragam tujuan ke pantai,perbukitan, gunung kulinernya dan orang orangnya yang istimewa se istimewa pagi ini bisa sorak sorak,tertawa bersama.

Sehingga bisa tambah imun sehat semua jut iso tambah panjang umur ....iya iya kamu semua.

Ya....biarkan antara air dan api bertarung hari ini !!?.

Ini sekedar balapan suka suka sebagai hiburan atau istilahnya partai seperti melihat balapan sepeda liar.

Daripada acara berbayar seperti Kom Mangunan di Minggu sebelumnya seperti tulisan saya toh adanya balapan liar ini bisa menghibur dan mengingatkan kita pada acara ;

1.Tahun 2015 ada duel Sidiq vs Desi  menanjak ke Kaliurang dengan sepeda Onthel.

2.Tahun 2021 ada duel Bilal m vs Januari p atau dengan nama pasaran yaitu - Jersey kulit vs Black rider.

Saat itu dan kini keduanya sama sama pas lomba balapan di bulan Desember yang sama beda tahunnya seakan membuat tutup tahun ini bisa membuat hapi hapi semua orang .

Akhir kisah Sabtu pagi ini.

Ternyata pengalaman Jersey kulit dan pengalaman itu membuktikan kalau black rider bersemangat seperti bara api.

Dan ini pas sprint awalan jadi pas mau finish malah habis tenaga dan sebaliknya Jersey kulit awalanya di gowes santai maka saat finis lagi di sprint jadi bisa lolos sebagai juara saat ini. 

Nah.....kalau Jersey kulit memenangkan acara ini ...!? maka timbul pertanyaan mengapa black rider bisa kalah padahal semangatnya bagaikan api yang menyala nyala seperti wawancara di time line komunitas Jogja gowes.

Ia sempat berkilah tentang medan tanjakan cor semen karena cuaca yang habis hujan jadi jalan yang licin dan bannya jadi slip apalagi kurangnya bagaimana mengatur Manajemen......ya Manajemen !!?.

Ingat.....yang salah hujan dan manajemen lho mas bro !!? atau ada yang komentar di Facebook berucap _ lagi Iki black rider metre.

Makanya jadi goweser iku koyo sek paling ampuh dewe nek ngepit padahal Ono sek luweh ampuh.

Lho..... makanya Ojo gengsi nek Ra kuat Yo resah di Paksa maka sek utama keselamatan yang terpenting.

Jadi .... menurut orang yang berpengalaman menanjak sesuai kemampuan janganlah demi gengsi karena gengsi itu boleh saja tapi di tunjang dengan kemampuan dan latihan setiap ia sempat sesuai rutinitas Selo nya itu.

Seperti acara di hari Sabtu pagi ini penulis hanya sedikit berpesan sebagai penutup tulisan ini sebagai ingatan cuci otakmu itu ;

Buatlah orang di sekelilingmu senang bersepeda dan di sertai semangat,niat apalagi ..... !!.

Melihat dan di perlihatkan acara hari ini sebagai ajang adu kekuatan menanjak ini tapi anda sendiri juga harus bisa menghibur banyak orang.

Tapi lakukan dengan ikhlas,senang dan aman bagi pelakunya saat bersepeda itu saja sebagai pesan penutup tulisan ini.

Nb ; Sumber dari info Facebook komunitas Jogja gowes sebagai referensi tulisan ini.

Selesai.

Kamis, 11 November 2021

Reaksi cepat Tanggap Saat Bersepeda.

Acara kali ini.....!

Dan di arahkan secara nyata...... lalu dicontohkan untuk mencermati bila akan ada ;

Reaksi kepada si korban saat mengalami celaka di manapun,kapanpun berdasarkan SOP yang benar saat mengalami musibah saat bersepeda.


Misalnya seperti contoh ini ...... !? 
Semula hanya ter kabar semakin banyaknya korban yang jatuh sakit dan ada jiwa yang sudah meninggal karena bersepeda di jalanan.

Mata kayuhanku

Lalu tindakan kita seharusnya bagaimana !? 
Dan di sebabkan saat bersepeda ini itu yang melebihi batas kemampuan.

Dan yang di terlalu di sengko atau di paksa dari kerja organ organ tubuh yang mempengaruhi daya tahan tubuhnya sendiri.

Lalu di adakan acara bike klinik .....!!!
Bertindak nyata dengan mengadakan Bike clinic atas apa yang sudah menjadi musibah menjadi horor berkelanjutan ini.

