Kamis, 23 Desember 2021

Manajemen Gowes eps : 01.

Memahami Pemikiran !!?.

Hari ini saya akan bercerita yang tidak biasa dan belum lama ini terjadi.

Saya orangnya skeptis kepada orang yang percaya pada cara bersepeda di tanjakan dan kepada orang yang selalu ketawa saat melihat orang lainnya yang selalu menuntun sepedanya di jalan menanjak 

Hal semacam ini tak berguna apalagi membuat saya terkesan sebuah penghinaan tentang daya upaya melemahkan mental dan kebersamaan saat bersepeda.

Sebenarnya sepanjang bersepeda saya yang tidak selalu sukses seperti orang lain namun saya tidak rendah diri,turun mental apalagi jok melipir balik kiri walau tidak peduli seberapa kerasnya saya berusaha.



Saat bersepeda saya ke beberapa kota saya bertemu banyak orang dengan beberapa tipe sepeda yang di pakainya.

Apalagi saat kita ini begitu lucu,konyol dan menakuti saat kita mengalami trouble sepeda di jalanan menjadi gambaran bahwa jam terbang seseorang akan menggambarkan rasa pedulinya kepada alam lingkungannya dan sesama pesepeda.

Namun semua itu tak lepas dari beberapa teman yang berjasa yang telah mengubah hidup ini semakin asyik di jalanan agar lancar,aman dan selamat di tujuannya.

Lalu yang kedua ...!!?.

Tahu Khan bagaimana otak ini mau mengingat sesuatu yang terjadi secara mendadak sehingga begitu kuat yang tidak di perkirakan daya ingatnya.

Apalagi saat di ejek di buli sehingga terpana untuk mengerahkan tenaga untuk melibas jalan menanjak itu ....!!?.

Lalu ingatan itu merespon lalu timbul persepsi harus ganti onde onde dari part sepeda seperti gir belakang,crank depan dan ban sepeda di perkecil ukuranya maka kita perlu membutuhkan biaya lagi untuk upgrade sepeda agar podo karo kancane dewe maka di situ akan terasa kalau otak itu mulai menolak lupa..... Lupa bagaimana sepeda ini harus di manajemen dan dengkul pelakunya harus di latih untuk membiasakan diri bersepeda dengan cara gowes bersendiri dulu.

Lalu.....!!?.

Melihat situasi ini wes kalah,salah tetep di salahke oponeh sek luweh benar malah di bully terus menerus pada akhirnya yang tidak kuat pada akhirnya semaunya sendiri istilah e ngak pakai manajemen.... Catat,ya !!?.

Saat semaunya sendiri itu ia menciptakan kebenaran versinya dirinya pada akhirnya orang yang sadar diri..... Sadar diri yaitu orang yang cukup segini saja gemesnya saat menanjak nggak perlu lah koyo ngepit e kae- kae !!?.

Apalagi yang pada sadar diri harus memakluminya sebagai porsi cukup sebagai pemaaf daripada malah ribut dan males kalau sudah berurusan dengan adu pikiran di jalanan malah nggak sampai sampai ke tujuan yang di tuju.

Padahal nek ketemu orang orang yang antagonis,nyentrik dan ruwet sebagai teman bersepeda .... Rasa rasanya pingin kalau ketemu orang seperti ini di induk saat di tanjakan terus di Vidio terus di posting sebagai gong_lalu di umbar n grup sepedanya agar di bully sebagai imbal balik perilakunya itu.

Toh ini perbuatan yang nggak pantas sama sekali sama saja kalau begitu kita jadi orang seperti perilakunya jadi nggak ada bedanya....maka asyiknya nek ketemu pengen ngajak dia nyosor ke warung soto ben ora seret pikirannya itu....betul nggak bro !!?.

Itu dulu ....!!.

Ketika saya belum rutin dengan grup yang lebih konsisten bersepeda sebagai hobi yang sama,seirama,sama frekwensi dan terpenting manut sesuai manajemen .....itu katanya mas bro !!?. 

Tapi sekarang sudah jadi pribadi yang tidak perlu di kenal atau terkenal sebagai ini itu karena sudah tidak jamannya menunjukkan ke populernya agar bisa di panggil suhu,master,sultan atau.....!!?.

Sekarang cukup dengan orang orang yang di sayang satu,dua,tiga,empat,lima,enam saja agar semua jadi praktis dan simpel agar bisa terus tidur pules tidurnya.

Lalu gimana !!?.

Gimana mau selaras wong kalau mau di ajak touring pasti nyebut ora Selo waktunya buat ini itu atau pas gowes menanjak nggak kuat maka harus menyediakan mobil loading agar lebih praktis ketimbang malah ini itu terus goyangan Grom byangan jadi ribut dan merepotkan situasi dari teman teman gowes_nya.

Jadi..... Nggak usah ribut cukup jaga situasi imun,iman dan umuk mu di media sosial kalau bisa di kurangi.

Semua itu agar terjaga lebih solider dengan dunia baru dan sosialita_mu lebih terjaga daripada menjaga soliter kepada teman temanmu yang tidak se iman membuatmu malah jadi ribut tiada akhir dan jadi ketularan kenthir awakmu ....loll !!.

Akhirnya 

Setidaknya pikiran negatip itu tidak akan pernah memberimu kehidupan bersama teman teman gowes_mu yang lebih baik.

Tapi tidak ada perjalanan dalam sebuah petualangan bersepeda tanpa mengalami rintangan dan terkadang kita lupa jika hidup ini adalah suatu proses yang memerlukan kesabaran.

Sabar melakukannya dengan slow respon guna mencari sehat agar hati ini senang.

Itu saja kisah kali ini dalam memahami manajemen gowes ala ala pemikiran yang takut gowes di tanjakan yang licin habis hujan kemaren sore 

Itu saja 

Selesai.

Desember 2021.

Sabtu, 18 Desember 2021

Kom Indrokilo Hill..

Tanding Duet dedel duel akhir tahun 2021 kelas kampungan.

Pagi ini :

Tanggal 18-12-21.

Di jam 0700 waktu acara balapan menanjak yang di beri judul dengan nama

_Duet dedel duel.

Sebuah pertandingan tanjakan dari bawah ke atas yang berjarak 115 meter ke puncak wisata baru puncak indrokilo desa ngablak Bantul Jogjakarta.

Lalu kenapa hidup bagaikan air dan api saat ini !?

 Sedangkan lainnya mulai melihat keadaan di sini sudah ramai,padat penonton dan menyeluruh setiap sudut pada menyalakan hpnya.

Untuk mengabadikan momentum pagi ini dan berlomba lomba dengan time line yang mengibarkan semangat dan dukungannya.

Serta berbagai komentar membuat goyang goyang dari postingan banyak orang di grup Facebook Jogja gowes mulai gemuruh di hari Sabtu pagi ini.



Entahlah ketika saya tak sempat bisa memberi waktu kepada logika ini saat ada adu duel ini ternyata begitu antusias.

Mereka para penonton datang pagi pagi sambil membawa hp dan tak ingin ketinggalan update terbaru untuk youtubenya itu.

Dan mengapa kita tidak saling melihat kalau sistem manajemen acara seperti ini ;

KOM KELAS KAMPUNGAN

Ini juga ada pasar penggemarnya tersendiri yang haus akan hiburan yang menggelitik.

Dari kedatangan 2 idola dengan 2 kepribadian pelakunya karena keduanya bukan saja tempat orang membuatnya tertawa,menertawakan polah tingkahnya karena keduanya terbentuk dari media Facebook.

Sebagai panutan dan yang terpenting ia punya kemauan menghibur banyak orang dari ketekunan.

Serta pengorbanan waktunya untuk hobinya sepedanya itu sampai bisa seperti sekarang.

Karena dukungan orang orang yang ia cintai dari apa yang ingin ia lakukan.

Lalu .....!!?.

Ternyata ada saja yang merasa terganggu acara bersepedanya lalu pindah ke jalur lain.t

Atau mungkin ia nggak ingat ada dagelan di puncak Indro kilo yang sering di plesetan namanya setelah ada acara dedel duel kali ini dengan 2 nama yaitu puncak ;

Puncak Indro Warkop atau puncak tanjakan Nogo Ngolet.


Dan semangatnya untuk menambah rasa pase_duluran lan penggemar gowes Jogja yang tidak lesu.

Sebagai tujuan hiburan setiap minggu paginya yang selalu di tunggu tunggu kemana dan di mana gowes nya itu.

Saat khasanah penggowes di Jogja dadi tambah regang karena semua saat itu pada sembunyi di rumahnya saat pandemi covid 19.

Tapi kini mulai menggejala maka setelah ada panutan muncul mereka seperti spices laron laron keluar dari sarangnya.

Mulai terbang tinggi setinggi tempat ini yang semakin di viral oleh para pesepeda Jogja.

Dan semoga wisata indrokilo ini semakin di berdayakan oleh goweser jadi lebih maju lagi oleh kedatangan wisatawan pesepeda atau umum itu saja.

Sedangkan acara Deden duwel ini layak sebagai trigger pembangkit tempat ini.

Dan acara ini bisa buat HEPI HEPI dan mencari sehat sesama pelakon dan penonton goweser disini ben ilang kesel e saat menjalankan rutinitas setiap harinya bisa loss Strom di sini.



Kilas balik dari dulu pernah ada pepatah seperti ini * Sego Segawe * sepeda kanggo sekolah lan nyambot gawe.

Tapi sekarang buktinya dalam radius ratusan kilometer bersepeda tapi kalau pas bekerja malah memakai sepeda motor padahal jaraknya dekat sekali.

Toh bersepeda itu di lakukan sak tekan kalau kalau naik motor untuk bekerja waktunya biar sampai.

Maka di tentukan jam masuknya di jam 7,30 waktu datang absen masuk padahal jaraknya Maksimal hanya 20 km saja.

Lha..... Kalau naik sepeda saat tertentu saja tapi kalau untuk bekerja atau kebiasaan ya ribet apalagi bisa keringatan ....urusan waktu to mas bro !!?.

Tapi inilah resiko namanya kesenangan bersepeda punya banyak cerita.

.....Ternyata bahagia itu sesederhana itu !!?.

Sesederhana itu...!!

Ngecek lho sek marahi kota JOGJA Ngangenin iso Nawang aneka ragam tujuan ke pantai,perbukitan, gunung kulinernya.

Dan orang orangnya yang istimewa se istimewa pagi ini bisa sorak sorak,tertawa bersama.

Sehingga bisa tambah imun sehat semua jut iso tambah panjang umur ....iya iya kamu semua.

Ya....biarkan antara air dan api bertarung hari ini !!?.

Ini sekedar balapan suka suka sebagai hiburan atau istilahnya partai seperti melihat balapan sepeda liar.

Daripada acara berbayar seperti Kom Mangunan di Minggu sebelumnya seperti tulisan saya di blog ini 

Toh balapan liar ini bisa menghibur dan mengingatkan kita ;

1.Tahun 2015 ada duel Sidiq vs Desi  menanjak ke Kaliurang dengan sepeda Onthel.



2.Tahun 2021 ada duel Bilal m vs Januari p atau dengan nama pasaran yaitu - Jersey kulit vs Black rider.



Saat itu dan kini keduanya sama sama pas lomba balapan di bulan Desember yang sama beda tahunnya seakan membuat tutup tahun ini bisa membuat Hapi Hapi semua orang .

Akhir kisah Sabtu pagi ini.

Ternyata pengalaman Jersey kulit dan pengalaman itu membuktikan kalau black rider bersemangat seperti bara api.

Dan ini pas sprint awalan jadi pas mau finish malah habis tenaga dan sebaliknya Jersey kulit awalanya di gowes santai maka saat finis lagi di sprint jadi bisa lolos sebagai juara saat ini. 

Nah.....kalau Jersey kulit memenangkan acara ini ...!?

Maka timbul pertanyaan mengapa black rider bisa kalah padahal semangatnya bagaikan api yang menyala nyala seperti wawancara di time line komunitas Jogja gowes.

Ia sempat berkilah tentang medan tanjakan cor semen karena cuaca yang habis hujan.

Jalan yang licin dan bannya jadi slip apalagi kurangnya bagaimana mengatur Manajemen......ya Manajemen !!?.

Ingat.....yang salah hujan dan manajemen lho mas bro !!?.

Atau ada yang komentar di Facebook berucap _ lagi Iki black rider metre.

Makanya jadi goweser iku koyo sek paling ampuh dewe nek ngepit padahal Ono sek luweh ampuh.

Lho..... makanya Ojo gengsi nek Ra kuat Yo resah di Paksa maka sek utama keselamatan yang terpenting.


Jadi .... menurut orang yang berpengalaman menanjak sesuai kemampuan janganlah demi gengsi karena gengsi itu boleh saja.


Tapi di tunjang dengan kemampuan dan latihan setiap ia sempat sesuai rutinitas Selo nya itu.


Seperti acara di hari Sabtu pagi ini penulis hanya sedikit berpesan sebagai penutup tulisan ini sebagai ingatan cuci otakmu itu ;


Buatlah orang di sekelilingmu senang bersepeda dan di sertai semangat,niat apalagi ..... !!.