Lalu.......!!
Maka atas semua itu adanya reaksi cepat merespon di adakan acara hari ini.
Atau .....!!
Dan reaksi ini sebagai perkata yaitu si nambi sedia payung sebelum adanya  koma akibat kecelakaan bersepeda.
Sebenarnya makna......!!
Dari bersepeda itu untuk sehat maka yang mendasar perlu kita ketahui hari ini yaitu bersepeda yang benar dan sehat.

Apalagi ......!!
Dan untuk di munculkan di jaman Now...!? 
Dan harus semakin bijaksana agar kita juga bisa naik kelas.

Dan dalam melakukan aktifitasnya dan tambah ilmunya semakin pintar dalam memilih bersepeda secara baik dan benar itu saja.

Karena .....!!?
Saat baik dan benar relatif berbeda kapasitasnya dari setiap orang tetapi kebijaksanaan itu akan memberi cara pandang yang terlindungi keselamatannya oleh bumi dan langit.

Reaksi Cepat dan memahami caranya.
Si korban bila mulai .....!!
1*Si pasien dengan pertolongan pada diri sendiri dengan turun dari sepeda.

Dan masih dalam kondisi berdiri menghadap sepeda dan tangan kanan kiri pegang sedel dan stang sepeda sambil posisi tubuh naik turun sambil nafas dengan hitungan satu sampai lima secara berlahan.

2*Atau merasa haus ya minum untuk menghindari dehidrasi  kekurangan cairan tubuh.

Dan butuh ketepatan sangat di anjurkan tetapi dalam keadaan setengah sadar saat jantung ber gelembung berdebar sebar itu.

Dan tidak di anjurkan di beri minum terlalu banyak karena bisa saja sebagian air mampir ke katup jantung menjadi berbahaya bagi si sakit,
3*Atau tanyakan pada ahlinya agar tak gelisah saat membaca kelanjutannya tentang kekurangan air atau dehidrasi...Ya mas bro ??.

Seperti aliran darah kekurangan cairan maka bekerjanya alon alon wathon gumpal seperti kenyal nya cendol dawet.

Dan yang sedikit menutup urat dari aliran darah atau saya istilahkan seperti sedotan es yang habis kita minum itu.

Saat suaranya srut srett karena tersumbat.
Maka kerja jantung menyedotnya akan bersuara dak dik seperti di tinggal pacar baru ....itu lhoo bro.

Atau dekat dengan seseorang yang terkasih dengan daya upaya.

Pada akhirnya bersanding  berpacaran di kursi pernikahan mengucap janji suci berdua di terang oleh cahaya bulan menjadi dunia ini milik mereka berdua....seakan jadi dak dik duk.

4*Kembali lagi bila sepedaan kondisi kurang fit langkah yang di ambil .

Dan coba minggir dari jalan dan kaki menginjak tanah dulu jangan langsung duduk.

Atau bisa saja tiduran dengan posisi kaki di atas kepala ini agar sirkulasi darah atau dari kaki dipijat dengan arah ke jantung agar darah mengalir lancar.

5*Atau cara lain si sakit atau kita sendiri mengalami.

Maka tidur terlentang dengan kaki di posisi tanjakan dan kepala di turunan itu bisa saja dengan cara kaki di taruh di paha teman kita agar kepala lebih rendah dari kepala,

6*Bila mulai kurang sadar.
Maka pasien di terlentang kan kemudian sebagai tim penolong dengan mendekatkan kepala kita di atas dada korban untuk langkah seperti Ldr; 

Yaitu lihat,dengar dan rasakan denyut jantungnya si korban.

7*Kemudian bila pasien mau di pindahkan 
Maka jangan mengangkat  pasien jangan di otong otong ??.

Karena bisa jadi pasien yang kena di daerah urat syarat atau patah tulang maka di anjurkan untuk terlentang kan dan kita jongkok seperti orang balapan lari sprint 100m.

Dan ada tambahan dua orang lagi dengan posisi yang sama di dekat kaki dan kepala .

Setelah itu di peluk lalu di angkat ke atas paha dari tim penolong tadi dan sebagai tumpuan untuk mulai.

Saat ada aba aba mengangkat korban untuk di panggul kemudian di pindah ke posisi pasien ke barak mobil ambulan.

Lalu ......!!!!
Mengapa ketiga tim penolong mengangkat pasien dengan gerakan seperti di atas.
Lalu.....!!!
Bagi keselamatan pelaku penolong kepada korban itu sendiri bagaimana ??
Dan ini di lakukan agar penolong dan si korban itu merasa nyaman dan menghindari rasa sakit pinggang dari beban berat saat penolong mengangkat korban.

8*Dan jika sinyal ke duten ke merasa sitik tidak separah praduga kita.