Melihat dan di perlihatkan acara hari ini sebagai ajang adu kekuatan menanjak ini tapi ANDA sendiri juga harus bisa menghibur banyak orang.

Tapi lakukan dengan ikhlas,senang dan aman  bagi pelakunya saat bersepeda itu saja sebagai penutup tulisan ini.


Nb ;

Sumber dari info Facebook komunitas Jogja gowes sebagai referensi tulisan ini.

Selesai.

Desember 2021.

Rabu, 15 Desember 2021

Kom Mangunan 2021..

Women open sepeda lipat Kom Mangunan 2021 penuh drama.

Kecil kecil tetep bisa di ajak mecicil seperti ucapan adek ini saat itu.

Itu hanya sebuah istilah dari namanya sepeda lipat yang kecil bisa di ajak !!.

Waktu yang kita punya misalkan cukup 20 menit saja untuk membaca tulisan ini.

Walau bisa saja menimbulkan kecanduan saat ceritanya itu menarik perhatian.

Setelah terus membaca sampai akhir maka kita akan mencari tahu yang lebih detail itu tidak salah.

Tapi menjadi salah ketika tanpa reaksi tindakan setelah ini secara nyata.r

Karena tindakan itu perlu dukungan dan bantuan dari keluarga,orang yang kita percaya maka tujuan yang di dapat akan terasa lebih nyata hikmahnya

Mulai saja kisahnya.

Begitulah adanya setelah pengungkapan ini selesai sebenarnya inilah dunia lain selalu ada fokus dari kekuatan yang tersimpan itu berubah.

Jadi tenaga tiada Tara kekuatannya dari apa saja maka kita rasa nggak usah baper dan semoga sek iso juara ngene iki anti ajur apalagi nggak pakai drama drama maka lanjut terus !!.

Walau di lanjut terus pasti ada yang kalah atau menang itu adalah hiasan pertandingan.

Yang penting terus bergerak apalagi bisa menyenangkan orang orang di sekelilingnya yang membuat vlog YouTube yang kini semakin rame.

Dengan konten yang bermanfaat menghibur semua orang demi mengisi dunia persilatan per sepedaan di kota jogja.

Yang istimewa ini tumbuh ide ide baru lagi yang menyegarkan.

Kembali ke fokus dari lakon tulisan ini sebut saja dengan nama _ Adik ini sudah tidak di pungkiri ia sudah malang melintang di dunia pertandingan sepeda.

Setiap kehidupan saat mulai ikut pertandingan ia mulai fokus di jalani,benai dengan di perjuangkan tujuannya itu.

Apalagi ia juga aktif di media online maka dunianya sudah semakin dekat dengan dunia yang lebih Com.

Dan yaitu dunia di beranda Facebook,Instragram itu penuh dengan ucapan untuk memberi pujian,semangat atas keberhasilan saat ini.

Foto ; Para juara women open sepeda lipat Kom Mangunan jogjakarta 2021.

Lalu siapa sosok ini !?.

Kita mengenal dulu kehidupan nyatanya ia seorang guru dan pengajar les privat bahasa inggris.

Yang biasa biasa saja nggak neko  neko apalagi sebagai seorang anak perempuan yang manja,anak rebahan yang mempunyai seorang ibu yang sudah mulai pensiun di pemerintahan negara Indonesia.

Dan merdeka dan juga memerdekakan anaknya bermain sepeda yang penuh resiko jatuh seperti itu di lakukan setelah pulang dari sekolahnya di saat itu.

Tapi saat ini ia penuh ambisius merubah diri dari level terendah sampai menjadi juara di setiap pertandingan.

Dan itu tapi cukup bahagia melakukanya semua itu, ia lakukan demi membahagiakan orang orang di sekitarnya itu saja.

Walau terus berlatih maka terlihat dari kakinya yang rapuh itu mulai keras akibat sering berlatih naik turun tanjakan guna menaikkan masa ototnya.

Ya..... Seperti ungkapan time line facebooknya itu berujar seperti ini  ;

" sepeda lipatnya yang kecil berwarna hijau pupus itu bisa di ajak kerjasama di ajak mencicil ....ya tetep mencicil !!?.

Ya,mencicil dari mulai di ajak latihan sampai bertanding masih bisa mencicil dari setiap lipatan sepeda itu nggak error'

Apalagi setiap tanjakan bisa di lalui dengan aman jika kita kepingin menjadi seorang juara.

Apalagi saat latihan adik ini juga sering kali mengalami halu karena sepeda lipat itu bentuknya kecil dan mudah goyang goyang saat mencapai kecepatan tertentu apalagi saat di turunan.

Apalagi tubuhnya masih merasa mengantuk kadang mulut masih menguap dengan hembusan bau bantal guling.

Lalu pingin jejak kaki ini berada di atas tempat tidur lagi seperti itu ya tok sempat sempatnya yang foto saat latihan Kom kok bisa bisanya memperlihatkan kelucuan saat menguap. .duh dik Dea !!?. 

Foto ; Juara pertama women open kom sepeda lipat mangunan 2021 saudari Maria Dea Wrestiningtyas untuk yang ketiga kalinya di tahun ini.

Sebelumnya juga pernah menang di Semarang bulan Maret 2021 dan di Ambarawa bulan April 2021 masing masing masih di podium juara pertama.

Tentu ini tidak mudah !!?.

Sepertinya ia masuk di lingkungan komite komite yang ramah dalam membantu keberhasilan meraih poin juara.

Apalagi pengorbanan berlatihnya di dukung oleh komunitas sepedanya ia mulai masuk agar terbuka wawasannya.

Yang ia lagi dalami sangat detail sampai strategi bertanding pun ia pelajari seperti mengeja kata berhuruf di kamus bahasa Indonesia ke bahasa Inggris menjadi mudah di pahami siswanya di kelasnya itu.

Lalu.....!!?.

Setelah ia banyak kesibukan selain mengajar dan bertanding balap sepeda sana sini kini ia mulai jadi seorang a,b,c,d,e,f dan lainnya.

Walau ada saja yang sinis menilai begitu amat dengan gerakan tubuh yang kecil mungil itu.

Maka bisa jadi tenaganya kecil juga membuat orang kurang respect tapi setelah melihat saat di Medan laga balapan itu.

Maka orang akan berubah 180 derajat maka patut bila kini ia di juluki atlet sepeda penuh talenta dan juara di semua cabang balap sepeda.

 ......atau adik ini menjadi seseorang yang menjadi seorang multitalenta plus multimedia karena bisa ;

_ Menjuarai di semua event balap sepeda menggunakan beragam sepeda.

Dari road bike selalu siap terdepan,sepeda MTB juga oke dan sekarang sepeda lipat.