Maka mengurangi kecepatannya laju sepeda saat di tanjakan serta jangan memaksakan diri.

Atau bisa jadi kurang makan maka mampir warung soto kambing muda biar tubuh terasa keme pyar padang jalannya ....Ojo di paksa mas bro.

Karena ;
Kita memahami kondisi saja dari siapa kita ini hanya pesepeda bukan mengejar prestasi apalagi gengsi pamor.

Tetapi penulis menyebutnya sebagai penikmat jalanan itu lebih ayem tentrem dalam mencari sehat yang aman dan sehat di dapat.

9*Saat gowes tentunya ada keringat mulai mengenai baju atau kaos.

Maka segera di ganti atau di peras agar air keringat tidak menyebabkan sakit masuk angin dan menghambat angin mengenai tubuh kita.

10*Gantilah keringat dengan minuman yang cukup takarannya.

Di lakukan agar mulut tidak terasa kering dan badan terasa panas kini kembali normal suhu badannya.

Lalu contoh lainnya !?.
Saya hanya bisa ngelus dodo sambil ngomong dewe lihat situasi seperti ini !? 
Gek kae sangune piro kok duwe duwet di bakarin nek setiap mandeg ngepit pasti...!!?.

Lalu mulai asap rokok mulai mengepul kemana mana ada perokok aktip di sekelilingmu. 
Karena penulis sendiri juga perokok wes piye meneh.....!!?

Tapi tidak sejahat mereka dalam mengatur polanya yang mak bullll saat berhenti bersepeda selalu mengulangi merokok.

Perhatian !!
Di saat bersepeda jangan terus merokok atau saat lelah menahan nafas habis berhenti bersepeda jangan langsung mencari rokok untuk di hisap.

Tapi sebaiknya.....!!
Dari si mulut di basuh dengan air minum dengan sedikit manis supaya lalu lintas udara dan asap rokok di rongga hidung itu nantinya lebih longgar dan tak gersang di kerongkongan itu saja.

Nah seperti padang ilalang yang tandus kembali bersemi hijau itu terasa nyaman untuk istirahatnya asap asap mu....iya Khan mas bro.

Sedangkan saya .....!!
Bagi lainnya hanya seseorang  perokok nonpasif yang suka ikut  ikutan yang juga perokok tetapi ....!!?.

Setelah sampai finis saja dan paling satu batang saja tanpa adanya jeda untuk nambah lagi kayak sepur kereta yang mengepul terus atau orang menyebutnya pesepeda
_ Pit~Bul ; yang artinya ngepit karo ngebulll.

11*Misalnya yang biasa sering mengalami kram maka tindakannya seperti ini.
Maka di anjurkan .....!!
Dari dalam tubuh anda untuk minum vitamin atau obat sangobion yang ada B_ complek nya sebelum bersepeda pagi harinya.

Dan......!!.
Akhirnya hanya ini kutipan penulis dari nara sumber dan daya tanggap tentang sebab akibat pertolongan diri atau orang lain di sekitar kita saat bersepeda agar kita paham tindakan apa yang harus di lakukan itu saja.

Dan Perhatian lagi bro.......!!.
Anda bila sudah menjadi pembawaan riwayat gejala sakit jantung,stroke atau epilepsi maka untuk segera lebih mengenal bersepeda yang aman agar tidak meresahkan apalagi merepotkan temannya di perjalanan anda.
....... Karena serangan jantung tetap pembunuh utama dalam bersepeda.....
Dan di khususkan dengan bike clinik kali ini bisa kita pahami untuk bisa sinau bareng sebelum korban jatuh kembali bertubi tubi seperti ;
......_Di masa kini bagi diri sendiri dan orang lainnya .....

Dan......!!.
Bagaimana agar mengetahui sinyal tubuh kita kelola menjadi terkendali.
Agar tidak melebihi batas normal apalagi melawannya dengan demi gengsi nggak mau kalah.

Seperti mulai rasa saling mengejek satu dengan lainnya atau panas panasin pas di tanjakan,ngebut ngebutan.

Lalu untuk apa atau supaya ndak malu dan gengsi sama teman teman gowes lainnya semoga semakin di kurangi demi menjaga kesehatan dan keselamatan.

Dan sekali lagi kita ini bukan atlet tetapi seorang penikmat......itu saja.
Sekali lagi dan terakhir kalinya penulis ingatkan lagi.....!!

Penulis berpesan kepada anda pembaca tulisan ini !!?
Dan Inga Ingat jangan lupa dari hal hal mendasar tentang pengamanan bersepeda gunakan helm di kepala.
Saat harus memahami S O P dari saran teman di sebuah pertemuan bike clinik yang lebih paham situasinya dari tanda tanda sinyal sinyal tubuh.