Apalagi bisa sampai mencicil di lalap semua tanjakan Kom Mangunan.

Sampai mencapai podium juara pertama kelas women open sepeda lipat Kom Mangunan tahun 2021.

Saat ada juga orang yang rela menyibukkan dirinya itu untuk melihat sisi lain kehidupan dan di tulis di blog mata kayuhan ku ini bisa jadi ketemu kok timbul tanya seperti ini ;

 Kapan bisa juara balapan sepeda seperti sosok ini !!?.

Menurut penulis bila bisa pengandaian maka terkandung keinginan setiap orang agar bisa seperti itu.

Bila melihat keberhasilan seseorang akan merasa bahagia ada juga yang membenci itu sudah wajar di dunia persilatan cah ngepit.


Apalagi acara ini bukan ajang gowes tipis tipis sak tekane tapi ini soal kejuaraan menyangkut gengsi maka penuh intrik intrik dan drama yang selalu ada.

Akhir kisah kali ini.

Tulisan ini sekedar mendekatkan yang dekat apalagi yang jauh di sana untuk sekedar bisa mempercayai kata kata.

Yang sering di percaya seorang wanita atau sebut saja ndek_Dea ini ia selalu mengingatkan pada istilah buat semua orang bahwa ;

Tak ada yang tidak mungkin !!?.

Itu saja_ seperti penulis bisa belajar banyak dari pertemuan sesaat di saat akhir pertandingan itu ia sempat menceritakan trik dan ilmunya dalam kejuaraan kali ini.

Foto ; Rute Kom Mangunan 2021.

Dan penulisan ini di alih bahasa kan dengan gaya imaji tulisan penulisnya ini.

Dan pada akhirnya !!?.

Bahwa segala sesuatunya itu tidak ada yang tidak mungkin jika kita mempercayainya dan mau memperjuangkan dengan sabar itu saja pesan kepada penulis blog mata kayuhan ku ini.

Saat bersama atas nama ;

Maria Dea W.

Desember 2021.

Selesai.

Penulis ;

Iyink ws.

Jumat, 26 November 2021

Ngo_Bras Plus Coffee Bike.

Ejaan yang di sempurnakan oleh Mata_kayuhanku.

_ Tulisan kali ini tentang Ngo_Bras yaitu ngobrol karo rasan rasan bersama B2w Jogja di sore hari. 

_ Dan di lanjut malamnya gowes night ride dalam rangka Gerakan  fedjo peduli amal donasi yang di ikuti oleh lintas komunitas sepeda di Jogja.

Mulai saja cerita hari ini.

Hari ini tanggal 24 November 2021 hari yang rumit serumit pikiran ini untuk menulis mulai dari mana agar tak kehilangan dua momentum acara.

Tetap saja tulis dan menulis lagi karena rasa dari kadar kopi racikan malam tadi masih mengurai isi kepala ini hingga pagi hari ini di jam 00.45 waktu menjadi sunyi seakan ingatan muncul dengan ide ide yang jlimet untuk di urai satu demi satu.

Apalagi mengingat kompor pemanas air tadi terbuat dari sisa kaleng minuman bersoda dan di isi minyak spirtus sebagai bahan bakarnya lalu di tutup dengan lipatan potongan seng Anti angin lalu menjadi sebuah kompor ajaib.

Sekejap malam ini di jam 00.15 masih asyik memencet Tut keyboard membuat bingkai cerita klasik dan mengingat kejadian dari sore tadi bisa ikut acara bike to work Jogja di jam 16,00_17,30 wib untuk membahas soal ngobrol karo rasan rasan tentang pesan yang ingin di sampaikan tentang situasi saat ini.

Dan tentang pesepeda yang mengalami kecelakaan di jalanan dan kita harus lebih hati hati itu saja pesan yang ingin di ingatkan lagi itu saja.

Dan di lanjut pukul 19,05 gowes malam hari.

Lalu ke sisi selatan gubernuran Jogja mengikuti acara malam penggalangan dana dan doa bersama untuk keselamatan mas Ridho dari cah fedjo Brayat kidul yang mengalami kecelakaan saat sedang bersepeda dan kini di rawat di RS Harjo lukito Jogja.

Mulai saja kisahnya.

Seperti acara live show bike two work di Instagram tadi sore yang menyebut soal rasan rasan itu saya tambahin kata menjadi ngerasain dengan cara mulai lihat,pahami,contoh dari pesepeda lainnya yang lebih paham soal pengalaman mereka bersepeda yang aman di jalan raya.

Apalagi dua acara tadi bisa ketemu _kliknya dari kata kata yang patut di urai disini dan memahami petuah para pesulap jalanan itu mencontohkan sesuai pengalaman mereka saat di jalanan.

Jadi harus bagaimana seharusnya !!?.

Inilah percakapan cah ngepit biasanya akan terbawa emosi atau enjoy saja saat di tanya dan harus cerdas dalam memahami sesuatu maka seperti contoh ini : 

1. Bro,masih bersepeda !!? Mau tanya atau mau mematahkan semangat gowes.

2.Lalu kalau iya kenapa !!? Pilihan yang rumit cah Selo opo bisa nyolong dino.

3.Harus memilih !!? 

Pada saatnya memilih antara motor yang tinggal muter gas motor langsung Mak Weir atau sepeda yang harus merasakan kecapaian.

Karena mengendarai motor dengan emosi maka tambah kencang lajunya dan sepeda dengan emosi membuat kamu habis di tengah jalan tenaga mu.

Maka dalam perjalanan bersepeda itu di butuhkan kesabaran dan memahami resiko dengan bijaksana bukannya bijak bijak sana sini malah anjur Mumu awak.....cah !!?. 

Jadi...!!?.

Lalu kenapa kejadian kecelakaan meningkat di anak muda karena mereka di ciptakan oleh generasi cepat saji dan mudah di dapat oleh orang tuanya yang merasa ragu kalau bersepeda itu kurang aman di jalanan kalau saat sendiri lalu bagaimana merubah paradigma itu ciptakan pola lingkup lebih banyak orang bersepeda di sekeliling anda atau ikut kelompok sekolah atau teman temanya agar rasa takut sirna menjadi keberanian bersepeda.

Jadi.......Terbaik bagi pesepeda pemula untuk bisa merasakan proses jatuhnya saat bersepeda agar saat terampil bermotor tahu rasanya jatuhnya lebih sakit maka si korban akan lebih hati hati dan menghargai peraturan lalu lintas di jalan raya.

Yang biasanya mulai langsung suka motor  biasanya menjadi pengikut Genk motor yang ugal ugalan,balapan kebut kebutan di jalan dan tidak menghargai pengendara lainnya.