Saat bisa di manapun dan kapanpun kita tertuju harus tetap di ingat dan di jaga.
Karena tujuan bersepeda itu mencari sehat bukan mencari sakit.

Salam sehat melalui Bike klinik untuk semua penghobi sepeda saat acara Reaksi cepat Tanggap Saat 

Salam 
Federal Indonesia.

Selesai.
Nb :
Versi saduran dengan judul FRC
Fedjo reaksi cepat.

Yang di adakan oleh instruktur PMI Jogja di laksanakan di Pasar Ngasem Jogja beberapa tahun lalu.

Semoga tulisan ini sebagai pengingat
Bagi para pesepeda.

Terimakasih.
Penulis.

Selasa, 26 Oktober 2021

Kom apa Com( eps 03 )

 Side ; 03.

Mungkin saja saya kurang memperhatikan maka jangan harap di perhatikan apalagi di media publik di konten internet itu kamu masuk kriteria yang semakin banyak  yang Anda ciptakan makin banyak pendapatan dengan nilainya juga semakin besar tak terbatas dari sponsor.

Apalagi bila banyak subscriber dan follower  yang mampir ke konten kamu lalu menjadi seorang influence yang mampu menjadi panutan.

Bisa jadi pesuka ini ada yang menyebar ke luar negeri menyebabkan waktu kamu harus bisa memilah secara fleksibel tidak saja soal bahasa pengantar harus kamu kuasai dan terus meningkatkan potensi konten itu dengan kreatifitas lebih global lagi.

Memulai menghibur diri dahulu.

Setelah kamu mencoba membuat konten cobalah dari diri sendiri apakah kata hati merasa cocok dan yakin ini adalah style anda inginkan lalu setelah memantapkan keyakinan masuk ke dunia baru dalam mendapatkan penghasilan  dari konten creator.

Lalu apakah yang di maksud konten atau conten creator itu ia adalah profesi untuk menciptakan konten di media di gital termasuk beberapa tulisan,Vidio,foto,suara dan kompilasi dari semua itu yang kemudian di jadikan suatu conten.

Sedangkan orang yang menciptakan konten creator di media di gital itu maka orang orang pesukanya akan menyebutnya sebagai titel baru yaitu seorang ; youtuber_selegram_influence_filmmaker.

Setidaknya tidak semua orang beruntung di media internet ada yang tersisih karena bosan seperti bingung cara menghasilkan uang dari conten yang mereka buat_ngsk punya alat multimedia yang lebih canggih lagi _Atau karena ngak punya pendamping yang lebih ngerti dan ngak punya koneksi menjangkau link link sponsor yang sesuai conten kamu yang bisa jadi conten kamu hanya di buat ikut ikutan jadi asal asalan atau conten kamu itu passion kamu itu saja.

Jadi tidak semua orang bisa berbagi ke masyarakat yang luas di internet butuh _Kom semangat diri dalam menciptakan conten lalu ke _Com di dunia internet itu kamu berbagi cerita,ilmu dan wawasan menurut cara pandang penulisnya ini yang begitu saja menulis karena sering ikut seminar dan kelas khusus tentang media sosial atau sering mendapat masukan dari box  email penulis ini.

Foto ; sekedar pemanis menghibur diri dengan keindahan alam sekitar kita.

Akhir cerita ini.

Kisah kisah ini bukan saja karangan belaka tetapi pengingat dari contoh contoh baiknya bagaimana di dunia internet walau dengan rendah hati penulis juga masih belum menemukan passion yang selalu saja ujung ujungan mendapatkan penghasilan tapi setidaknya sudah usaha yang saya ketahui itu saja belum seberuntung atau memang belum waktunya itu saja.

Lalu apakah arti sebenarnya  dari istilah _Kom dan _Com itu sebenarnya kamu tunggu jawaban di kamus di gital saya kelanjutanya Minggu depan !!?.

Itu saja.

Selesai.

Jumat, 22 Oktober 2021

Soal Com lagi.

Mengejar Kom apa Com .....!!?.

Pastinya anda ingin membuat sensasi dengan menggoyang dunia dengan namamu,semangatmu dan dengan prestasimu.


Lha kok malah di hantui mager alias malas bergerak seperti itu maka cari solusinya selagi masa pandemi.


Terasa ada yang memaksa semua orang harus membatasi diri keluar rumah.

Saat di dalam rumah mulai boring hanya bisa nonton tv,membaca koran dan utak utik gadget maka lebih baik menyibukkan diri dengan gowes.


Secara virtual dan soal aplikasi strava.

Walau ada saja tawaran gowes virtual di email saya tapi kok ngak merasa tertarik kelihatanya.


Karena merasa ngak nyaman soal rasa dan hubungan dengan alam,manusia,tawa canda atau soal cerita cinta.


Saat di event ini sering di ikuti para atlet yang sudah terlatih mengejar target kecepatan dan terakhir malah jadi merasa tantangan batin ndak malah gelo melihat ceritanya,mas Bro !!?.


Sisi lain ikut event virtual anda harus paham mode analisis record yang mengharuskan paham penggunaan aplikasi strava.


Dan yang terintegrasi dengan pihak ke tiga penyelenggara event virtual.


Mata kayuhanku


Tapi....bagi mereka yang sudah belajar membiasakan diri adalah tipe orang yang melek _com dalam meng_kalkulasikan jarak tempuh setiap harinya.


Toh setelah bangga dengan ilmu _com nya seperti main game itu bisa mengalahkan pesaing di dalam daftar _Strava leaderboard.


Di mana di situ terdiri dari daftar berapa nama nama peserta beserta rangking,nama atlet dan time_speed yang di tempuh.


Semua akan menggambarkan urutan berdasarkan niat untuk mengejar rangking teratas di strava.


Jadi..... Dari daftar itu anda merasa membuat semangat bersepeda dalam diri maka anda harus ada sesuatu yang ingin anda kerjakan yaitu niatan gowes....gowes ....gowes setiap harinya.


Dan.....!!.

Setidaknya tidak saja merasa yakin mampu mengerjakan dalam satu bulan seterusnya sampai di capai hasil ribuan....kilo meter jauhnya.


Lalu ....!!.

Sebenarnya istilah Kom dan Com itu apa artinya sih di crita hari ini.


Saat Kom bukan soal istilah sebenarnya yang ada di luaran sana dari istilah Kom yang artinya King of mountain.


Atau Com yang artinya cowok of mountain atau istilah lainnya tapi ini soal Kom dan Com versi istilah daei kamus bahasa penulisnya yang dapat anda baca di aghir tulisan ini.....Itu saja.


Lalu.....!!.

Misalkan yang pertama anda ingin mengejar target beberapa kilo meter jauhnya.


Setidaknya anda harus menyiapkan diri yaitu _Kom nya yang terdiri dari sepeda yang normal,fisik stamina sehat dan menu saat gowes harus terkontrol kwalitas vitaminnya,cukup minum dan taat aturan berlalulintas di jalanan raya atau saat melewati jalan perkampungan.


Misalka yang ke dua soal _Com anda harus melek teknologi untuk mengatur Tut Tut di aplikasi strava.


Saat yang berisi soal putaran dari jarak,kecepatan dan aplikasi yang terkontrol dengan charge cadangan dengan power bank sudah and siapkan terlebih dahulu.


Setelah di dapat hasil gowes puluhan kilo itu berarti anda punya tabungan jarak dan bisa melewati hasil dari peserta lainnya.


Misalnya dari strava leader boards dalam satu bulan akan terus berubah ubah situasi jaraknya menjadi ribuan kilometer jauhnya dari istilah Soal Com lagi. .


Maka bila tidak konsisten maka anda tidak lagi bisa membekas dan tidak di kenal.


Sebagai seseorang yang bisa mencapai _ Rekor Gowes_ terpanjang sebagai top model di leader board di strava dunia nantinya.


Itu saja kisah kali ini dengan harapan muncul penggowes yang bisa tampil menjadi leader boards di apilkasi strava.


Saat bersepeda yang muncul dari wilayah region Jogjakarta untuk dunia itu saja harapan penulis.


Dengan harapan ini penulis tetap terus menulis kelanjutan judul dari mengejar Kom apa Com untuk side ke 03 ini.


Semoga hasil tulisan ini memacu semangat anak muda lainnya bersepeda dan sudah tidak jamannya lagi.


Saat ini cukup sekedar Kom tetapi harus melek teknologi strava menjadi pesepeda yang punya _com untuk menaikkan pamor mu ke dunia gowes yang sesungguhnya.


Menjadi atlet strava yang sesungguhnya itu maka anda perlu bersemangat pada target dan ikutkan dari peran peran man_teman anda.


Dan untuk bisa membantu dalam mencapai tujuan nilai per kilometer di strava berikutnya.


Akhirnya.

Lalu apakah arti sebenarnya dari istilah keduanya itu !!?.

Tunggu kelanjutannya di side 03 tulisan saya ini berikutnya itu saja.


Jadi inilah soal istilah Kom dan Com sebenarnya.