Dan biasanya terkena kecelakaan apabila pola pikir itu di rubah maka saat ini anak muda di mulai dari belajar bersepeda lalu pindah jalur ke sepeda motor karena biasanya mereka lebih bijaksana di jalanan.

Toh semua kecelakaan bisa terjadi di mana saja saat saja itu_ nya seharusnya yang jujur kepada aturan biasanya anti lajur Mumu dan awet orangnya.

Lalu pelakunya sendiri itu terdiri tiga jenis pesepeda dari orang ; orang baru bersepeda_karena hobby_Ragu ragu.

Lalu kamu dari pilihan yang mana !!?

Yang membedakannya hanya bagaimana kamu perlu seseorang yang memberi tutorial bukan saja membeli apa jenis sepeda mu yang kamu pilih tetapi berapa berat cobaan di depan sana dari godaan manusianya dan bonus keindahan alamnya apalagi saat ketemu kuliner nah Khan tampak malah tambah baper mu....to Bro !!.

Lho gimana yang ragu ragu,Bro !!?.

Gini_Biasanya pikiran orangtuanya kalau lihat anaknya bersepeda malah kwartir atau nek pakai sepeda jadi rawan kecelakaan,kurang efektif .......!!.

Lalu penulis contohkan seperti bayi baru lahir perlu proses untuk belajar bersandar di kedua tangan kaki lalu berdiri yang terkadang jatuh merasakan sakit seperti halnya bersepeda biarkan anak merasakan proses itu secara alami resiko jatuh dengan kecepatan dan memahami perubahan bila umurnya nanti cukup bisa berganti motor maka ia sebagai pengendara yang memahami resiko jatuh dan tau sopan santun di jalan raya.

Jangan biarkan pemikiran yang ragu ragu  itu berlarut larut karena di diamkan maka menjadi buruk maka budaya bersepeda di cap buruk.

Lalu ......!!?.

Maka dengan mengikuti acara ini kita tahu untuk bisa mensosialisasikan tentang bersepeda yang aman,selamat di jalanan kepada orang terdekat agar ke asyiknya bisa di pahami dengan baik.

Dan untuk saling mengingatkan dari perilaku yang membahayakan itu harus di ingatkan kepada pesepeda lainnya bukan saja saat bersepeda motor ataupun bersepeda onthel.

Seperti mengingatkan bukan soal helm motor lebih murah harganya daripada harga helm sepeda tetapi ini soal aturan baku keselamatan dalam bersepeda.

Ataupun ke genit tan para pesepeda dengan memakai Rompi atau Jersey atau kaos berwarna ngejreng  hijau,merah atau kuning yang di pakainya akan terlihat dari kejauhan 

Dan baru helm pengaman sebagai alat pelindung diri setelah kejadian tapi semua itu agar terhindar dari  bahaya kecelakaan di jalan raya yang lebih fatal lagi.

Alhamdulillah acara federal Jogja dalam penggalangan dana di malam yang cerah tanpa hujan turun,udara segar dengan rimbunan pohon taman gubernuran Jogja ini sebagai saksi kepedulian semua mantenan goweser Jogja untuk menunjukkan kebersamaanya itu.

Dan hari ini sukses mengadakan acara Fedjo Coffe Bike yang mana teknisnya gowes night ride dari rumah masing masing sambil sangu uang untuk donasi amal dan di situ juga ada sukarelawan yang Sudi membawakan minuman seadanya dan ada juga yang membawa kompor portabel. untuk sekedar masak kopi racikan ala ala cah Turing saat camping di bukit pegunungan gitu lho.

Atas kebersamaan ini bisa terkumpul donasi sekitar 3,043 juta  demi meringankan biaya berobat dan kesembuhan mas ridho agar bisa pulih seperti sedia kala.

Fedjo Bike Charity.

Setelah night ride malam Rabu kemaren akan diadakan gowes Minggu pagi 28 November 2021 star di Ndalem Puro Pakualaman Jogja menuju arah timur kota Jogja ke Embong sendang Tirto Berbah.

Foto acara fedjo.

Untuk kemudian kita saling mendoakan seperti ini ;

Ya,Allah Tuhan seluruh manusia semoga Engkau sembuhkan saudara kami mas Ridho.

Engkaulah As syap_sang penyembuh karena tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari_Mu.

Dari apapun kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.

#amien.

Lalu.

Sebuah ajakan pun mulai di se_mangatkan kembali dengan Ayo_Rapatkan barisan para pesepeda Jogja peduli ringankan kayuhan mu demi meringankan beban saudara kita ini bukan seberapa besar nilai nominalnya sumbangan tetapi seberapa CARE terhadap saudara kita yang mendapat cobaan ini.

Akhir kisah ini.

Terkadang bersepeda itu hanya bergerak dan menggerakkan sebuah ingatan agar kita peduli saat di jalan raya agar aman dan selamat di perjalanan seperti semboyan bike to work di bawah ini.

Dan.

Kita hanya bergerak seperti mengikuti momentumnya terkadang momentum itu seperti mem_bolak balikkan kehidupan tapi ia menjadi bagian dari sebuah kisah klasik di ingat penulis kemudian di kabarkan kepada pembaca setia blog ini.

Karena Pola kehidupan secara teori analisis dan kenyataan yang real dengan apa itu hobi bersepeda,sepedaan atau sekedar aktifitas olahraga seperti itu terkadang harus pamer agar seperti seorang yang kuat ataupun lemah terus mletre mampir warung atau saat mengalami musibah saat bersepeda 

Toh di sadari atau tidak ternyata di dunia luar sana banyak orang orang yang melihat kita para pesepeda ini dengan suka dukanya.

Apalagi menjadi bagian dan hubungan dengan orang lain lebih ke arah kekeluargaan,silahturahmi yang saling mengikat sesama pesepeda yang peduli kepada sesama.

Foto Supriyadi plat Ab.

Inilah  foto kebersamaan malam kemaren dan saya mulai berkisah tentang ngobrol rasan rasan plus ke usil penulis ini ngerasain dua acara bike to work dan fedjo.

Acara keduanya berhubungan dengan sepeda di hari ini menjadi rangkaian cerita panjang.

Dan penulis mohon maaf bila ke_laduk pranata dalam ejaan yang di sempurnakan dengan gaya penulisannya ini yang terkadang tidak sejalan tapi inilah pola pikir dari penulisnya yang terkadang sulit di mengerti seperti kopi pahit terkadang lebih di sukai dari pada yang manis...nah Khan !!?.

Akhiri cerita ini dengan ungkapan penutup _Bila kamu yakin maka yakini_lah dengan ikhlas menjalaninya maka beban kayuhan akan se _imbang dengan bike fitting sepeda mu....mas bro !!.