Itu saja.

Selesai.

Kamis, 21 Oktober 2021

Kom apa Com( Eps 01)

Side ;01

Dari semua judul tulisan di blog ini semenarik apapun tidak bisa membuat Anda bertahan membacanya walau dalam hitungan 10 menit saja ,Lalu kenapa !!.

Lalu inilah tulisan Blog ini dengan judul :

Sudah Tidak Lagi 

Mengejar Kom apa Com !!.

Mulai saja kisah kali ini.

Setelah kata pembuka di atas penulis sudah berusaha berjuang sebisanya dan lebih fleksibel memahami sesuatu yang lagi viral di dunia gowesan.

Tapi kalau sudah tidak ada lagi bahan untuk di ceritakan lalu !!?.

Walau bisa jadi lagi ngak bisa focus menulis walau kalau mau keluar di jalanan sana masih banyak bahan mentah yang di matengin lagi untuk ngisi blog ini.

Dengan cara mainkan kayuhan sepeda banyak sapaan di jalanan sana dari orang orang yang bersepeda untuk bertanya atau sekedar menyapa mau kemana dan dari mana rumahnya mas bro !!?.

Karena bersepeda banyak bonus kegembiraan yang di dapat sama halnya untuk belajar bagaimana mencari rasa senang untuk pertama kalinya dulu kala saat penulis ini juga merasa senang menjadi seorang Pemula bersepeda.

Foto pemanis judul blog ini.

Sejak pertama kali memilih kegiatan untuk bersepeda atau hal hal kegiatan amal untuk bersepeda sudah di lalui dengan kenangan indah itu saja.

Karena kenangan indah itu membuat saya percaya bahwa saya butuh hiburan dan di hibur oleh orang orang ada di sekeliling kita ini.

Tidak saja mereka bisa memberi kita kritik,semangat dan teman berantem tetapi nantinya akan mengingatkan akan banyak hal yang penulis yakin dan banyak benarnya atas keberuntungan menjadi pesepeda apalagi menjadi pemula antara dulu dan sekarang tentunya berbeda Kom_Com_nya.

Bagi orang lama sudah bisa berproses mengenal orang orang yang bisa bertahan atau tergeser menjadi penikmat gowesnya teman temanya ataupun keluar istilah baru di waktu itu seperti ini ; 

Kecepatan dan Tanjakan Bukan yang Utama ..... Ya ,Kom !!?.

Lalu segala Pengetahuan yang kemudian membentuk pengalaman yang begitu saja tanpa di sadari menjadi pemula terkadang bisa jadi masuk perangkap atau jalan di tempat dari pengaruh orang orang lama yang memiliki jam terbang tinggi.

Atau dari orang baru yang mempunyai stamina dan semangat gowesnya di dukung teknologi sepeda yang lebih bagus lagi modelnya.

Sebenarnya itu tantangan baru yang harus di cerna karena serba cepat teknologi sepeda dengan model model baru lagi.

Ataupun timbul lagi istilah istilah baru muncul dengan bahasa asing atau bahasa gaul pesepeda yang terkadang anda perlu membuka kamus bersepeda lho....Bro !!.

Dan sudut pandang penulis kali ini mungkin saja tulisan cerita klasik mengejar kom apa com ini tidak semenarik bayangan pembacanya apalagi telah menghabiskan banyak hal dari waktu anda,memahami per kata kata tulisan ini ataupun dari orang yang berhak sama dengan lainnya ingin sekali membaca judul judul cerita berikutnya itu sama saja soal waktu.....ya waktu sempat tidaknya membaca blog ini.

Foto ; udara pagi di Malioboro Jogja.


Lalu hal terbaik buat penulis hanya bisa berujar begini saja  _ Lebih baik tidak menulis toh tidak ada yang baca dan lebih baik diam .....Ya,Diam saja !!.

Akhir tulisan ini.

Kita lanjut lebih jauh tentang tulisan ini dengan judul sudah tidak lagi mengejar Kom apa Com sih di episode ke 2 Minggu depan.

Nah,untuk hari ini kalau anda ngak bisa mengejar Kom plus Com maka saran dari penulis seperti ini :

Senyumin saja mas Bro !!?.

Itu saja.

Selesai.

Jumat, 15 Oktober 2021

Berfikir Dan Bergerak Dalam Bersepeda.

Seminar zoom IKP Kominfo RI di jogjakarta.

Telah di alih bahasa kan dengan gaya penulisnya agar menjadi cerita klasik dan hiburan itu saja.

Mulai saja.