Maka Bersepeda itu soal rasa hati bukan dengan soal emosi .

Itu saja kisah kali ini.

Selesai

Cus ;

November 2021.

Kamis, 11 November 2021

Reaksi cepat Tanggap Saat Bersepeda.

Acara kali ini.....!

Dan di arahkan secara nyata...... lalu dicontohkan untuk mencermati bila akan ada ;

Reaksi kepada si korban saat mengalami celaka di manapun,kapanpun berdasarkan SOP yang benar saat mengalami musibah saat bersepeda.


Misalnya seperti contoh ini ...... !? 
Semula hanya ter kabar semakin banyaknya korban yang jatuh sakit dan ada jiwa yang sudah meninggal karena bersepeda di jalanan.

Mata kayuhanku

Lalu tindakan kita seharusnya bagaimana !? 
Dan di sebabkan saat bersepeda ini itu yang melebihi batas kemampuan.

Dan yang di terlalu di sengko atau di paksa dari kerja organ organ tubuh yang mempengaruhi daya tahan tubuhnya sendiri.

Lalu di adakan acara bike klinik .....!!!
Bertindak nyata dengan mengadakan Bike clinic atas apa yang sudah menjadi musibah menjadi horor berkelanjutan ini.

Lalu.......!!
Maka atas semua itu adanya reaksi cepat merespon di adakan acara hari ini.
Atau .....!!
Dan reaksi ini sebagai perkata yaitu si nambi sedia payung sebelum adanya  koma akibat kecelakaan bersepeda.
Sebenarnya makna......!!
Dari bersepeda itu untuk sehat maka yang mendasar perlu kita ketahui hari ini yaitu bersepeda yang benar dan sehat.

Apalagi ......!!
Dan untuk di munculkan di jaman Now...!? 
Dan harus semakin bijaksana agar kita juga bisa naik kelas.

Dan dalam melakukan aktifitasnya dan tambah ilmunya semakin pintar dalam memilih bersepeda secara baik dan benar itu saja.

Karena .....!!?
Saat baik dan benar relatif berbeda kapasitasnya dari setiap orang tetapi kebijaksanaan itu akan memberi cara pandang yang terlindungi keselamatannya oleh bumi dan langit.

Reaksi Cepat dan memahami caranya.
Si korban bila mulai .....!!
1*Si pasien dengan pertolongan pada diri sendiri dengan turun dari sepeda.

Dan masih dalam kondisi berdiri menghadap sepeda dan tangan kanan kiri pegang sedel dan stang sepeda sambil posisi tubuh naik turun sambil nafas dengan hitungan satu sampai lima secara berlahan.

2*Atau merasa haus ya minum untuk menghindari dehidrasi  kekurangan cairan tubuh.

Dan butuh ketepatan sangat di anjurkan tetapi dalam keadaan setengah sadar saat jantung ber gelembung berdebar sebar itu.

Dan tidak di anjurkan di beri minum terlalu banyak karena bisa saja sebagian air mampir ke katup jantung menjadi berbahaya bagi si sakit,
3*Atau tanyakan pada ahlinya agar tak gelisah saat membaca kelanjutannya tentang kekurangan air atau dehidrasi...Ya mas bro ??.

Seperti aliran darah kekurangan cairan maka bekerjanya alon alon wathon gumpal seperti kenyal nya cendol dawet.

Dan yang sedikit menutup urat dari aliran darah atau saya istilahkan seperti sedotan es yang habis kita minum itu.

Saat suaranya srut srett karena tersumbat.
Maka kerja jantung menyedotnya akan bersuara dak dik seperti di tinggal pacar baru ....itu lhoo bro.

Atau dekat dengan seseorang yang terkasih dengan daya upaya.

Pada akhirnya bersanding  berpacaran di kursi pernikahan mengucap janji suci berdua di terang oleh cahaya bulan menjadi dunia ini milik mereka berdua....seakan jadi dak dik duk.

4*Kembali lagi bila sepedaan kondisi kurang fit langkah yang di ambil .

Dan coba minggir dari jalan dan kaki menginjak tanah dulu jangan langsung duduk.

Atau bisa saja tiduran dengan posisi kaki di atas kepala ini agar sirkulasi darah atau dari kaki dipijat dengan arah ke jantung agar darah mengalir lancar.

5*Atau cara lain si sakit atau kita sendiri mengalami.

Maka tidur terlentang dengan kaki di posisi tanjakan dan kepala di turunan itu bisa saja dengan cara kaki di taruh di paha teman kita agar kepala lebih rendah dari kepala,

6*Bila mulai kurang sadar.
Maka pasien di terlentang kan kemudian sebagai tim penolong dengan mendekatkan kepala kita di atas dada korban untuk langkah seperti Ldr; 

Yaitu lihat,dengar dan rasakan denyut jantungnya si korban.

7*Kemudian bila pasien mau di pindahkan 
Maka jangan mengangkat  pasien jangan di otong otong ??.

Karena bisa jadi pasien yang kena di daerah urat syarat atau patah tulang maka di anjurkan untuk terlentang kan dan kita jongkok seperti orang balapan lari sprint 100m.

Dan ada tambahan dua orang lagi dengan posisi yang sama di dekat kaki dan kepala .

Setelah itu di peluk lalu di angkat ke atas paha dari tim penolong tadi dan sebagai tumpuan untuk mulai.

Saat ada aba aba mengangkat korban untuk di panggul kemudian di pindah ke posisi pasien ke barak mobil ambulan.

Lalu ......!!!!
Mengapa ketiga tim penolong mengangkat pasien dengan gerakan seperti di atas.
Lalu.....!!!
Bagi keselamatan pelaku penolong kepada korban itu sendiri bagaimana ??
Dan ini di lakukan agar penolong dan si korban itu merasa nyaman dan menghindari rasa sakit pinggang dari beban berat saat penolong mengangkat korban.

8*Dan jika sinyal ke duten ke merasa sitik tidak separah praduga kita.

Maka mengurangi kecepatannya laju sepeda saat di tanjakan serta jangan memaksakan diri.

Atau bisa jadi kurang makan maka mampir warung soto kambing muda biar tubuh terasa keme pyar padang jalannya ....Ojo di paksa mas bro.

Karena ;
Kita memahami kondisi saja dari siapa kita ini hanya pesepeda bukan mengejar prestasi apalagi gengsi pamor.

Tetapi penulis menyebutnya sebagai penikmat jalanan itu lebih ayem tentrem dalam mencari sehat yang aman dan sehat di dapat.

9*Saat gowes tentunya ada keringat mulai mengenai baju atau kaos.

Maka segera di ganti atau di peras agar air keringat tidak menyebabkan sakit masuk angin dan menghambat angin mengenai tubuh kita.

10*Gantilah keringat dengan minuman yang cukup takarannya.

Di lakukan agar mulut tidak terasa kering dan badan terasa panas kini kembali normal suhu badannya.

Lalu contoh lainnya !?.
Saya hanya bisa ngelus dodo sambil ngomong dewe lihat situasi seperti ini !? 
Gek kae sangune piro kok duwe duwet di bakarin nek setiap mandeg ngepit pasti...!!?.

Lalu mulai asap rokok mulai mengepul kemana mana ada perokok aktip di sekelilingmu. 
Karena penulis sendiri juga perokok wes piye meneh.....!!?

Tapi tidak sejahat mereka dalam mengatur polanya yang mak bullll saat berhenti bersepeda selalu mengulangi merokok.

Perhatian !!
Di saat bersepeda jangan terus merokok atau saat lelah menahan nafas habis berhenti bersepeda jangan langsung mencari rokok untuk di hisap.

Tapi sebaiknya.....!!
Dari si mulut di basuh dengan air minum dengan sedikit manis supaya lalu lintas udara dan asap rokok di rongga hidung itu nantinya lebih longgar dan tak gersang di kerongkongan itu saja.

Nah seperti padang ilalang yang tandus kembali bersemi hijau itu terasa nyaman untuk istirahatnya asap asap mu....iya Khan mas bro.

Sedangkan saya .....!!
Bagi lainnya hanya seseorang  perokok nonpasif yang suka ikut  ikutan yang juga perokok tetapi ....!!?.

Setelah sampai finis saja dan paling satu batang saja tanpa adanya jeda untuk nambah lagi kayak sepur kereta yang mengepul terus atau orang menyebutnya pesepeda
_ Pit~Bul ; yang artinya ngepit karo ngebulll.

11*Misalnya yang biasa sering mengalami kram maka tindakannya seperti ini.
Maka di anjurkan .....!!
Dari dalam tubuh anda untuk minum vitamin atau obat sangobion yang ada B_ complek nya sebelum bersepeda pagi harinya.

Dan......!!.
Akhirnya hanya ini kutipan penulis dari nara sumber dan daya tanggap tentang sebab akibat pertolongan diri atau orang lain di sekitar kita saat bersepeda agar kita paham tindakan apa yang harus di lakukan itu saja.

Dan Perhatian lagi bro.......!!.
Anda bila sudah menjadi pembawaan riwayat gejala sakit jantung,stroke atau epilepsi maka untuk segera lebih mengenal bersepeda yang aman agar tidak meresahkan apalagi merepotkan temannya di perjalanan anda.
....... Karena serangan jantung tetap pembunuh utama dalam bersepeda.....
Dan di khususkan dengan bike clinik kali ini bisa kita pahami untuk bisa sinau bareng sebelum korban jatuh kembali bertubi tubi seperti ;
......_Di masa kini bagi diri sendiri dan orang lainnya .....

Dan......!!.
Bagaimana agar mengetahui sinyal tubuh kita kelola menjadi terkendali.
Agar tidak melebihi batas normal apalagi melawannya dengan demi gengsi nggak mau kalah.

Seperti mulai rasa saling mengejek satu dengan lainnya atau panas panasin pas di tanjakan,ngebut ngebutan.

Lalu untuk apa atau supaya ndak malu dan gengsi sama teman teman gowes lainnya semoga semakin di kurangi demi menjaga kesehatan dan keselamatan.

Dan sekali lagi kita ini bukan atlet tetapi seorang penikmat......itu saja.
Sekali lagi dan terakhir kalinya penulis ingatkan lagi.....!!

Penulis berpesan kepada anda pembaca tulisan ini !!?
Dan Inga Ingat jangan lupa dari hal hal mendasar tentang pengamanan bersepeda gunakan helm di kepala.
Saat harus memahami S O P dari saran teman di sebuah pertemuan bike clinik yang lebih paham situasinya dari tanda tanda sinyal sinyal tubuh.

Saat bisa di manapun dan kapanpun kita tertuju harus tetap di ingat dan di jaga.
Karena tujuan bersepeda itu mencari sehat bukan mencari sakit.

Salam sehat melalui Bike klinik untuk semua penghobi sepeda saat acara Reaksi cepat Tanggap Saat 

Salam 
Federal Indonesia.

Selesai.
Nb :
Versi saduran dengan judul FRC
Fedjo reaksi cepat.

Yang di adakan oleh instruktur PMI Jogja di laksanakan di Pasar Ngasem Jogja beberapa tahun lalu.

Semoga tulisan ini sebagai pengingat
Bagi para pesepeda.

Terimakasih.
Penulis.

Selasa, 26 Oktober 2021

Kom apa Com( eps 03 )

 Side ; 03.

Mungkin saja saya kurang memperhatikan maka jangan harap di perhatikan apalagi di media publik di konten internet itu kamu masuk kriteria yang semakin banyak  yang Anda ciptakan makin banyak pendapatan dengan nilainya juga semakin besar tak terbatas dari sponsor.

Apalagi bila banyak subscriber dan follower  yang mampir ke konten kamu lalu menjadi seorang influence yang mampu menjadi panutan.

Bisa jadi pesuka ini ada yang menyebar ke luar negeri menyebabkan waktu kamu harus bisa memilah secara fleksibel tidak saja soal bahasa pengantar harus kamu kuasai dan terus meningkatkan potensi konten itu dengan kreatifitas lebih global lagi.

Memulai menghibur diri dahulu.

Setelah kamu mencoba membuat konten cobalah dari diri sendiri apakah kata hati merasa cocok dan yakin ini adalah style anda inginkan lalu setelah memantapkan keyakinan masuk ke dunia baru dalam mendapatkan penghasilan  dari konten creator.

Lalu apakah yang di maksud konten atau conten creator itu ia adalah profesi untuk menciptakan konten di media di gital termasuk beberapa tulisan,Vidio,foto,suara dan kompilasi dari semua itu yang kemudian di jadikan suatu conten.

Sedangkan orang yang menciptakan konten creator di media di gital itu maka orang orang pesukanya akan menyebutnya sebagai titel baru yaitu seorang ; youtuber_selegram_influence_filmmaker.

Setidaknya tidak semua orang beruntung di media internet ada yang tersisih karena bosan seperti bingung cara menghasilkan uang dari conten yang mereka buat_ngsk punya alat multimedia yang lebih canggih lagi _Atau karena ngak punya pendamping yang lebih ngerti dan ngak punya koneksi menjangkau link link sponsor yang sesuai conten kamu yang bisa jadi conten kamu hanya di buat ikut ikutan jadi asal asalan atau conten kamu itu passion kamu itu saja.