Olahraga itu banyak caranya tapi cara melakukanya itu berbeda beda saya lebih suka menulis tentang bersepeda karena di situ lebih menyenangkan.

Apalagi di lakukan dengan cara yang benar dan tahu takaran soal perhitungan secara soal rasa,teori,fisik dan bagaimana bisa eksis terus bersepeda.

Saya menulis ini karena bisa ikut seminar dan apa saja yang nyantol di kepala ini bisa tertulis di sini.

Foto di ambil saat zoom IKP Kominfo.

Sebenarnya olahraga bersepeda itu membentuk serat otot agar kuat dan pankreas detak jantung semakin sehat untuk berdetak secara teratur.

Daripada diam diri lalu di katakan kaum mager diam diri saja atau rebahan sambil main gadget terus kamu kurang memotivasi tubuh untuk bergerak secukupnya misalnya satu jam sehari berolahraga secara maksimal.

Maka tubuh kamu akan melar ke samping nggak ke atas apalagi di masa pandemi saat ini pinginnya stay at home karena adanya ppkm lalu pinginnya makan terus sambil ngemil maka tubuh menjadi obesitas seperti info dari seminar ini.

Di Indonesia soal obesitas membuat malas bergerak apalagi di dunia di negara ini rangking nomer 2 gara gara dampak adanya pandemi covid 19.

Lalu untuk mengatasi kuncinya hanya satu yaitu _kemauan melakukan intensitas bergerak selama 1 jam atau lebih untuk mempertahankan fisik apalagi yang sudah berumur akan riskan adanya cidera maka perlu adanya pengaman jam tangan untuk mengatur ke stabilkan detak jantung.

Lainnya juga harus memelihara pola makan,fisik dengan nutrisi yang cukup takarannya dan istirahat 8 jam yang cukup dalam seharinya.

Apa semua itu sudah cukup ternyata masih yaitu di tutup dengan rasa bersyukur dengan cara berdoa yang baik itu juga perlu sekali.

Lalu mengapa olahraga itu penting maka ini alasannya karena tubuh hanya bisa menyesuaikan olahraga mu itu hanya beberapa menit saja lalu tergantung seberapa terbiasanya kamu latihan dari kebiasaan dalam beradaptasi dengan tubuh kamu itu.

Lalu apa tujuan orang itu berolahraga ??.

Oh,iya kamu pagi tadi sudah gowes kemana dan dengan siapa agar kebiasaan itu terjaga lebih teratur untuk menyemangati diri kamu.

Jadi tujuan olahraga untuk mencari sehat bukan sakit maka harus di jaga selamanya karena kalau kamu sakit maka harus mengeluarkan biaya yang begitu banyak jadi rugi yang sia sia adanya.

Apalagi di masa pandemi kamu harus pandai pandai menjaga imun agar tidak sakit sebenarnya.

Lalu kita ini sebagai mahkluk sosial tidak bisa hidup satu sama lainnya dan ini tak lepas dari bagaimana proses kebiasaan tubuh beradaptasi ke lingkungan terdekat dulu yaitu orang orang yang memberi semangat agar lebih ideal berolahraga khususnya soal bersepeda.

Ingat_kamu tidak sendiri banyak orang di luaran sana yang membantu memberi dukungan serta kritik dan saran yang membangun.

Cara membangunnya dengan kebiasaan rasa senang maka olahraga dan sehat bisa di dapat sekalian rasa senangnya adalah bonus bahagianya tanpa adanya paksaan,terpaksa nggak seneng itu akan menjadi alasan tidak baik.

Lalu caranya yang baik itu seperti apa ??.

Ya seperti ikut seminar zoom ini agar bisa memahami bersepeda kali ini apa yang kurang baik atau selama ini gemesnya sama sepedanya itu terlalu berlebihan jaraknya.

Maka di seminar zoom ini kita bisa belajar bersama sama dengan 3 pembicaranya yaitu Bapak R Sukamto anggota komisi DPR-RI dan Bapak Prof Dr Widodo muktiyo staf menteri Kominfo komunikasi dan media masa.

Lalu sebagai influence bersepeda dari Jogja yaitu mas Donny Andhika.

Dan judul seminar zoom hari ini tanggal 15 Oktober 2021 kali ini dengan judul ;

__ Eksistensi olahraga di era digital dan pandemi covid 19 __ 

Mulai berfikir dan bergerak untuk Jogja.

Mulai kita contoh dari mas youtuber ini karena kini ia punya titel baru bukan tukang insinyur,bukan pendidik guru sekolah tapi penulis sebut tambahan nama depannya jadi ; Inf_mas YouTube.

Apa itu Inf_ yaitu kata lain influence adalah sapaan nama depan baru baginya itu lebih cocok penyebutannya.