Jadi tidak semua orang bisa berbagi ke masyarakat yang luas di internet butuh _Kom semangat diri dalam menciptakan conten lalu ke _Com di dunia internet itu kamu berbagi cerita,ilmu dan wawasan menurut cara pandang penulisnya ini yang begitu saja menulis karena sering ikut seminar dan kelas khusus tentang media sosial atau sering mendapat masukan dari box  email penulis ini.

Foto ; sekedar pemanis menghibur diri dengan keindahan alam sekitar kita.

Akhir cerita ini.

Kisah kisah ini bukan saja karangan belaka tetapi pengingat dari contoh contoh baiknya bagaimana di dunia internet walau dengan rendah hati penulis juga masih belum menemukan passion yang selalu saja ujung ujungan mendapatkan penghasilan tapi setidaknya sudah usaha yang saya ketahui itu saja belum seberuntung atau memang belum waktunya itu saja.

Lalu apakah arti sebenarnya  dari istilah _Kom dan _Com itu sebenarnya kamu tunggu jawaban di kamus di gital saya kelanjutanya Minggu depan !!?.

Itu saja.

Selesai.

Jumat, 22 Oktober 2021

Soal Com lagi.

Mengejar Kom apa Com .....!!?.

Pastinya anda ingin membuat sensasi dengan menggoyang dunia dengan namamu,semangatmu dan dengan prestasimu.


Lha kok malah di hantui mager alias malas bergerak seperti itu maka cari solusinya selagi masa pandemi.


Terasa ada yang memaksa semua orang harus membatasi diri keluar rumah.

Saat di dalam rumah mulai boring hanya bisa nonton tv,membaca koran dan utak utik gadget maka lebih baik menyibukkan diri dengan gowes.


Secara virtual dan soal aplikasi strava.

Walau ada saja tawaran gowes virtual di email saya tapi kok ngak merasa tertarik kelihatanya.


Karena merasa ngak nyaman soal rasa dan hubungan dengan alam,manusia,tawa canda atau soal cerita cinta.


Saat di event ini sering di ikuti para atlet yang sudah terlatih mengejar target kecepatan dan terakhir malah jadi merasa tantangan batin ndak malah gelo melihat ceritanya,mas Bro !!?.


Sisi lain ikut event virtual anda harus paham mode analisis record yang mengharuskan paham penggunaan aplikasi strava.


Dan yang terintegrasi dengan pihak ke tiga penyelenggara event virtual.


Mata kayuhanku


Tapi....bagi mereka yang sudah belajar membiasakan diri adalah tipe orang yang melek _com dalam meng_kalkulasikan jarak tempuh setiap harinya.


Toh setelah bangga dengan ilmu _com nya seperti main game itu bisa mengalahkan pesaing di dalam daftar _Strava leaderboard.


Di mana di situ terdiri dari daftar berapa nama nama peserta beserta rangking,nama atlet dan time_speed yang di tempuh.


Semua akan menggambarkan urutan berdasarkan niat untuk mengejar rangking teratas di strava.


Jadi..... Dari daftar itu anda merasa membuat semangat bersepeda dalam diri maka anda harus ada sesuatu yang ingin anda kerjakan yaitu niatan gowes....gowes ....gowes setiap harinya.


Dan.....!!.

Setidaknya tidak saja merasa yakin mampu mengerjakan dalam satu bulan seterusnya sampai di capai hasil ribuan....kilo meter jauhnya.


Lalu ....!!.

Sebenarnya istilah Kom dan Com itu apa artinya sih di crita hari ini.


Saat Kom bukan soal istilah sebenarnya yang ada di luaran sana dari istilah Kom yang artinya King of mountain.


Atau Com yang artinya cowok of mountain atau istilah lainnya tapi ini soal Kom dan Com versi istilah daei kamus bahasa penulisnya yang dapat anda baca di aghir tulisan ini.....Itu saja.


Lalu.....!!.

Misalkan yang pertama anda ingin mengejar target beberapa kilo meter jauhnya.


Setidaknya anda harus menyiapkan diri yaitu _Kom nya yang terdiri dari sepeda yang normal,fisik stamina sehat dan menu saat gowes harus terkontrol kwalitas vitaminnya,cukup minum dan taat aturan berlalulintas di jalanan raya atau saat melewati jalan perkampungan.


Misalka yang ke dua soal _Com anda harus melek teknologi untuk mengatur Tut Tut di aplikasi strava.


Saat yang berisi soal putaran dari jarak,kecepatan dan aplikasi yang terkontrol dengan charge cadangan dengan power bank sudah and siapkan terlebih dahulu.


Setelah di dapat hasil gowes puluhan kilo itu berarti anda punya tabungan jarak dan bisa melewati hasil dari peserta lainnya.


Misalnya dari strava leader boards dalam satu bulan akan terus berubah ubah situasi jaraknya menjadi ribuan kilometer jauhnya dari istilah Soal Com lagi. .


Maka bila tidak konsisten maka anda tidak lagi bisa membekas dan tidak di kenal.


Sebagai seseorang yang bisa mencapai _ Rekor Gowes_ terpanjang sebagai top model di leader board di strava dunia nantinya.


Itu saja kisah kali ini dengan harapan muncul penggowes yang bisa tampil menjadi leader boards di apilkasi strava.


Saat bersepeda yang muncul dari wilayah region Jogjakarta untuk dunia itu saja harapan penulis.


Dengan harapan ini penulis tetap terus menulis kelanjutan judul dari mengejar Kom apa Com untuk side ke 03 ini.


Semoga hasil tulisan ini memacu semangat anak muda lainnya bersepeda dan sudah tidak jamannya lagi.


Saat ini cukup sekedar Kom tetapi harus melek teknologi strava menjadi pesepeda yang punya _com untuk menaikkan pamor mu ke dunia gowes yang sesungguhnya.


Menjadi atlet strava yang sesungguhnya itu maka anda perlu bersemangat pada target dan ikutkan dari peran peran man_teman anda.


Dan untuk bisa membantu dalam mencapai tujuan nilai per kilometer di strava berikutnya.


Akhirnya.

Lalu apakah arti sebenarnya dari istilah keduanya itu !!?.

Tunggu kelanjutannya di side 03 tulisan saya ini berikutnya itu saja.


Jadi inilah soal istilah Kom dan Com sebenarnya.

Itu saja.

Selesai.

Blog Edisi unggulan

Gowes Merdeka JFB 2024 Ring Merapi Merbabu.

Jogja' Folding Bike 2024. Untuk memperingati HUT RI kali ini kami memutuskan untuk merayakannya dengan cara yang berbeda dengan cara ber...