Lalu apa itu influence ??.

Orang marketing pasti pada tahu pastinya tapi penulis pahami dulu yaitu seseorang yang  bisa menarik simpati dan memiliki kekuatan magis karena ciptanya itu bisa mempengaruhi kehidupan banyak orang apalagi ia memiliki dasar ilmu yang biasa ia lakukan yaitu bersepeda yang baik dan benar takarannya itu saja.

Dan semuanya ia tularkan ke media seperti ; YouTube,Instragram maka ia jadi publik figur yang ada di komunitas Jogja saat ini.

Walau terkadang ada saja rasan rasan yang menyebutnya ia jadi seperti artis walau tidak setenar selebritis ibukota Jakarta.

Tapi setidaknya bagi penulis bisa mengenal lebih jauh inf_mas youtuber tapi merasa seakan dekat di media blog mata kayuh_anku setelah bisa bareng satu acara seminar saat ini.

Dan bagi penulis ini menjadi catatan yang menarik apabila terjadi proses dan kebiasaan baru lagi untuk menciptakan konten yang variatif bersama sama di kemudian hari itu saja harapannya.

Lalu....!!!?

Seperti kata mas ini saat seminar ia menyebut waktu yang baik gowes seminggu tiga kali yaitu saat Sabtu - Minggu pagi tujuan gowes hobi biasanya berjarak,lalu di hari Rabu biasanya gowes harian di lakukan seadanya saja tanpa memikirkan jarak tempuh.

Apalagi pas Selo saja ujarnya tapi di ingat jangan melebihi takaran dan porsi kamu yang terjadi maka serat otot kaki akan cepat rusak menjadi sakit itu tidak di anjurkan sebagai investasi sehat berjangka panjang tidak berlaku lagi menjadikan kamu stres itu saja.

Foto saat sesi acara zoom berlangsung .

Akhir kisah ini.

Seharusnya olahraga di lakukan secara konsisten,seimbang agar tubuh bisa sehat tapi kalau sudah down kehilangan gairah olah raga sepeda lagi.

Kamu bisa buat tantangan baru dengan rencana dan memulai pengalaman baru dengan cara mencari spot tujuan baru yang lagi viral atau nantinya bisa saja ketemu teman baru di jalanan lalu janjian ketempat baru lagi menuju enjoy the proses.

Caranya jangan berfikir buruk tentang bagaimana cara kamu berproses bersepeda dan bagaimana kamu bisa menemukan teman untuk berproses.

Anggap saja seperti berjalan seperti putaran roda kadang di atas kadang di bawah seperti pernah jatuh yang konyol kalau di ceritakan lagi bukannya takut malah jadi canda_an agar lebih tertata saat mengendarai sepeda dan lebih hati hati dari cara menjalani proses mengikuti alur putaran roda itu.

Atau proses lain maka saat kamu di tentukan keadaan temanmu maka kamu akan mengikuti siapa dan apa jenis sepedanya.

Atau sekedar berganti sepeda,terpaksa ikuti jarak dan trek jalanan atau kamu menjadi orang yang over gengsi gengsian karena merasa lebih cocok jadi orang rebahan dan mager di rumah saja.

Atau malah mundur pelan pelan untuk tidak bersepeda lagi itu merupakan tanda tanda kode alam untuk kamu katakan cukup sampai di sini untuk segera beristirahat jangan gowes lagi alias gantung sepeda mu itu pilihan yang mudah.

Pesan dari Inf_mas youtuber ??.

Jadi olah raga itu harus di lakukan secara rutin,dinikmati prosesnya,menjaga pola tidur yang cukup jadi itulah nilai nilai kebaikan dalam berolahraga bersepeda.....mas bro !!?

Pesan penulis ??.

Semoga tulisan ini bisa menjadi contoh baru bagaimana kota Jogja semakin bike dan jalur sepeda semakin di berdayakan fungsinya.

Dan sekali lagi harapannya tulisan ini sekedar hiburan dari gaya bahasa penulisnya yang terkadang selengek_an mohon sekiranya di maafkan itu saja untuk tulisan blog kali ini.

Semoga di lain waktu blog ini bisa menemukan kisah kisah klasik lagi tentang cerita sepeda dan permasalahanya.

Selesai.

Salam damai dari jogjakarta.

16 oktober 2021

Jam 02.05 wib 

Blog Edisi unggulan

Bukan Rambo.

Aku manusia biasa bukan Rambo. Setiap kali aku mulai bersepeda terkadang aku perlu teman-teman dan bisa saja di jalanan secara tiba-tiba ada...